Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 30 April 2017

TEKS ESKPLANASI GEMPA BUMI


Disusun oleh : Ikhrom Nur Rohman






Gempa Bumi
Gempa bumi adalah pergerakan (bergesernya) lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau dari bawah permukaan bumi. atau definisi gempa bumi yang lebih lengkapnya yaitu getaran atau goncangan yang terjadi karena pergerakan (bergesernya) lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau dari bawah permukaan dan bisa juga disebabkan adanya letusan gunung berapi.

kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak,semakin lama tekanan itu semakin kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional.
beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. beberapa gempa bumi (jarang namun) juga terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam, seperti dam karibia di zambia, afrika , sesbagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ ke dalam bumi (contoh pada beberapa pembangkit lisrik tenaga panas bumi dan di rocky mountain arsenal.. terakhir , gempa bumi juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. hal ini membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seimisitas terinduksi.

saat gempa bumi besar terjadi, masyarakat terpukul kejiwaanya. untik mencegah kepanikan, penting sekali setiap orang bersikap tenang dan bertindaklah sesuai dengan informasi yang benar. anda dapat memperoleh informasi yang benar dari pihak yang berwenang atau polisi. jangan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas.

STRUKTUR TEKS
PERNYATAAN UMUM

gempa bumi adalah pergerakan (bergesernya) lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau dari bawah permukaan bumi  .... berasal dari dasar atau dari bawah permukaan bumi dan bisa juga disebabkan adanya letusan gunung api.

URUTAN SEBAB-AKIBAT

kebanyakan gempa bumi disebabkan oleh pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak ....  terakhir, gempa juga dapat.terjadi dari bahan peledak. hal ini dapat membat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah, gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.eduspensa.id/2016/01/contoh-teks-eksplanasi-gempa-bumi.html

http://www.smansax1-edu.com/2015/01/contoh-teks-eksplanasi-tentang-alam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar