Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2015

Tawuran Antarpelajar

Oleh : Desy Wulandari



   
 A.  Pernyataan Umum 
Bentuk perilaku negatif yang sangat marak terjadi di kota-kota besar, misalnya di Jakarta yaitu tawuran antar pelajar. Tawuran pelajar merupakan perkelahian yang dilakukan secara massal atau beramai-ramai antara sekelompok pelajar dengan sekelompok pelajar lainnya. Tawuran dapat menyebabkan korban luka hingga kematian.


   
      B . Urutan Sebab-akibat

Timbul dari permasalahan remeh yang dapat menyulut pertengkaran individual yang berlanjut sehingga menjadi perkelahian massal dan tak jarang melibatkan penggunaan senjata tajam atau bahkan senjata api. Selain itu tawuran dapat juga disebabkan karena kurangnya mendapatkan pengajaran atau pendidikan moral untuk para pelajar.

Adapun dua faktor penyebab terjadinya tawuran antar pelajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berlangsung melalui proses internalisasi diri yang keliru oleh remaja dalam menanggapi lingkungan sekitarnya sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang semua pengaruhnya dari luar misalnya, faktor keluarga. Salah satu faktor keluarga yaitu adanya pengaruh buruk dari orang tua atau adanya keretakkan dalam keluarga.

Akibat dari tawuran itu sendiri ialah banyak korban yang berjatuhan. Korban tersebut bisa terkena luka ringan, luka berat bahkan tidak jarang terjadi kematian. Tawuran ini juga membawa dendam berkepanjangan bagi para pelaku yang terlibat di dalamnya dan sering berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Tawuran dapat dicegah dengan cara memberikan perhatian yang lebih untuk para remaja yang sedang mencari jati diri. Selain itu sekolah juga dapat membimbing para pelajar dengan memberikan pendidikan moral, memfasilitasi para pelajar untuk baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat diwaktu luangnya.

Cara menanggulangi tawuran antar pelajar yaitu dengan mendalami ajaran agama, menjadikan sekolah dalam lingkungan yang penuh disiplin dan ketertiban. Bagi mereka yang terlibat tawuran dapat diberikan sanksi yang mendidik bagi pelaku tawuran. Cara penanggulangan lainnya dapat dilakukan dengan cara berkomunikasi dan pendekatan secara khusus kepada para pelajar untuk mengajarkan cinta kasih terhadap sesama pelajar.


Diadaptasi dari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar