Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 30 April 2018

Teks Eksplanasi Kompleks Fenomona Alam Fatamorgana - Putri Rifa Fadilah

disusun oleh Putri Rifa Fadilah





a.    Pernyataan Umum
Fatamorgana merupakan sebuah fenomena di mana optik yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es. Fatamorgana adalah pembiasan cahaya melalui kepadatan yang berbeda, sehingga bisa membuat sesuatu yang tidak ada menjadi seolah ada. Seringkali di gurun pasir, fatamorgana menyerupai danau atau air. Ini sebenarnya adalah pantulan daripada langit yang dipantulkan udara panas. Udara panas ini berfungsi sebagai cermin. Kata 'Fatamorgana' diambil dari bahasa Italia yang juga merupakan nama dari saudari Raja Arthur, yaitu Faye le Morgana, seorang peri yang bisa berubah-ubah rupa. Dalam peristiwa fatamorgana terdapat suatu konsep Fisika yang kadang terlupakan yaitu konsep pembiasan. Fatamorgana sering terjadi di gurun pasir, jalan-jalan beraspal, dan lautan. Dalam kajian fisika, prinsip terjadinya fatamorgana berawal dari proses pembiasan yang terjadi pada dua medium melalui lapisan-lapisan udara yag memiiki perbedaan suhu.

b.    Urutan Sebab - Akibat
Fatamorgana terjadi karena adanya perbedaan kerapatan antara udara dingin dan udara panas. Udara dingin memiliki kerapatan yang lebih pekat dan lebih berat dibandingkan udara panas. Kenyataanya, lapisan udara panas yang ada di dekat tanah terperangkap oleh lapisan udara yang lebih dingin di atasanya. Cahaya dibiaskan scara horisontal dan pandangan akhirnya berjalan ke atas karena pengaruh internal total. Pemantulan internal total (total internal reflection) adalah proses pemantulan seberkas cahaya pada pada permukaan batas antara satu medium dengan medium lain yang indeks biasanya lebih kecil, jika sudut datang ke medium kedua melebihi suatu sudut tertentu. Dengan demikian, cahaya berjalan didalam medium yang memiliki indeks bias yang tinggi seperti air, kaca, dan plastik ke medium yang memilik indeks bias lebih rendah seperti udara. Akibatnya gambar dari sifat semu dan terbalik akan membentuk fatamorgana.
Fatamorgana ada dua macam yaitu fatamorgan superior dan inferior. Fatamorgana superior terjadi di atas cakrawala, sedangkan fatamorgan inferior lebih sering terjadi di sekitar kita.

Secara ilmiah, Fatamorgana digolongkan dalam fenomena alam yang unik, karena terbentuk dari proses alamiah yang membentuk suatu hal yang indah di alam. Seringkali, masyarakat yang tidak paham proses terjadinya fatamorgana, beranggapan bahwa hal itu disebabkan oleh kelelahan mata, namun sebenarnya fatamorgana dapat dilihat tanpa kelelahan mata, bahkan dapat di foto secara langsung.

Keberadaan fatamorgana ternyata menyebabkan Ilusi yang membohongi kita menyebabkan kita melihat suatu bayangan yang tidak nyata, untuk meminimalisir dampak dari fatamorgana adalah jangan melihat langsung dengan telanjang mata, gunakan suatu alat bantu seperti kacamata dan berfikiran positif.



Daftar Pustaka

  1. http://njule.blogspot.co.id/2016/10/teks-eksplanasi-fatamorgana-dan.html?m=1
  2. www.fulvom.com/2017/12/teks-eksplanasi-tentang-fatamorgana-dan-strukturnya.html?m=1


Diakses Pada Kamis, 26 April 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar