Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 30 November 2016

DIKA ANGKASAPUTRA MOERWANI : PENULIS BERTALENTA


                Disusun oleh : Indri Astuti




1. Dika Angkasaputra Moerwani atau lebih dikenal dengan Raditya Dika ( Lahir di jakarta, 28 desember 1984 ) umur 31 tahun. Dia adalah seorang penulis, pelawak, aktor, pemeran, model, dan sutradara asal Indonesia. Ia dikenal sebagai penulis buku-buku jenaka.
2. Raditya merupakan anak pertama dari 5 bersaudara. Adiknya yang pertama bernama Yudita Nasution, yang kedua sekaligus ketiga adalah Ingga dan Anggi atau lebih jelasnya lagi Gianty yuneztia dan Kianty yunaztia putri nasution, mereka merupakan saudara bersaudara  Dan yang paling kecil bernama Edgar romando asa putra nasution. Disini tidak ada penjelasan nama papa dan mama Raditya Dika tetapi papa dan mama sangat serasi dan keluarga mereka sangat harmonis.
3. Pendidikan
SMP Tarakanita
SMU 70 Bulungan
University of Adelaide
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Politik
4. karirnya beranjak pada Karya Pertamanya yaitu buku yang berjudul Kambing Jantan sebuah catatan harian pelajar bodoh yang menceritakan kehidupan Radit ketika masih kuliah di Adelaide, Australia.
Buku keduanya berjudul Cinta Brontosaurus, yang ditebitkan pada tahun 2006. Hampir sama dengan buku sebelumnya, cerita yang diangakat berasal dari keseharian Radit. Namun, buku kedua ini menggunakan format pendek yang bercerita mengenai pengalaman cinta Radit yang tidak selalu beruntung. Kisah ini meliputi dari sewaktu Radit mengirim surat cinta pertama ke teman SD, hingga pengalaman Radit memerhatikan kucing Persianya yang jatuh cinta dengan kucing kampung tetangganya.
5. NOVEL 
Penghargaan dan prestasi nya berada di sebuah novel dan film yang ia buat. Sehingga ia menjadi sutradara dan pemain film sekaligus aktor dalam film tersebut.
2005 - Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh
2006 - Cinta Brontosaurus
2007 - Radikus Makankakus : Bukan Bintang Biasa
2008 - Babi Ngesot : Datang Tak diundang Pulang Tak Berutang
2010 - Marmut Merah Jambu
2011 - Manusia Setengah Salmon
2015 - Koala Kumal 
6. Radit sukses menjadi penulis dengan keluar dari arus utama ia tampil dengan genre baru yang segar. Yang membuat ia berbeda dari penulis lain. Menurut Radit sebagai penulis tetap harus memiliki inovasi. Pada bulan pertama dan buku pertamanya tidak terlalu kaku ini karena risiko masuk dalam genre baru. Menjadi penulis sukses bukan berarti tidak ada hambatan. Menurutnya, hambatan bukan hanya dari industri buku, melainkan juga dari hal-hal yang sifatnya diagonal. Artinya, lawan dari industri buku bisa jadi industri buku lain tapi industri lain yang sebenarnya contoh.
Dan tepat pada hari ulang tahunnya Raditya Dika merayakan ulang tahunnya bersama ratusan penggemarnya RDL ( Raditya Dika Lovers ) di Taman Mini Indonesia Indah. Berkat adanya Raditya Dika, komedi tunggal Indonesia tidak lagi kuno. Ia memiliki prinsip bahwa Komedi itu sebagian dari kehidupannya. Karena komedi bisa membawa karirnya ke jenjang yang lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Raditya_Dika
https://athodotnovian.blogspot.co.id/2013/03/biografi-asal-usul-raditya-dika.html?m=1
https://id.scribd.com/mobile/doc/47111914/BIOGRAFI-RADITYADIKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar