Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 28 April 2017

GLETSER



Disusun Oleh : Risti Eka Putri



Gletser atau glasier atau glesyer adalah sebuah bongkahan es yang besar yang terbentuk diatas permukaan tanah yang merupakan akumulasi endapan salju yang membantu selama kurun waktu geologi. Selain itu, ada pula yang menyebut gletser sebagai sebuah es yang terbentuk dilimbah pegunungan dan mengalir menuruni lembah pegunungan secara perlahan-lahan yang diakibatkan dari akumlasi es, salju, dan juga bebatuan karena adanya perubahan temperatur.  Saat ini, es abadi menutupi 10% daratan yang ada dibumi. Gletser merupakan reservoir terbesar air tawar dibumi. Meskipun banyak orang yang mengira gletser selalu ada diarea kutub, sesungguhnya mereka juga bisa berada di daerah pegunungan tinggi diseluruh benua, kecuali Australia, bahkan juga terdapat dipegunungan tinggi di daerah dekat khatulistiwa.
Gletser terbagi menjadi dua macam, yaitu:
1. Gletser kontinental, yang sangat besar dan biasanya berada di kutub bumi. Alih-alih mengalir menuruni bukitnya, gletser jenis ini justru mencair kesegala arah dari pusatnya. Contoh gletser ini adalah antartika.
2. Gletser alpen, yang berada pada puncak pegunungan yang sangat tinggi. Mereka terbentuk sesuai dengan bentuk lembah tempat mengalirnya lelehan gletser. Contoh gletser ini adalah alpen.

Sebab akibat terjadinya gletser
Masa gletser selalu bergerak secara perlahan menuruni lembah dilereng pegunungan akibat gaya beratnya sendiri. Karena gerakannya itu, maka terjadi pengikisan terhadap sisi kiri dan kanan lembah. Puing-puing hasil endapan gletser tersebut akhirnya diendapkan pada ujung gletser mencair. Gletser juga terjadi akibat adanya proses sublimasi dan pembekuan salju. Salju yang semula berbentuk butiran akan lepas menjadi padat dan akhirnya membentuk semacam bola salju. Jika salju yang turun lebih banyak yang membeku daripada mencair atau menguap maka terbentuklah gletser. Meskipun gletser hanya menutupi sekitar 10% permukaan bumi, namun didalam gletser tersimpan kandungan air bersih untuk kebutuhan hidup manusia.

Akibat terjadinya gletser
Pada saat terjadinya fenomena gletser, maka mengakibatkan bentuk bentang alam sebagai berikut :
1. Hanging valley, yaitu bentukan lembah tak sempurna. Hal ini disebabkan karena
    endapan yang dibawa gletser memotong permukaan batu menjadi beberapa bagian.
2. Truncated spurs, yaitu tepi lembah yang terpotong berbentuk segitiga.
3. Cirques, yaitu sisi bagian dalam aliran gletser yang berbentuk melingkar.
4. Rock basin lake, yaitu danau yang terbentuk karena bagian pegunungan yang    
    terlubangi saat terjadi gletser.
5. Bergscrund, yaitu bebatuan yang pecah akibat erosi gletser lalu terguling masuk ke   
    crevasses.
6. Aretes, yaitu salah satu sisi lembah yang menjadi tajam karena diamplas aliran erosi  
    gletser.
7. Crevasses, yaitu celah lebar yang terbentuk karena erosi gletser.

Cara menaggulangi terjadinya gletser :

Ø  Tidak berlebihan dalam menggunakan mesin pendingin seperti AC , freezer , dll.
Ø  Mengurangi rumah atau gedung yang dindingnya kaca , karena kaca dapat memantulkan panas sehingga suhu udara meningkat.
Ø  Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemanasan global dan dampaknya bagi manusia dan lingkungan.


Daftar pusaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar