Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 09 Juni 2015

Narkoba

Oleh : Selviera Viandri

Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya. Sebab akibat orang memakai narakotika adalah karena dari faktor internal, dan faktor eksternal.

Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti kepribadian, kecemasan, dan depresi serta kurangya religiusitas. Kebanyakan penyalahgunaan narkotika dimulai atau terdapat pada masa remaja, sebab remaja yang sedang mengalami perubahan biologik, psikologik maupun sosial yang pesat merupakan individu yang rentan untuk menyalahgunakan obat-obat terlarang ini. Anak atau remaja dengan ciri-ciri tertentu mempunyai risiko lebih besar untuk menjadi penyalahguna narkoba.

       Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar individu atau lingkungan seperti keberadaan zat, kondisi keluarga, lemahnya hukum serta pengaruh lingkungan.

K
arena pengendalian diri yang lemah, kondisi kehidupan keluarga, temperamen sulit, mengalami gangguan perilaku, suka menyendiri dan berontak, prestasi sekolah yang rendah, tidak di terima di kelompok, dan berteman dengan pemakai.

      Upaya pencegahan:
  1. Peran Remaja dengan pelatihan keterampilan, kegiatan alternatif untuk mengisi waktu luang. Seperti, kegiatan olah raga, kesenian, dan lain-lain.
  2. Peran orang tua yang selalu mengawasi setiap anaknya melakukan sesuatu.
  3. Menciptakan rumah yang sehat, serasi, harmonis, cinta, kasih sayang dan komunikasi terbuka.
  4. Mengasuh, mendidik anak yang baik.
  5. Menjadi contoh yang baik.


Sumber pendukung:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar