Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 19 Juni 2015

Cinta Merupakan Rahmat Allah yang Maha Besar Dalam Film “Assalamualaikum Beijing”




                                                        Oleh : Bio Gustri Windia

Judul Film       : Assalamualaikum Beijing
Tahun             : 30 Desember 2014
Sutradara       : Guntur Soeharjanto
Pemain           : Revalina S. Temat (Asma Nadia)
                         Morgan Oey (Zhong Wen)
                         Ibnu Jamil (Dewa)
                        Laudya Cyntia B (Sekar)
                        Desta (Ridwan)
                        Cyntia Ramlan (Anita)

Orientasi 1:
Assalamualaikum Beijing merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Asma Nadia dengan judul yang sama. film ini disutradarai oleh Guntur Soeharjanto yang dirilis pada tanggal 30 Desember 2014 film ini berkaitan dengan gender,ras,agama,latar belakang atau tempramen.

Orientasi 2:
Film ini mengisahkan tentang kejadian percintaan yang dialami oleh Asmara Nadia (Revalina S. Temat). Sehari sebelum pernikahan yang akan dilangsungkan, Asma harus mendapatkan kenyataan pahit bahwa kekasihnya Dewa (Ibnu Jamil) ternyata selingkuh dengan teman sekantornya Anita (Cyntia Ramlan). Walau Dewa memohon agar pernikahan tetap dilanjutkan,Asma terlanjur patah hati. Terlebih hubungan yang dilakukan Dewa ternyata membuahkan janin,Anita hamil.Asma lalu menerima tugas barunya di Beijing sebagai penulis dia tinggal bersama sahabatnya Sekar (Laudya Cynthia B) dan Ridwan suami Sekar (Desta).

Tafsiran Isi 1:
Seperti halnya dengan film-film sejenisnya. Film Assalamualaikum Beijing menampilkan scene pertemuan secara tidak sengaja antara Asma dengan Zhong Wen (Morgan Oey) pemuda asal Cina yang sederhana dan tulus di sebuah bus angkutan umum,ketika Asma menanyakan stasiun yang akan ditujunya. Asma yang tidak bisa berbicara bahasa Cina itu akhirnya ia berbicara menggunakan bahasa Inggris. Mereka pun berkenalan,setelah tahu nama wanita itu adalah Asma,Zhong Wen pun menyamakan Asma dengan Ashima yang artinya gadis cantik seperti bunga,kemilau bersinar seperti emas yang merupakan legenda patung Yunan,Cina. Saat Asma mendengarkan cerita Ashima tiba-tiba Zhong Wen memberhentikan bus untuk turun dan ia pun memberikan sebuah buku berisi legenda Ashima.Namun sayang, Asma tidak mengerti cara membacanya karena bertuliskan bahasa Cina. Zhong Wen pun menyuruhnya melihat-lihat terlebih dahulu gambarnya dan ia berjanji bila bertemu kembali ia akan menceritakan semuanya pada Asma.


Tafsiran Isi 2:
Ketika Asma sedang berjalan-jalan di tembok Cina dengan Sunny seorang pemandu cerdas asal Beijing yang menguasai empat bahasa Asma tidak sengaja melihat Zhong Wen yang ternyata seorang pemandu ia pun mengejarnya namun Zhong Wen tidak menyadarinya dan Asma pun kehilangan jejak Zhong Wen.

Tafsiran Isi 3:
Di tengah keramaian kota saat Asma dengan Sunny sedang berjalan-jalan ia melihat sebuah restoran yang dimiliki oleh umat muslim Asma pun mewawancarainya. Seperti halnya di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama muslim di Beijing pun yang sebagian besar penduduknya beragama kong hu chu mereka pun menghormati walaupun berbeda. di Beijing agama islam bukanlah sesuatu yang asing bahkan mereka menganggap islam merupakan agama yang murni. Sangat jelas film ini menyampaikan ajaran moral kepada penonton untuk menghargai perbedaan dan toleransi antar umat negara.

Tafsiran Isi 4:
            Ketika Asma sedang menunggu Sunny di masjid namun yang datang bukanlah Sunny melainkan Zhong Wen yang menggantikan Sunny karena ibunya sedang sakit. Ternyata Zhong Wen adalah seorang pemandu dan ia juga bisa berbicara bahasa Indonesia,Asma pun diajak jalan-jalan kemudian ia pun mampir ke masjid untuk melakukan Sholat namun saat Asma mengajaknya untuk masuk Zhong Wen menolaknya karena ia bukanlah seorang muslim saat Asma berada di toko Asma memberikan peci untuk Zhong Wen. Setelah itu ketika Asma dan Zhong Wen sedang asik makan di pinggir kota tiba-tiba Dewa datang untuk meminta maaf dan mengajak Asma untuk menikah dengannya dan Dewa berjanji akan menceraikan Anita istrinya karena ia tidak mencintainya. Namun Asma menolaknya karena ia tidak mau tersakiti lagi dan tidak mau menyakiti hati Anita. Film ini sangat pantas untuk di lihat karena di sini juga memperkenalkan sejarah masjid yang berumur 1000 tahun lebih dan kuil yang ada di Beijing. Asma juga menjelaskan kepada Zhong Wen apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang muslim.

Tafsiran isi 5:
Film ini tidak hanya memperlihatkan drama romantis saja melainkan drama religi karena tembok Cina dalam film ini bisa diartikan sebagai iman yang menjadi perbatasan atau pencegah hubungan antara Zhong Wen dan Asma yang tidak semestinya antara manusia yang bukan muhrimnya. Selain itu,di film ini juga menggambarkan sosok Asma yang kuat,tangguh dalam menghadapi cobaan dan sosok wanita muslimah yang sholeha.

Tafsiran Isi 6:
Lebih jauh lagi, kemalangan menghampiri Asma karena ia mengidap penyakit APS (Anti Phospolipid Syndrome) yang cukup parah,yang mengakibatkan stroke,lumpuh,kehilangan penglihatan dan pendengaran. Asma pun pulang ke Indonesia tanpa memberitahu Zhong Wen apa yang terjadi dan berusaha melupakan Zhong Wen. Di sisi lain Zhong Wen pun belajar mengaji,sholat dan ia menjadi mualaf. Tanpa sepengetahuan Asma Zhong Wen datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Asma namun ia menemukan Asma dalam keadaan sakit parah. Akhirnya setelah melakukan pengobatan Asma pun sembuh walaupun dia kehilangan suaranya dan Asma pun menikah dengan Zhong Wen dan Asma pun hamil, karna Zhong Wen mencintai Asma apa adanya dan ia berkata "Cinta sempurna itu ada dan tak perlu fisik sempurna untuk bisa memiliki kisah cinta yang sempurna".

Evaluasi 1:
Film Assalamualaikum Beijing tidaklah seperti film drama yang berlebihan di sini terdapat banyak kebaikan. Di film ini ada banyak hal menarik seperti beberapa potongan yang dialami penulis novel perkenalan serupa pada adegan Zhong Wen dan Asma di bus, termasuk memperkenalkan legenda Ashima. Selain itu dalam berakting tidak ada yang berlebihan semua terlihat natural dan apa adanya.

Evaluasi 2 :
Selain itu film ini juga memiliki akhir cerita yang jelas dan tidak menggantung karena di akhir cerita Zhong Wen dan Asma bahagia karena cinta mereka dapat dipersatukan dan Asma juga dapat mengeluarkan sebuah buku novel. Di sisi lain kehidupan Dewa dan Anita pun berbahagia karena Dewa sudah menerima kehadiran anita dan anaknya.

Rangkuman :
Dari paparan tadi dapat disimpulkan bahwa fil “Assalamualaikum Beijing” film yang bermoral karena di sini dijelaskan pergaulan muslim-muslimah,tentang kesabaran,kesetiaan,cinta,perjuangan dan kedekatan pada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar