Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 30 November 2016

Martin Cooper : Penemu telepon genggam pertama

Oleh : Siti Otaviani Putri


1.  Martin Marty Cooper dilahirkan pada tanggal 26 Desember 1928 di Chicago, IIIinois, USA. Orang tuanya imigran Yahudi yang berasal dari Ukraina bernama Arthur dan Marry Cooper.
2.   Martin Cooper sendiri merupakan alumni IIT atau IIIinois Institude of Technology ditahun 1950. Ia menerima gelar sarjana dibidang Electrical Engineering pada tahun 1950. Pada tahun 1957, ia menerima gelar Magister dalam bidang rekayasa elektronika dari IIIinois Institude of TechnologyMartin Cooper bergabung dengan Reserve Officers Training Corps Angkatan Laut Amerika Serikat. Ia bertugas di kapal perusak Angkatan Laut AS selama perang Korea dan kemudian di sebuah kapal selam yang bermarkas di Hawaii. Setelah perang usai, Cooper meninggalkan Angkatan Laut AS dan mulai bekerja di Teletype, anak perusahaan Western Electric. Pada tahun 1954, ia pindah ke Motorola. Sambil bekerja di sana ia meneruskan studinya dimalam hari. Pada tahun 1960 ia berperan penting dalam mengubah lembaran teknologi informasi yang sebelumnya terbatas digunakan dalam 1 bangunan tunggal menjadi semakin luas yang dapat menghubungkan antar kota. Cooper membantu memperbaiki cacat dalam kristal Motorola yang dibuat untuk radio. Hal ini mendorong perusahaan untuk memproduksi massal kristal kuarsa pertama untuk digunakan dalam jam tangan quartz. Pada tahun 1960, John F. Mitchell menjadi kepala insinyur proyek komunikasi portabel Motorola. Karir cemerlang Cooper baru dimulai sejak ia bergabung dengan perusahaan Motorola (Motorola Inc.) sebagai Senior Development Engineer. Dia mengembangkan banyak produk termasuk di dalamnya Cellular-like portabel handheld police radio system yang diciptakannya untuk Kepolisian Chicago ditahun1967. Pada awal 1970-an, Mitchell memberi tanggung jawab pada Cooper di divisi telepon mobil (Carphone). Mitchell dan Cooper membayangkan sebuah produk komunikasi yang tidak hanya terpaku di dalam mobil. Sehingga alat tersebut haruslah kecil dan cukup ringan untuk menjadi alat portabel. Butuh waktu 90 hari pada tahun 1972 untuk menciptakan prototype pertama dari ide tersebut. Cooper dan para insinyur yang bekerja untuknya, serta Mitchell mempatenkan penemuan "Radio Telephone System"  yang diajukan pada 17 Oktober 1973 dengan nomer paten 3906166 dan disetujui pada September 1975 atas nama mereka. Cooper dianggap sebagai penemu pertama telepon genggam seluler (hanphone) pertama dan orang petama yang melakukan panggilan dengan prototype ponsel genggam seluler tersebut pada 3 April 1973.
3.  Pada tahun 1995, Martin Cooper menerima penghargaan Wharton Infosys Business Transformation Award untuk inovasi teknologi dibidang komunikasi. Cooper juga merupakan anggota Mensa Interntional. Ditahun 2000 Martin Cooper termasuk Top 10 Pengusaha di majalah Red Herring. Pada tahun 2009, ia bersama dengan Raymond Tomsolin dianugerahi Prince of Asturias, sebuah penghargaan ilmiah dan penelitian teknis. Tahun 1973 tepatnya pada tanggal 3 April Martin Cooper bersama timnya berhasil menciptakan sebuah telepon genggam pertama dengan nama dynaTAC.
4.  Orang pertama yang ditelepon Cooper adalah  pesaingnya yang bernama Dr. Joel S. Engel yang memimpin Bell Labs , sebuha perusahaan pesaing Motorola Inc. Cooper menelepon dari salah satu jalan raya di Nwe York. Ia berkata "Joel, this is Marty. I'm calling you from a cell phone, a real handheld portabel cell phone." Panggilan pertama Cooper tersebut menandai lahirnya babak baru dalam berkomunikasi. Menebas jarak tanpa harus bergantung lagi pada kabel. Dalam perjalanan hidupnya  Martin Cooper melewati banyak rintangan yang berlika-liku, seperti saat ia berhasil mewujudkan misinya menciptakan telepon genggam, sebelumnya ia pasti memiliki banyak pesaing yang meremehkannya dan menganggap bahwa ia dan timnya tidak akan berhasil untuk menciptakan telepon genggam, serta pada saat ia belum memiliki misi untuk menciptakan telepon genggam, karirnya pada saat itu belum jelas dan belum menentu.
5.   Meskipun diberi gelar sebagai "Bapak Telepon Selular (Ponsel)", dengan rendah hati Martin Cooper mengatakan "Meskipun aku bagian dari penemuan tersebu, tapi karya tersebut adalah hasil kerja tim dan ratusan literatur orang-orang yang menciptakan visi tentang bagaimana selular seperti hari ini, yang tentu belum sempurna. Kami masih terus bekerja dan berusaha untuk membuatnya lebih baik."
6.   Dari teks biografi di atas kita dapat mengetahui orang yang pertama kali menciptakan telepon genggam, dan menurut pendapat saya tokoh Martin Cooper sangat cocok dijadikan sosok idola, karena berkat dirinya kita yang tinggal di zaman yang sudah dewasa ini dapat menggunakan telepon genggam sehingga membuat kita dapat berkomunikasi kepada teman, keluarga atau saudara kita dengan mudah tanpa menggunakan kabel lagi.

                                                                               Sumber :
     http://www.biografiku.com/2011/01/biografi-martin-cooper-penemu-handphone.html
                https://biografi-tokohpenemu.blogspot.co.id/2015/05/biografi-penemu-hand-phone-martin-   cooper.html

                      Diakses Pada hari Minggu , 27 November 2016          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar