Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 07 Juni 2017

Banjir Bandang

Disusun oleh Warda

Pernyataan Umum
Banjir termasuk ke dalam satu dari sekian gejala alam yang secara langsung mempegaruhi kehidupan manusia, baik itu menimbulkan kerusakan secara fisik maupun mental.
Dalam pengertiannya, banjir adalah luapan air dengan debit besar yang menggenangi dan menerjang suatu daerah. Peristiwa meluapnya air tersebut kemudian masuk ke kawasan pemukiman yang dihuni oleh manusia akibat sungai sudah tidak mampu lagi menampung air tersebut.

Deretan Penjelas Sebab Akibat
Terjadinya banjir sedikitnya disebabkan oleh dua faktor; yaitu faktor alam dan faktor manusia.
Faktor alam adalah curah hujan yang tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan laut, adanya pasang naik air laut, dan mungkin karena daerahnya terletak pada cekungan yang dikelilingi perbukitan di mana jalan keluar air menjadi sempit.
Sedangkan faktor manusia adalah kegiatan penebangan hutan, buang sampah tidak pada tempatnya, sehingga saluran air tersumbat dan kemudian air meluap.
Banjir dapat menimbulkan kerugian besar bagi manusia. Banyak barang-barang berharga yang ter-rendam banjir. Sarana public porak-poranda, bahkan tidak sedikit nyawa manusia melayang sia-sia

Interpretasi
Banjir dapat menimbulkan kerugian bagi ummat manusia, oleh karena itu harus mempelajari dengan menyeluruh mengenai sebab-sebab banjir agar bisa dilakukan pencegahan sebelum bencana alam itu terjadi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar