Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 29 Maret 2015

Maraknya pembegalan di Indonesia



oleh : Dika Nurmaliasari

Kasus pembegalan kendaraan sepeda motor belakangan ini semakin mengkhawatirkan. Begal adalah suatu profesi yang banyak ditemukan di provinsi Lampung yaitu profesi dimana kita harus bersembunyi di hutan atau jalanan sepi dan diharuskan membawa senjata ringan, seperti pedang, chainsaw, AK-47, M16 dan pistol maka ketika ada kendaraan motor atau mobil lewat kemudian kita keluar dan menyetopnya.Begal yang dimaksud adalah perampasan, pemerasan, perampokan, jambret, dan lain semacamnya yang sering terjadi di malam hari.
            Akibat maraknya budaya konsumerisme dan materialisme. Industri gadget dan otomotif (sepeda motor) menjadi sebuah tren yang harus senantiasa diikuti karena bila tidak mengikuti tren dapat dikucilkan bahkan tidak punya teman dan dianggap cupu.
Media, khususnya film serta games. Saat ini baik film, sinetron, ataupun permainan banyak yang menampilkan adegan kekerasan secara vulgar yang seolah mengajari penontonnya untuk bisa melakukan hal tersebut.
          Lemahnya pengawasan social,satu sama lain saat ini kurang peduli karena diperbudak oleh kemajuan teknologi seperti gadget.Sistem keamanan seperti ronda juga sudah jarang dilakukan baik di kota maupun di perkampungan. 
         kondisi perekonimian negara kita masih belum cukup baik, karena harga kebutuhan pokok meningkat, berbanding terbalik dengan penghasilan yang diperoleh.
Dengan ditambah terbatasnya lapangan pekerjaan untuk masyarakat kelas bawah bisa memacu orang mencari jalan lain dan jalan pintas untuk mendapatkan uang, salah satunya membegal.
         Maraknya begal mengakibatkan orang tidak berani bepergian keluar rumah dengan mengenakan perhiasan,dan pakaian mewah yang dapat mengundang para begal.
mematikan eksperimen,berekspresi dengan barang-barang yang dimiliki,dan lebih memilih berpenampilan biasa saja dibanding mewah tetapi tidak aman.
meningkatkan rasa takut dan cemas pada masyarakat bila keluar malam. Mengancam rasa aman dan nyaman.
        Agar terhindar dari bahaya begal sebaiknya jangan berpergian terlarut malam dan jangan perpakaian terlalu mewah,dan memakai perhiasan berlebihan. Sebaiknya bila berpergian jagang sendiri  dan hindari jalan yang jauh dari keramaian.

Sumber :
3.       Koran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar