Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 30 April 2017

Teks Eksplanasi PENGANGGURAN



PENGANGGURAN

Disusun oleh : Ridha Reviana 



 

Pernyataan umum :

Pengangguran merupakan salah satu fenomena yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang telah menjadi permsalahan yang muncul di masyarakat.  Secara umum, banyak yang telah mengartikan bahwa permasalahan sosial pengangguran ialah orang dewasa yang tidak memiliki pekerjaan, masih sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki suatu pekerjaan secara formal dan tak mendapatkan suatu penghasilan. Selain daripada itu, di badan pusat statisti atau BPS yang secara spesifik sudah memberikan definis tentang pengangguran yaitu setiap orang yang sudah bekerja pada sekita kurang dari 1 jam disetiap minggunya.
 
Urutan sebab akibat :

Ada beberapa faktor yang memang paling mendasar dan menjadi penyebab dari kemunculan pengangguran. Pengangguran secara umum itu disebabkan oleh kehadiran kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan bekerja. Pengangguran juga disebabkan oleh minimnya skill, karena kemampuan bukan saja dialami oleh seseorang yang tidak berpendidikan tinggi, bahkan lulusan sarjana pun ternyata masih banyak yang minim akan skill. Lalu terlalu pilih-pilih dalam hal mencari pekerjaan. Jika terlalu banyak memilih akhirnya ada sebuah ketidakcocokan yang berakibat pada pengangguran karena merasa tidak ada kerjaan yang cocok dengan kriteria dirinya. Pola pikir kurang kreatif dan inovatif juga bisa menjadi salah satu penyebab pengangguran karena kita sudah terlalu banyak dan terlalu capek mengirim lamaran tetapi tidak dipanggil-panggil. Kemudian kurang pergaulan juga bisa menjadi salah satu penyebab pengangguran karena orang seperti itu cenderung menutup diri dan tidak mengenal dunia luar. Alhsil dalam mencari pekerjaan pun sangat susah untuk didapatkannya.

Urutan sebab akibat : 

Akibat dari pengangguran ini maka bisa memunculkan berbagai macam permasalahan ekonomi dan sosial bagi yang mengalami hal tersebut. Orang yang tidak memiliki pekerjaan atau mata pencaharian itu tidak akan dapat memperoleh penghasilan dan yang tidak berpenghasilan itu tidak dapat untuk membelanjakan uang untuk membeli setiap barang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kalau jumlah penganggur tersebut sangat begitu banyak maka akan menimbulkan sebuahk kekacauan sosial, kalau jumlah gelandangan itu semakin meningkat pesat maka akan muncul tingkat kriminalitas yang terlalu tinggi. 

Daftar pustaka




Tidak ada komentar:

Posting Komentar