Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 08 Juni 2017

TEKS ULASAN FILM “My Idiot Brother” : Tutupi Kekurangan dengan Kelebihan

Disusun Oleh: Tiffanny Theresiandy


Judul                         : My Idiot Brother
Tanggal Rilis             : 02 Oktober 2014
Sutradara                 : Alyandra
Pemain                     :
1. Adila Fitri sebagai Angel
2. Ali Mensan sebagai Hendra
3. Kimberly Ryder sebagai Agnes
4. Aaron Ashab sebagai Aji
5. Cindy Fatika Sari sebagai Mama Hendra & Angel
6. Donny Kesuma sebagai Papa Hendra & Angel
7. Farah sebagai Mama Aji
8. Jefry sebagai Papa Aji
9. Dhita Barus sebagai Maria
10. Olivia Pramaisella sebagai Fifi
11. Hengky Soelaeman sebagai Pemilik Cafe Chocolatos (Pak Made)

Orientasi 1:
     My Idiot Brother merupakan salah satu karya dari Agnes Davonar yang mulanya adalah sebuah cerita dari novel, film ini berdurasi 90 menit yang dirilis dari rumah produksi Rumah Satu Film. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang laki-laki yang memiliki keterbatasan khusus.

Orientasi 2:
     Film ini mengisahkan Angel (Adila Fitri) seorang gadis remaja berusia 15 tahun yang tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya Hendra (Ali Mensan) yang terlahir dengan keterbelakangan mental. Karena memiliki kakak yang mengalami keterbelakangan mental, Angel sering diejek oleh teman-temannya 'si Idiot'. Salah seorang gadis di sekolahnya bernama Agnes (Kimberly Ryder) sangat membenci Angel karena dianggap sebagai ancaman untuk mendapatkan hati Aji (Aaron Ashab). Suatu hari, Aji akan mengadakan pesta ulang tahunnya dengan mengundang semua teman-temannya. Agnes dan Angel bersaing untuk menjadi ratu dalam acara pesta tersebut. Sayangnya pesta itu berakhir ricuh karena kehadiran Hendra yang membuat Angel begitu malu, padahal kedatangan kakaknya yang penuh perjuangan sebenarnya hanya bermaksud untuk mengantarkan kado yang tertinggal. Angel yang lari dari pesta karena rasa malu mengalami kecelakaan. Kecelakaan ini menyebabkan tak ada seorang pun yang mampu menyelamatkan dirinya selain Hendra. Demi cintanya kepada sang adik, Hendra rela mengorbankan apapun untuk Angel.

Tafsiran 1:
     My Idiot Brother adalah sebuah film yang menceritakan tentang kehidupan seorang gadis remaja berumur 15 tahun yang gemar bermain basket. Gadis yang bernama Angel ini tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya Hendra yang terlahir dengan keterbelakangan mental. Hari-hari Angel selalu diisi dengan menjaga kakaknya, suatu pekerjaan yang sangat dibencinya ini hanya memiliki satu alasan, yaitu untuk mendapatkan uang saku lebih dari ibunya. Angel merasa tidak adil dengan perlakuan ibunya yang selalu memberikan uang saku kakaknya lebih banyak, sedangkan dia harus membanting perasaan dengan cara seperti ini agar dapat lebih. Tidak adil, bagaimanapun Angel bukan anak kecil lagi yang masih suka bermain monopolian, permainan yang sangat digemari kakaknya. Ia malu jika teman-teman sekolahnya tahu keadaan kakaknya yang idiot menjadi bahan ejekan disekolah, terutama Agnes yang selalu bermusuhan dengan Angel dan merasa kalau Angel adalah ancaman baginya untuk mendapatkan hati seorang pria bernama Aji.

Tafsiran 2:
    Pesan moral yang disampaikan dalam film ini adalah mengajarkan kepada kita arti bersyukur yang sebenarnya. Dalam film ini jelas menyatakan bahwa Angel sangat membenci kakaknya yang idiot itu. Selain karena idiot, Angel membenci kakaknya juga karena kedua orangtuanya lebih menyayangi kakanya Hendra dibandingkan dirinya. sebagai seorang manusia kita harus saling menyayangi dan menghargai saudara kita. Kita tidak boleh membenci kekurangan yang ada pada diri saudara kita ataupun orang lain.

Tafsiran 3:
     Dalam film My Idiot Brother ini, penyeselesaian yang harus dilakukan terhadap sikap membenci kekurangan seseorang adalah kita harus lebih menghargai seseorang dan menutupi kelemahan seseorang dengan kelebihan yang dimilikinya. Jangan sampai menyesa, seperti Angel yang menyesal karena telah membenci kakaknya yang sangat baik dan bahkan rela berkorban demi Angel.

Tafsiran 4:
     Dalam film ini makna cerita yang terkandung yaitu Angel sangat bertolak belakang dengan Hendra, kakaknya yang Idiot itu. Meski Angel menaruh kebencian lebih terhadapnya, Hendra tidak pernah bersedih hati. Dia tetap setia memberikan kasih sayang seorang kakak kepada adiknya, ia tidak pernah lupa memberikan kado boneka Babi Pink kepada Angel setiap ulang tahun Angel. Sedangkan Angel, ingat ulang tahun Hendra saja tidak. Suatu ketika, Angel mengalami kecelakaan dimana tak ada seorang pun yang mampu menyelamatkan dirinya selain Hendra. Demi cintanya kepada adiknya, Hendra rela mengorbankan apapun termasuk nyawanya sendiri untuk Angel.

Tafsiran 5:
     Cerita seperti inilah yang harus ditonton oleh semua kalangan mulai dari anak kecil sampai orang dewasa sekalipun. Sasarannya jelas dan terarah karena, menceritakan keterbatasan yang dimiliki oleh Hendra dan adiknya yaitu Angel yang membenci Hendra yang Idiot. Cerita ini nantinya akan membuat penonton berpikir bahwa tidak seharusnya membenci kekurangan yang dimiliki orang lain. Justru sebaiknya kita menerima kekurangan orang tersebut.

Evaluasi:
     Keunggulan film ini adalah dibintangi oleh aktor atau aktris yang berbakat. Ada Adila Fitri, Ali Mensan, Aaron Ashab, Kimberly Ryder. Termasuk juga aktor atau aktris kawakan seperti Donny Kesuma, Cindy Fatika Sari, Henky Solaiman. Namun, untuk Adila Fitri dan Ali Mensan. Mereka berdua benar-benar menghayati peran-nya masing-masing. Dan film ini dapat ditonton oleh semua kalangan. Kemampuan pengarang dalam memaparkan plot atau alur dengan sangat baik. jadi para pembaca tidak bingung untuk membayangkan cerita dalam film ini. Tema yang diangkat juga menarik, karena bertema tentang seorang yang berpenyakit down syndrom.
     Kelemahan film ini adalah ada beberapa scene yang bisa dikemas lebih baik lagi, contohnya pada saat Aaron Ashab atau Aji memutarkan video undangan ulang tahunnya buat Adila Fitri atau Angel, progress bar videonya bisa sampai mentok tapi masih aja main videonya. Kecil sih, namun kalau digarap dengan lebih natural dan realistis sepertinya akan lebih baik.

Rangkuman:
     Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, bahwa film ini benar-benar film yang banyak sekali memilliki amanat yang sangat penting dalam kehidupan. Salah satu amanat yang dapat diambil dari film ini adalah kita harus menerima apapun keadaan saudara kita dengan ikhlas, dan jangan malu dengan keadaan saudara kita tersebut. Seharusnya sebagai saudara kita harus saling membantu dan saling menyanyangi, sebab tak ada yang lebih berharga di dunia ini selain seorang saudara, apalagi seorang kakak kandung. Jadi, film ini sangatlah menarik dan dapat dijadikan sebagai salah satu inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar