Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 22 Juni 2015

Pengorbanan Sang Ayah dalam Film "Miracle in Cell No.7"

Oleh : Febiyanti Choirunnisa


Judul film                : Miracle in Cell No.7
Tahun                     : 2013
Sutradara                : Lee Hwan Kyung
Pemain                   : - Ryu Seung Ryeong
                                 - Park Shin Hye
                                 - Kal So Won

Orientasi 1:
Film yang dikembangkan di Korea Selatan ini tayang pada tahun 2013. Film “Mirecle in Cell No.7” yang disutradarai oleh Lee Hwan Kyung berhasil sukses di Korea. Film ini adalah sebuah komedi mengharukan dan melodrama keluarga tentang seorang pria cacat mental yang secara tidak sah di penjara karena pembunuhan.

Orientasi 2 :
Lee Young gu (diperankan oleh Ryu Seung Ryeong) adalah Pria yang mengalami keterbelakangan mental, punya kecerdasan yang berada di level anak usia enam tahun. Lee Young Gu mempunyai seorang anak perempuan bernama Yesung (diperankan oleh Kal So Won) ternyata berusia enam tahun.


Tafsiran isi 1 :
Film "Miracle in Cell No.7" yang beralur campuran ini diawali dengan Yesung yang tertarik tas kuning bergambar Sailor Moon di sebuah toko, Lee Young Gu menjanjikan akan membelikannya saat ia gajian nanti.

Tafsiran isi 2 :
Tapi sangat dikecewakan bagi Lee Young Gu, karena tas yang mereka inginkan sudah dibeli oleh anak seorang komisaris polisi. Dalam film “Miracle in Cell No.7” di mulai konflik Lee Young Gu yang dituduh membunuh anak seorang komisaris polisi, yang kala itu sebenarnya anak tersebut hendak menuntun Lee Yong-gu menuju toko lain yang menjual tas Sailor Moon tadi.  Hal ini membuat Lee Young Gu di masukkan ke sel no.7 yang mempunyai keamanan tinggi, sedangkan Yesung dikirim ke sebuah lembaga pengasuhan.

Tafsiran isi 3 :
Film “Miracle in Cell No.7” juga menceritakan tentang pengorbanan seorang Ayah, rela berkorban sampai mati demi anak yang sangat dicintainya. Untuk menunggu hukuman mati, di sel no.7 Lee Young Gu dicampur bersama 5 narapidana yang lainnya.

Tafsiran isi 4 :
Tibalah saatnya Lee Young Gu dieksekusi tanggal 23 Desember. Suasana sebelum eksekusi sangat mengharukan karena Lee Young Gu dan Yesung menangis akan perpisahan mereka. Namun, percuma saja tidak ada yang bisa menolongnya. Akhirnya Lee Young Gu tewas dieksekusi.

Tafsiran isi 5 :
Film “Miracle in Cell No.7” ini pun kembali saat Yesung dewasa (Park Shin Hye) menjadi seorang pengacara. Dimana ia berusaha mati-matian membersihkan nama baik ayahnya. Walaupun ayahnya sudah almarhum tetapi ia tetap berusaha agar sang hakim menyatakan ayahnya tidak bersalah.


Evaluasi 1 :
Sangat disayangkan karena endingnya Lee Young Gu tetap dihukum mati jadi tidak ada yang disebut “Miracle” atau sebuah keajaiban seperti judulnya. Namun, mungkin saja keajaiban itu muncul pada saat kelima sahabatnya yang tadinya jahat kini menjadi seorang yang baik hati.

Evaluasi 2 :
Di satu sisi lainnya juga film “Miracle in Cell No.7” cukup menghibur karena tidak cerita sedih saja tetapi juga disisipi dengan adegan yang lucu.


Rangkuman :
Dari paparan tadi, dapat disimpulkan bahwa film “Miracle in Cell No.7” memungkinkan berbicara perjuangan seorang ayah untuk anak yang dicintainya dan rasa kasih sayang antara anak dan seorang ayah. Yesung tetap mencintai ayahnya seperti orang lain yang mencintai ayahnya dalam keadaan normal. Di film ini juga mengajarkan bahwa jangan malu mempunyai seorang cacat mental. Walaupun begitu, dia tetaplah seseorang yang berjuang dan berusaha keras untuk membesarkan kita dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar