Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 30 April 2018

Teks Eksplanasi Kompleks Fenomena Alam Pusaran Air - Risty Wulandari XI-AP2

TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
PUSARAN AIR”
disusun oleh Risty Wulandari


Whirlpool adalah pusaran air yang biasanya dihasilkan oleh pertemuan arus yang berlawanan. Sebagian besar pusaran air tidak sangat kuat. Pusaran arus yang sangat kuat disebut Maelstroms. Sedangkan Vortex adalah istilah yang tepat untuk setiap pusaran air yang memiliki downdraft (aliran kebawah secara vertical).
Pusaran air yang terjadi di laut disebabkan oleh tabrakan arus laut yang dapat menciptakan arus pasang surut yang berlawanan.  Air akan berputar berlawanan arah jarum jam di daerah utara khatulistiwa dan berputar searah jarum jam di daerah selatan khatulistiwa. Kemudian, kedua aliran ini akan bertabrakan, lalu akan membelokkan arah alirannya. Setelah itu, akan terjadi pusaran air di laut.
Harian Pravda juga melaporkan ditemukannya dua pusaran air raksasa di Samudera Atlantik lepas pantai Guyana dan Suriname. Menurut para ilmuwan pergerakan air laut seperti ini mungin tidak selalu bergantung pada perbedaan temperature dari kolom air. Perbedaan salinitas juga bisa menjadi alasan. Mekanismenya adalah sama, kepadatan air asin yang kurang asin keatas, jenis fusi vertical ini sering terjadi di daerah tropis karena suhu tinggi menyebabkan penguapan air dari permukaan. Garam tidak menguap bersama air dan tetap di laut yang menaikkan tingkat salinitas pada lapisan atas air. Lapisan ini ‘tenggelam’ dan memberikan jalan untuk perairan kuran asin dibawah untuk naik. Pergerakan vertical air seperti ini membuat pusaran air raksasa yang diameternya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan kilometer dan bisa berlangsung selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Gerakan vertical perairan adalah prses yang lambat.
Mengapa pusaran-pusaran air itu ada waktu yang lama? Ini adalah sebagian efek dari medan magnet bumi. Selain itu, air laut mengandung banyak ion bermuatan, Na dan Cl misalnya, yang membuat molekul-molekul air berbentuk dipol yang bermuatan positif disatu sisi dan muatan negative di sisi lain.
Setiap dipol akan berputar ketika bergerak dalam medan magnet. Sebuah ‘cincin’ lautan mengumpulkan miliaran molekul bersama. Itulah mengapa gerakan lingkaran raksasa yang dipicu oleh gerakan vertical air dapat berlangsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun Ion juga memberikan lebih banyak tenaga untuk ‘kawah’. Natrium dan Chlorum juga bermuatan, dan pergerakan mereka dalam medan  magnet bumi juga menyebabkan munculnya gerakan melingkar.
Dari penjelasan tersebut, pusaran air merupakan salah satu fenomena alam yang cukup menakutkan. Hal ini disebabkan oleh tampak yang mengerikan dari pusaran air itu sendiri. Selain itu, pusaran air juga dapat menyerap dan membuang benda-benda yang ada di sekitarnya.



Daftar Pustaka




Diakses Pada Kamis, 26 April 2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar