Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 30 April 2017

PELANGI

Disusun Oleh  : Audrey Nirmalasari Yusuf


Pernyataan Umum

Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Urutan Sebab - Akibat

Awal terbentuknya pelangi karena adanya pembiasan sinar matahari (cahaya) yang dibelokkan berpindah tempat ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air yang ada di atmosfer. Ketika cahaya matahari melewati tetesan air maka cahaya tersebut akan dibengkokkan sehingga akan membuat warna-warna tersebut berpisah dengan warna lainnya.

Urutan Sebab - Akibat

Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda sehingga akan memberikan warna yang indah pada pelangi. Warna yang akan pertama di belokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir yang akan di belokkan adalah warna merah serta akan menyusul warna pelangi lainnya yaitu jingga, kuning, hijau, biru, dan nila maka kita akan melihat warna pelangi secara utuh yang disebabkan oleh geometri optik dalam proses penguraian warna.


Daftar Pustaka

https://www.google.com/search?q=gambar+pelangi&client=ms-android-asus&prmd=inv&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiwo5uZqdLSAhWIu48KHT1iA88Q_AUIBygB&biw=360&bih=616#imgrc=kZS86_fOMoXpNM:

http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/proses-terjadinya-pelangi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pelangi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar