Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 07 Juni 2017

"impian harus menyala dengan apa pun yang kita miliki - 9 summers 10 autumn



Disusun oleh : Sofiah Latifah










 Judul film             : 9 summers 10 autumn
Tahun                   : 2013
Durasi                  : 120menit
Sutradara             : ifa isfansyah
Tanggal rilis        : 25 april 2013
Pemeran              :  -Ihsan tarore
                                -Alex komang
                                -Dewi irawan
                               -Agni dira
                              - Hayria faturrahman




ORIENTASI

Diceritakan bahwa Iwan (Ihsan Tarore) adalah seorang pemuda penyendiri yang hidup seorang diri di New York, Amerika Serikat. Setelah mengalami peristiwa perampokan di sebuah terowongan kereta bawah tanah, Iwan termangu dan mulai menghadirkan kembali kenangan tentang seseorang yang membawanya menengok kembali ke masa lalu, tentang cinta keluarga yang menyelamatkan semuanya.

TAFSIRAN 1

Iwan adalah anak lelaki yang tumbuh besar bersama keluarganya yang sederhana di sebuah kampung di kaki Gunung Panderman, di rumah berukuran 6x7 meter. Ayah Iwan (Alex Komang) adalah seorang sopir angkot yang sangat mengharapkan agar Iwan tumbuh menjadi lelaki tangguh yang membantu mencari penghidupan untuk keluarganya

TAFSIRAN 2

 namun Iwan adalah sosok yang berbeda dari yang diharapkan ayahnya. Iwan adalah seorang anak yang sangat cerdas dalam belajar, terutama matematika, dan bermimpi untuk membangun kamar sendiri yang tidak kecil seperti rumahnya yang sekarang. Hidup bertujuh dengan segala sesuatu yang terbatas, membuat Iwan bahkan tak memiliki kamar sendiri.

TAFSIRAN 3

Di tengah kesulitan ekonomi, bersama saudara-saudaranya, ia mencari tambahan uang dengan berjualan di saat bulan puasa, mengecat boneka kayu di wirausaha kecil dekat rumah, atau membantu tetangga berdagang di pasar. Pendidikanlah yang kemudian membentangkan jalan keluar dari penderitaan

TAFSIRAN 4

Dan kesempatan memang hanya datang kepada siapa yang siap menerimanya. Dengan kegigihan, anak Kota Apel dapat bekerja di The Big Apple, New York. Sepuluh tahun mengembara di kota paling kosmopolit itu membuatnya berhasil mengangkat harkat keluarga sampai meraih posisi tinggi di salah satu perusahaan top dunia

TAFSIRAN 5

Namun tak selamanya gemerlap lampu-lampu New York dapat mengobati kenangan yang getir. Sebuah peristiwa mengejutkan terjadi dan menghadirkan seseorang yang membawanya menengok kembali ke masa lalu. Dan pada akhirnya, cinta keluargalah yang menyelamatkan semuanya.

EVALUASI
-    -  KELEBIHAN
Film ini layak ditonton karena  memberikan gambaran dan bukti bahwa ketika kita memiliki mimpi dan berjuang maka kita akan sukses walaupun kita bukan berasal dari kalangan atas (kaya) atau pun dari latar belakang sosial apapun tidak menghalangi kita untuk menggapai mimpi dan menginspirasi kita untuk tidak menyerah akan mimpi kita walaupun kita berada dalam keadaan yang tidak memungkinkan.

2)      KEKURANGAN
Alur maju mundur film ini menjadikan banyak hal-hal yang seharusnya bisa memancing Tanya dan penasaran justru sudah blak-blakkan treksope di awal-awal cerita.

-RANGKUMAN
Film ini layak di tonton karena banyak pelajaran yang kita ambil setelah menonton film ini ketika kita mempunyai mimpi kita harus berjuang samapi sukses walaupun kita bukan dari keluarga yang berada.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar