Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 08 Juni 2017

TEKS ULASAN FILM "LONDON LOVE STORY" : KETIKA CINTA PERLU DI PERTAHANKAN

DISUSUN OLEH: ERLINA YULIYANTI




Sutradara                  :  Asep Kusdinar
Tahun Launching       :  2016
Pemain                      :  Dimas Anggara sebagai Dave
   Michelle Ziudith sebagai Caramel
   Adila Fitri sebagai Adele
   Dion Wiyoko sebagai Bima
   Ramzi sebagai Sam
   Aron Ashab sebagai Bayu
Orientasi :
London Love Story adalah sebuah film Indonesia yang diangkat dari novel "London Love Story" yang ditulis oleh Tisa Ts. Film ini diproduksi oleh Screenplay Productions. Film ini dirilis pada Tanggal 4 Februari 2016. Film ini dibintangi Oleh Michelle Ziudith, Dimas Anggara, Adila Fitri, Dion Wiyoko, Ramzi.

Tafsiran :
            Cerita tentang empat orang mahasiswa berasal dari Indonesia yang sedang kuliah di ibu kota London negara inggris. Mereka adalah Caramel, Bima, Dave, dan Adelle. Caramel merupakan seorang gadis yang terlahir dari keluarga sederhana yang sukses dalam meraih cita-cita untuk kuliah di London, Inggris. Caramel hidup bersama ibunya dan tinggal di Jakarta. sedangkan ayah Caramel sudah lama wafat. Ia berusaha dengan gigih untuk hidup di London, meskipun caramel sibuk kuliah, Caramel juga bekerja paruh waktu di sebuah kedai pizza yang berada di kota london.
Karakter seorang Caramel adalah gadis yang mandiri, ceria lagi cantik dan manis. Bentuk tubuhnya tidak terlalu tinggi namun caramel selalu terlihat cantik karena model dan cara berpakaian-nya sangat menarik seperti pakaian perempuan London pada umumnya.Namun siapa sangka, di balik kecantikan dan keceriaan-nya, ternyata Caramel menyimpan kesedihan yang mendalam tentang mantan pacarnya. Walau hatinya sedih Caramel selalu bisa menyembunyikan kesedihan tersebut di hadapan teman-temannya. termasuk seorang Bima, yang sudah lama berteman dan diam diam memendam perasaan kepadanya.
Bima merupakan sosok sahabat sejati bagi seorang Caramel, karakter-nya dalam film ini diceritakan baik, perhatian, pengertian, suka membuat kejutan, namun terkadang juga suka membuat kesal dikarenakan tingkah spontannya yang seringkali membuat Caramel bingung dan bimbang. Bima adalah seorang lelaki dengan perawakan bertubuh besar dan tegap selalu berusaha untuk mendekati Caramel, namun sangat disayangkan Caramel tidak merespon cintanya dengan baik. Alasan yang diberikan hanya karena mantan pacarnya.
Lain halnya dengan sosok laki-laki Indonesia yang juga berkuliah di London bernama Dave. Dia adalah seorang yang tampan, kaya, dan menjadi sosok idaman setiap wanita. Gaya Hidup-nya sangat glamour dan serba mewah. Suatu hari, ketika Dave mengahadiri sebuah acara pesta ulang tahun temannya yang juga berasal dari Indonesia bernama Bayu di sebuah klub ternama yang berada di kota London. Ketika itu Dave tak berlama lama mengikuti pesta, entah kenapa ia langsung pulang, dan bergegas menyalakan mobilnya. Disaat menyusuri indahnya jalanan di kota London yang terang. Dave terkejut karena melihat seorang wanita yang mengenakan pakaian gaun pengantin berwarna putih sedang berdiri di pinggir Tower Bridge, tepatnya di jembatan terkenal di kota London.
Karena rasa penasaran, Dave berhenti dan memarkirkan mobil-nya di sisi jembatan. Saat itu , Dave sangat terkejut ketika wanita itu mulai memanjat pagar jembatan lalu ingin bunuh diri. Karena penasaran Dave segera mendatangi wanita itu. Ternyata wanita itu juga berasal dari Indonesia. Dave berusaha mencegah dengan cara menakuti-nakuti wanita itu supaya tidak jadi bunuh diri. Tetapi, wanita itu tetap saja ingin loncat. Saat wanita itu tergelincir untungnya Dave segera menolongnya. Setelah kejadian itu mereka pun berkenalan.
Dave pun jadi tahu siapa wanita itu dan apa masalahnya, wanita itu adalah Adelle. karena kelelahan Adelle tiba tiba jatuh pingsan. Rasa takut terjadi hal hal yang tidak di inginkan dave membawa adelle ke apartemen miliknya. Saat itu ketika Caramel sedang bekerja paruh waktu di kedai pizza, ketika ia membuat pizza dan berjaga di tempat kasir pembayaran, tiba-tiba seorang Bima muncul dengan membawa boneka lucu untuk memberikan sebuah kejutan kepada Caramel, lagi lagi Bima berusaha untuk mencari perhatiannya Caramel.
Sifat Bima memang tidak pantang menyerah, ia selalu berusaha untuk mendapatkan cinta dari Caramel, di saat yang sama, Bima ingin mengajak Caramel untuk pergi jalan-jalan. Awalnya Caramel menolak ajakan tersebut, namun karena tingkah Bima yang sedikit konyol, akhirnya Caramel menerima ajakan Tersebut. Di dalam apartemen milik Dave, Adelle masih belum sadarkan diri. Dave dengan suka rela menjaga Adelle. Sudah beberapa lama kemudian akhirnya Adelle sadar dan kaget saat melihat Dave.
Ketika pertemuannya dengan Dave, diketahui saat itu Adelle beniat bunuh diri di karenakan gagal menikah dengan pasangan-nya yang berasal dari London. Karena rasa putus asa, adelle pun memilih nekat bunuh diri. Dan ia berkata kepada Dave bahwa ia sudah tidak punya siapa-siapa lagi di London. Karena Dave memiliki sifat baik hati ia mengizinkan Adelle untuk sementara waktu tinggal di apartemen miliknya.
Namun, karena hal itu justru menjadi sebuah petaka bagi Dave. Sikap Adelle yang manja lagi ceroboh dibawa ketika ia tinggal di apartemen milik Dave. Apartemennya seperti layaknya kapal pecah, sejak ditinggali oleh Adelle apartemennya menjadi berantakan, melihat hal semacam itu Dave kesal kepada Adelle dan menyuruhnya untuk pergi dari apartemen. Adelle pun pergi dari apartemen milik Dave dengan membawa sisa uang yang diberikan oleh Dave, ia menggunakan uang tersebut untuk membeli baju lalu menelpon sahabatnya Bima di telepon umum, dan menyuruhnya untuk menjemput Adelle dengan meninggalkan caramel di taman tempat ia sedang jalan jalan. Bima datang dengan rasa khawatir melihat Adelle.
Bima dan Adelle sudah berteman sangat lama, Bima mengingatkan Adelle supaya tidak bunuh diri lagi. Sudah satu jam lanyanya Caramel menunggu kedatangan seorang Bima. Akhirnya Bima pun datang bersama Adelle. setelah bertemu Adelle dan Caramel langsung berkenalan, dan tidak butuh waktu yang lama untuk mereka berdua bisa saling akrab. Sampai-sampai mereka lupa kalau ada Bima bersama dengan mereka. Sejak saat itu Adelle dan Caramel bisa bersahabat dengan baik. Setelah puas jalan-jalan bersama Bima dan Adelle, Caramel langsung bergegas pulang sendiri sedangkan bima mengantar Adelle ke apartemen milik dave, dalam perjalanan caramel menuju rumah-nya, seorang pria tidak sengaja menabraknya, untungnya hanya menyerempet sedikit.
Pria tersebut ternyata Sam, yaitu sahabat Dave mantan pacar Caramel. Pria tersebut memanggil Caramel dengan sebutan Kara, seperti mantan pacarnya yang memanggilnya dengan sebutan kara. Mendengar ucapan pria itu Caramel bergegas pergi meninggalkan pria tersebut.
Seolah luka lama yang terbuka, Caramel mulai mengingat masa-masa indah bersama dengan mantan kekasihnya sewaktu mereka masih bersama sama di Pulau Bali. Hubungan itu berjalan dengan mulus dan indah yang pada akhirnya Caramel mengetahui sebuah fakta bahwasanya mantan kekasihnya sudah berencana menikah dengan wanita lain. Tanpa berpikir lama, Caramel langsung pergi dan menghilang dari kehidupan mantan kekasihnya. Rasa sedih menyelimuti caramel, karena kejadian tadi caramel menjadi tau dan tak menyangka bahwa mantan pacarnya sedang berada di London. Sejak saat itu Caramel pun memiliki niatan untuk segera kembali ke Indonesia.
Di lain waktu tepatnya di apartemen milik Dave, Dave dan Adelle sedang bertengkar hebat karena Dave sudah tidak tahan dengan sikap seorang Adelle, mendengar amarah Dave, Adelle pun pergi sambil terisak isak keluar dari apartemen Dave. Saat itu hujan sedang turun dengan lebat. Karena Dave tidak tega akhirnya ia mencari Adelle setelah berhasil menemukan adelle, Dave meminta maaf kepada Adelle lalu membawanya kembali ke apartemen Dave. Setelah Adelle mandi dan berganti baju, mereka berdua mengobrol sambil minum, mereka mengobrol dengan cukup serius dan entah kenapa tiba-tiba Adelle menyatakan perasaan kepada Dave. Seorang Dave hanya bisa terdiam melihat Adelle. Disaat bersamaan sahabat Dave datang, lalu Dave membuka pintu.
Karena rasa penasaran diam-diam Adelle menguping pembicaraan tersebut. Sahabat Dave datang untuk memberitahukan Dave bahwa seseorang yang mereka cari-cari sedang ada di London, sontak saja Dave kaget mendengar pernyataan tersebut, terlebih lagi seorang Adelle. Ternyata Selama ini, Dave sedang menunggu kehadiran seseorang wanita yang sangat ia cintai, namun seorang itu pergi tanpa memberitahu alasan apapun kepada Dave. Dave selalu berusaha untuk menghubunginya dengan cara menelepon dan menulis surat ke Indonesia. Namun usaha-nya tidak pernah membuahkan dan tidak ada balasan.
Namun tekad Dave tidak pernah terpatahkan dan ia pun pantang menyerah. Setelah mengetahui hal itu, Dave dan sahabatnya ingin mencari-cari keberadaan wanita yang dia cintai, namun mereka belum mengetahui dimana keberadaanya. Mendengar mantan kekasih Dave ada di London, Adelle merasa sedih dan Adelle pun sangat penasaran. Akhirnya, Adelle mencari waktu yang pas untuk masuk ke kamar Dave dan mencari informasi tentang mantan kekasih Dave. Adelle pun menemukan sesuatu dari kamar Dave.
Bima mendatangi rumah Caramel dengan membawa makanan kesukaan Caramel, namun bima sangat kaget karena melihat sebuah koper. Caramel ingin pulang ke Indonesia, namun Bima berusaha untuk mencegah caramel. Dengan berlutut dibawah Caramel dan menyatakan perasaan-nya kepada Caramel, namun Caramel langsung menolak tawaran tersebut. Caramel justru meminta Bima untuk mengantarnya pulang. Ketika Caramel memenuhi janji untuk bertemu Adelle di sebuah taman. Terdengarlah lagu kenangan caramel bersama mantan kekasihnya, lagu itu bercerita tentang mereka berdua. Caramel bingung lalu mencari tahu siapakah yang menyalakan music itu. Dengan Tiba-tiba mantan kekasih Caramel pun datang menghampirinya.
Adapun Adelle dan Bima hanya bisa melihat pertemuan tersebut di tempat kontrol taman. Caramel sangat kaget dan langsung berlari. Mantan kekasihnya pun mengejar caramel dan mengikutinya. Setelah lama berkejar-kejaran, akhirnya mereka berdua bicara. Karena perasaan caramel saat itu masih marah besar, caramel pun menampar mantan kekasihnya. Setelah itu Caramel pergi lagi meninggalkan mantan pacarnya. Caramel berlari dengan sekuat tenaga untuk menghindar dari mantan kekasihnya. Sampai pada suatu lampu merah, Caramel langsung menerobos jalanan yang saat itu sedang ramai, dan ketika itu sedang diikuti oleh mantan pacarnya.



Hampir saja ada mobil yang ingin menabrak mantan pacar Caramel, tapi masih bisa di hindari namun tiba-tiba ada sebuah mobil yang melaju sangat kencang dan menabrak mantan pacar Caramel. Mantan kekasih Caramel pun tertabrak oleh mobil dan tubuhnya terlempar dengan keras lalu terjatuh dengan mengeluarkan darah yang cukup banyak. Caramel pun berhasil lari dari kejaran mantan pacarnya, Adelle tiba tiba datang keruumah caramel dengan marah-marah kepadanya. Adelle langsung memaksa dan membawa Caramel menuju ke rumah sakit. Dengan bersedih Caramel dan tak menyangka mantan pacarnya terbaring di rumah sakit karena kejadian tadi.
Ketika tau Keadaan mantan kekasihnya sedang kritis dan tak sadarkan diri. Caramel menangis dengan tersedu-sedu di depan mantan kekasihnya. Terlebih lagi disaat Adelle memberikan surat dari mantan kekasihnya kepada caramel. Hatinya semakin hancur ketika membaca surat dari mantan pacarnya. Caramel pun sadar bahwa mantan pacarnya tidak bersalah, dan Caramel menyesal dengan sifatnya selama ini. Sudah Seminggu lamanya mantan pacar Caramel tak sadarkan diri. Caramel dihadapkan dengan sebuah kenyataan ketika mendengar keputusan dokter bahwa sudah tidak ada harapan hidup untuk mantan kekasihya. Dokter meminta supaya Caramel menyetujui untuk segera mencabut semua alat bantu penopang hidup mantannya kekasihnya tersebut.
Caramel menangis dan ia menolak dan tidak menyetujui perintah dokter. Adelle dan Bima juga turut bersedih ketika mendengar hal itu. Caramel pun kembali menggenggam tangan mantan pacarnya dengan erat. Lalu meminta supaya tetap bertahan, dan beberapa saat kemudian Dave pun terbangun dari koma, dan Caramel meminta maaf dan menjelaskan semua kesalah pahaman tentang hubungan mereka. Dan akhirnya mereka kembali menjalani dan memperbaiki hubungan mereka yang sudah lama rusak.

Evaluasi :
            Kelebihan : Film ini memiliki kelebihan di para pemerannya yang benar-benar menjalani perannya dengan baik, terutama Michelle Zudith yang memerankan Caramel. Asep Kusdinar  memang bukan sutradara terkenal tapi dia menggarap film ini dengan sangat baik. Dia tau mana yang harus masuk di dalam screens.
Kekurangan : ada kekurangan yang mengurangi estetika film ini, seperti Adella yang tiba-tiba mau melompat dari jembatan karena Gagal nikah.
Rangkuman :
            Bagi penyukai film yang bertema cinta namun ringan, tetapi tetap romantis. Film ini patut di tonton, banyak menceritakan tentang negeri Ratu Elizabeth, kita akan dibawa ke dalamnya, larut dalam kisah cinta tokohnya. Kita akan tersihir oleh kata-kata puitis tentang cintanya.
Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar