Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 30 November 2016

Asma Nadia: Pendiri Forum Lingkar Pena

Disusun oleh : Riska Mawarni


1.    Asmarani Rosalba adalah nama asli dari Asma Nadia yang lahir pada 26 maret 1972 di Jakarta. Dia anak kedua dari pasangan Amin Usman dan Maria Eri Susanti yang mulai berurusan di dunia tulis menulis ketika masih kelas satu sekolah dasar. Masa kecil Asma cukup damai, dia banyak menghabiskan waktu atau melakukan kesibukan menulis puisi dan lagu.
2.    Asma Nadia mulai mempublikasikan karyanya semenjak ia lulus dari SMA 1 Budi Utomo,Jakarta.ia juga menulis sejumlah lagu,misalnya yang dinyanyikan kelompok Snada.setelah lulus dari SMA 1 Budi Utomo,Asma Nadia melanjutkan pendidikan di Fakultas Teknologi Pertanian di Institut Pertanian Bogor. Namun kuliah yang dijalaninnya tidak tamat,dia harus istirahat karena penyakit yang dideritanya.
3.  Ketika kesehatannya menurun,ia tetap bersemangat menulis. Asma tetap aktif mengirimkan tulisannya ke majalah Islam. Sebuah cerpennya yang berjudul Imut dan Koran Gondrong pernah meraih juara pertama Lomba Menulis Cerita Pendek Islami (LMCPI) tingkat nasional yang diadakan majalah Aninda pada tahun 1994 dan 1995.
4.    Selain menulis cerita fiksi, ia juga aktif menulis lirik lagu. Sebagian lirik lagunya terdapat di album Bestari 1 (1996), Bestari II (1997), dan Bestari III (2003), Snada The Prestation, Air Mata Darussalam,dll
5.    Karena karya-karyanya, ia pernah mendapat berbagai penghargaan. Pada tahun 2009 dalam perjalannya keliling Eropa setelah mendapatkan undangan writers in residence dari Le Chateau de Lavigny, ia sempat diundang untuk memberikan seminar dan wawancara kepenulisan di PTRI Janewa, Masjid Al Falah Berlin, KBRI Roma, Manchester, dan Newcastle.
6.    Kesibukannya selain sebagai penulis fiksi, ia memimpn Forum Lingkar Pena, sebuah Forum kepenulisan bagi penulis muda yang anggotanya hampir ada diseluruh provinsi di Indonesia. Kini, Asma juga aktif dengan pekerjaannya sebagai direktur Yayasan Prakasa Insan Mandiri (Prima).
7.  Ia menggemari seni fotografi,dan telah menjelajah 59 negara dan 270 kota didunia. Melalui Yayasan Asma Nadia, ia merintis Rumah Baca Asma Nadia yang tersebar di seluruh Indonesia, rumah Baca sederhana yang beberapa diantaranya memiliki sekolah dan kelas computer serta tempat tinggal bagi anak yatim secara gratis untuk membaca dan beraktivitas bagi anak-anak dan remaja yang kurang mampu. Saat ini ada 140 perpustakaan yang dikelola bersama relawan untuk kaum yang kurang beruntung dan tidak mampu

Daftar pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar