Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 29 November 2016

Bill Gates : Orang Terkaya di Dunia Pendiri Microsoft

Disusun oleh : Sri Liya



1.    Bernama lengkap Wiliam Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates, dilahirkan di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955. Bill adalah seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah.

2.      Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.


3.    Di sekolah Bill Gates mendapatkan pelajaran ekstra komputer, saat itu segala hal yang mempelajari komputer adalah hal yang sangat langka, eksklusif dan mahal. Gates dan teman-temannya sangat tertarik dengan pemrograman komputer menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Saat itu Bill sangat asik sekali, lalu ia memutuskan keluar dari kelas matematikanya karena ingin berlama- lama menulis program di komputer tersebut. Komputer yang digunakan saat itu adalah komputer General Electric dengan sebuah terminal Teletype Model 33 ASR.

4.     Saat itu siswa Lakeside School yang terkenal asik menulis program komputer adalah Bill Gates, Paul Allen, Ric Weiland, dan Kent Evans. Keempat siswa tersebut kemudian dilarang oleh pihak sekolah menggunakan komputer lagi karena tertangkap basah sedang mengembangkan bug di sistem komputer tersebut. Sebelum keempat siswa tersebut dilarang, oleh sekolah mereka disuruh menemukan bug tersebut, namun bukannya Bill Gates menemukan bug tersebut akan tetapi Bill Gates malah pergi menuju kantor pusat komputer dan mempelajari kode sumber berbagai program yang berjalan di sistem tersebut seperti FORTRAN, LISP, dan bahasa mesin. Dia sangat cepat menguasai BASIC , sebuah bahasa pemrograman komputer, dan bersama dengan para penetas yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu berjam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. “Dia adalah seorang eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu.


5.    Bill Gates adalah anak kedua dari empat bersaudara. Ia menyandang gelar Gates III karena memang generasi Gates ke III. Pertama adalah kakeknya, yang kedua adalah ayahnya dan ketiga dirinya. Jadi gelar Gates III bukanlah urutan lahirnya namun garis keturunan ketiga dari keluarga Gates. Ayahnya William Henry Gates. Sr adalah seorang pengacara perusahaan yang mempunyai banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell Gates adalah seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

6.   Bill Gates adalah anak dari keluarga yang cukup berada, ada rumor jika kakeknya adalah seorang jutawan dimana saat Bill Gates dilahirkan, ia secara hukum telah mendapat warisan kekayaan kakeknya sebesar 1 juta dolar.

7.    Dalam kehidupan pribadinya Bill Gates menikah dengan Melinda French pada tanggal 01 Januari 1994. Dari pernikahannya dengan Melinda, Bill Gates dikaruniai tiga orang anak yang bernama Katharine Gates (lahir 1996), Rory John Gates (lahir 1999), dan Phoebe Adele Gates (lahir 2002), Bill Gates dan Melinda adalah pasangan yang sangat serasi. Melinda adalah wanita yang cerdas, dia menyadari jika suaminya adalah bukan pria sembarangan melainkan seorang visioner di bidang bisnis perangkat lunak jadi dia pun harus bisa mengimbanginya.


8.    Pada tahun 1973 Bill Gates lulus dari Lakeside School dengan nilai yang hampir sempurna, kemudian Bill Gates melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Harvard University, namun Bill Gates sudah terlanjur menyibukkan diri dengan menulis bahasa pemrograman sehingga kuliahnya di Harvard pun tidak dilanjutkan. Gates malah lebih senang menghabiskan waktunya bersama teman sekolahnya dulu yaitu Paul Allen.

9.  Tahun 1974 MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 baru saja diluncurkan, dari situlah berkembang idenya untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak dengan menggandeng Paul Allen sebagai mitranya. Bill Gates kemudian menghubungi MITS dan menawarkan operating system berbasis BASIC yang dapat dipakai paltformnya, MITS menyetujuinya. Sistem operasi pertamanya diberikan nama Altair Basic. Bill Gates bersama Paul Allen memberikan nama pada perusahaan softwarenya dengan nama “Micro-soft” lalu tanda sambung itu akhirnya dihilangkan sehingga sampai sekarang “Microsoft” dan Bill Gates menjadi pemegang saham pribadi terbesarnya. 



10. Keahlian Bill Gates bersama Microsoft dalam menulis bahasa pemrograman untuk komputer semakin dikenal luas. Pada tahun 1980 IBM mengumumkan bahwa ia memerlukan sebuah sistem operasi untuk PCnya dan ia meminta Microsoft untuk membuatnya. Akhirnya Bill Gates pun membuatkannya dengan nama sistem operasi 86 DOS atau QDOS yang kemudian dikirim ke IBM dalam bentuk PC-DOS.


11. Bill Gates mendapat imbalan $50.000. Microsoft juga tidak mengajukan pemindahan hak cipta perangkat lunaknya kepada IBM. Akhirnya penjualan MS-DOS menjadikan Microsoft pemain utama perangkat lunak dalam industri komputer. Jika perangkat lunak yang ditulis oleh Bill Gates tersebut lisensinya dijual kepada IBM, mungkin IBM yang akan untung besar, menguasai pasar dan microsoft tidak bisa sebesar saat ini. Benar-benar otak Bill Gates yang sangat cerdas, tidak hanya cerdas menghasilkan program yang sederhana namun bermutu tetapi juga cerdas dalam menjualnya.

12.  Bersama istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan penderita AIDS, beasiswa bagi universitas – universitas dan kepedulian pada dunia ketiga.


13. Pada tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa Bill Gates memutuskan untuk menyumbang $5 milyar kepada organisasi mereka. Hal itu tidak mengherankan karena survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia berturut – turut selama tahun 1996-2004 dengan jumlah $90 Milyar.

14. Bahkan untuk mendirikan Microsoft Bill Gates hanya tidur 8 jam dalam seminggu. Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikmati saat ini.


15.  Dibalik kesuksesan Bill Gates, dia juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam kariernya. Tidak hanya satu kali, bahkan Bill Gates melakukan beberapa kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya. Cara Bill Gates berbisnis cenderung anti persaingan dan ingin memonopoli pasar, hal itulah yang membuatnya bermasalah dengan pemerintahan United States v.s. Microsoft. Namun hal ini tidak membuat Microsoft lemah, tetapi Bill Gates bersama Microsoft berani melawannya.

16. Bill Gates adalah seorang multi milineur yang namanya selalu berada diurutan pertama daftar orang-orang terkaya di dunia. Bill Gates juga orang yang mendirikan Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Siapapun kita yang pernah menggunakan komputer desktop pastinya juga pernah memanfaatkan karyanya, salah satunya operasi Windows.


17.  Bill Gates tidak membangun kesuksesannya dalam satu malam tetapi bertahun-tahun. Benar bahwa Bill Gates sangat beruntung dilahirkan dari keluarga yang berada dan memiliki otak cerdas. Akan tetapi orang tuanya selalu menanamkan bahwa ia harus memiliki kecerdasan yang unik yang akan membawanya menuju kesuksesan hidup yang baik lagi. Perkataan orang tuanya kini dapat terwujud  dengan kerja keras dan kerja cerdas serta visi yang tinggi, sehingga Bill Gates bisa sesukses sekarang ini. Bisa saja dia waktu kecil tidak menyadari bahwa dia memiliki potensi dan akhirnya berkembang menjadi orang yang biasa saja seperti orang tuanya, namun ia memilih terus bekerja keras dan pantang menyerah sehingga dapat berkembang menjadi orang yang luar biasa dan unik.

18. Saat ia mengembangkan Microsoft, ia hanya tidur selama 8 jam seminggu itu berarti dalam sehari Bill Gates hanya tidur dalam 1 jam lebih sedikit dalam sehari. Usaha dan kerja kerasnya didukung oleh visi yang tinggi yang ia tanamkan dalam dirinya sehingga membuatnya meraih kesuksesan seperti saat ini, jadi Bill Gates sukses bukan hanya faktor keluarga yang kaya dan bukan hanya faktor keberuntungan saja.




Diakses pada  : Senin, 21 November 2016
Sumber           :


1 komentar:

  1. ••••Raih Keuntungan Bersama Situs Poker Deposit Pulsa••••

    ♣♣♣Daftar Poker Online Deposit Pulsa Ponsel Indonesia♣♣♣

    Dapatkan Berbagai Fasilitas Menarik Serta Bonus dari Agen ZEUSBOLA!

    • Layanan Customer Service Online 24Jam
    • Menerima Deposit All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel, Xl/Axis
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Menerima Deposit Via Gopay
    • Menerima Deposit Via LINKAJA / TCASH
    • Menerima Deposit Via DANA
    • Pelayanan Terbaik, Teraman Dan Terpercaya ( FAST RESPON )

    SEGERA BERGABUNG DAN DAPATKAN JUTAAN RUPIAH

    Bonus Sabung Ayam S128 Online Terpercaya ::
    • Bonus New Member
    • Bonus Harian
    • Bonus Cashback
    • Bonus Rollingan
    • Bonus Win Berturut-turut ( S128 SV388 SABUNG AYAM ONLINE )

    ♦♦♦THANKYOU♦♦♦
    ♦♦♦SELAMAT BERUNTUNG♦♦♦

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    BalasHapus