Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 Maret 2015

Mudik

Mudik
Nyimas Maesaroh




Mudik adalah istilah untuk individu atau sekelompok individu untuk pulang ke daerah asalnya, dimana dia dilahirkan atau dibesarkan. Mudik dilakukan oleh para individu yang sudah lama merantau dan biasanya mereka merantau untuk bekerja atau kuliah. orang melakukan mudik minimal 1 kali dalam setahun. Mudik umumnya dilakukan pada saat hari raya besar agama, misalnya hari raya agama Islam "Idul Firti/lebaran".

Banyak orang yang merantau ke daerah yang dituju untuk merubah nasib, sehingga mereka bekerja di tempat rantauan dan meninggalkan orang tua serta sanak saudara. Tentunya ada rasa rindu untuk bertemu dengan mereka yang menyebabkan mereka ingin pulang ke kampung halaman.

Dan untuk berziarah ke makam orang tua atau sanak saudara yang jauh dari tempat tinggal kita. Dan biasanya tradisi ini terjadi pada hari raya atau hari besar tiba karena kesibukan di masing – masing individu. Dan  membuat fenomena mudik terlihat jelas pada hari raya karena, banyak orang yang mayoritas diliburkan di hari yang sama.

Sebab terjadinya mudik juga, sebagai waktu untuk bertemu dengan teman-teman waktu kecil dulu. Karena moment mudik semua orang rata-rata pulang ke kampung halaman. Serta, melakukan silaturahmi dengan para tetangga dikampung, karena disamping itu sebagai tradisi. Moment itu adalah moment yang sangat tepat karena jarang-jarang bisa pulang kampung.

Moment mudik ini juga digunakan untuk berwisata kuliner di kota kelahiran mereka, mereka pulang bukan hanya untuk bertemu dengan sanak saudara mereka, mereka juga melepas kangen dengan makanan khas yang ada di daerah tersebut

Bagi yang sudah berkeluarga, alasan mudik juga sebagai moment untuk memperkenalkan istri atau suami dan  anak-anak kepada keluarga besar kita agar dapat saling mengenal dan lebih dekat dengan semua keluarga disaat hari raya tiba. Itulah yang menyebabkan ketika musim mudik banyak terjadi kemacetan karena bukan hanya satu individu yang melakukan mudik tetapi, mengajak keluarga untuk pulang kampung.

Banyak alasan atau sebab mereka melakukan mudik namun, seperti uraian diatas kesamaan hari libur menjelang hari raya yang mengakibatkan kemacetan, karena banyak individu atau sekelompok individu yang merantau, belum lagi jika setiap individu atau sekelompok individu dari mereka memakai kendaraan masing – masing.

Kemacetan tersebut biasanya terjadi bukan hanya di satu daerah tapi di berbagai daerah karena setiap individu atau sekelompok individu yang merantau di suatu daerah berasal dari daerah yang berbeda – berbeda sesuai tempat kelahiran mereka, tempat masa kecil mereka, serta dibesarkannya mereka. Kemacetan yang amat parah ketika musim mudik akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan beruntun atau sebagainya

Selain dari kemacetan ataupun kecelakaan, biasanya ketika musim mudik terjadi banyak orang jahat yang berkesempatan untuk melakukan tindak criminal misalnya mecopet, menjambret, penodongan,dan sebainya. Ini terjadi akibat pemikiran orang jahat tersebut terhadap orang yang ingin melakukan mudik adalah banyak uang.

Untuk mengatasi hal-hal yang diakibatkan mudik sebagai berikut :
  1. Pastikan Anda meninggalkan rumah dengan aman,
  2.  Sangat penting untuk Anda menyiapkan fisik dengan minum multivitamin
  3. Hindari mengenakan perhiasan berlebihan yang menarik perhatian. Bawalah uang tunai secukupnya dan simpan terpisah di beberapa tempat.
  4.  Apabila Anda pergi-pulang dengan moda umum maka pesanlah tiket jauh hari sebelumnya adalah lebih tepat
  5.  Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi maka pastikan kendaraan tersebut telah di-service berkala
  6. Anda yang mudik dengan kendaraan bermotor maka pastikan motor Anda telah masuk bengkel sebelum berangkat agar mesin dan lainnya prima. Jangan lupa membawa surat kendaraan, jas hujan, dan perkakas darurat.
  7.  Pastikan Anda memilih hari arus balik bukan pada saat puncak arus balik. Aturlah juga waktu saat tiba di rumah bukan tengah malam. Usahakan pagi atau siang hari. Jadwalkan juga hari kembali dari mudik bukan sehari sebelum masuk kerja tetapi minimal dua hari sebelum masuk kerja kembali.
  8. Apabila Anda membutuhkan peta mudik dengan format pilihan JPEG dan PDF yang dapat diunduh maka Kementerian Perhubungan membagikan informasi peta jalur mudik berformat GIS (geographic information system) yang memiliki tampilan peta digital maupun gambar citra satelit dan bisa di-download ke tablet atau smartphone.

Tradisi mudik bukan saja terjadi di Indonesia, namun mudik juga terjadi di berbagai negara, misalnya sebagai berikut :
1. Bangladesh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar