Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 12 Desember 2015

Iwan Fals - Legenda Musik Indonesia

Disusun oleh : Fadhil Ahaddin



1.    Virgiawan Listanto atau yang akrab dipanggil Iwan Fals lahir pada 3 September 1961 di Jakarta, Indonesia. Ia anak dari pasangan Lies (ibu) asal Tasikmalaya dan ayah alm. Haryoso (kolonel anumerta) asal Jawa. Tidak tahu persis sebutan Fals disandang Tanto yang sehari-hari dipanggil ibunya dengan nama Tanto. Menurut Iwan sendiri, nama Fals muncul setelah main di Kebon Kelapa, teman-temannya memanggil dengan nama Iwan Fals. Yang terjadi adalah Iwan memakai nama Fals sebagai ekspresi kerendahan hatinya. Sementara itu, nama Iwan didapat dari temannya yang sering nongkrong dengannya. Masa kecil Iwan Fals dihabiskan di Bandung, kemudian ikut saudaranya di Jeddah, Arab Saudi selama 8 bulan. Iwan menikahi Rosanna atau yang akrab dipanggil Mbak Yos dan mempunyai beberapa anak yaitu alm. Galang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Basae, dan Rayya Rambu Robbani.

2.    Iwan Fals pernah mengenyam pendidikan di SMPN 5 Bandung, SMA BPK Bandung, STP (Sekolah Tinggi Publistik sekarang IISIP), Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Bermain gitar dilakukannya sejak masih muda bahkan ia mengamen untuk melatih kemampuannya bermain gitar dan mencipta lagu. Bermain gitar inilah merupakan permulaan dari perjalanan hidup Iwan Fals.

3.    Iwan Fals mengaku semua dimulai ketika ia di Bandung saat masih berumur 13 tahun atau masih duduk di bangku SMP. Iwan Fals belajar memainkan gitar dari teman-temannya nongkrong. Setiap kali temannya bermain gitar, Iwan suka memperhatikan hingga akhirnya nekat memainkan gitar itu namun ia malah memutuskan salah satu senarnya hingga dimarahi teman-temannya. Untuk menarik perhatian temannya, ia menciptakan lagu yang bersifat humor atau merusak lagu orang sehingga membuat temannya tertawa terbahak-bahak. Setelah merasa mampu membuat lagu sendiri, Iwan suka mengisi acara hajatan. Karir bermusik Iwan semakin terbentuk saat ada orang yang datang ke Bandung dari Jakarta yang mengenal produser musik. Iwan lalu menjual motornya untuk biaya membuat master. Iwan rekaman album pertama bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam amburadul. Tapi album tersebut gagal di pasaran dan Iwan kembali menjalani profesinya sebagai pengamen. Perjalanan karir Iwan semakin menanjak ketika bergabung dengan Kantata Takwa pada 1990 yang didukung penuh olleh pengusaha Setiawan Djodi. Konsernya pun sampai sekarang dianggap sebagai konser musik yang termegah dan terbesar sepanjang sejarah musik Indonesia.

4.    Album-album Iwan Fals diantaranya adalah Sarjana Muda (1981), Belum Ada Judul (1992), Tergila-gila (2011), dan lain-lain. Di bidang musik, Iwan banyak memperoleh penghargaan yang diantaranya adalah juara 1 Festival Musik Country (1980), Gold Record (Oemar bakri, PT. Musica Studio’s), dan lain-lain. Di luar bidang musik yaitu juara 2 Karate Tingkat Nasiona dan lain-lain.

5.  Kharisma seorang Iwan Fals sangat besar. Dia sangat dipuja oleh kaum akar rumput. Kesederhanaannya menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar di seluruh Nusantara. Perjuangan dengan lagu-lagunya ini yang berhubungan dengan protes sosial dan apa yang ada dalam isi hati meninggalkan pelajaran bagi kita semua.


 Daftar Pustaka
www.Metallicafalsmania.blogspot.co.id, diakses pada (10 Nopember 2015)
www.wikipedia.org, diakses pada (10 Nopember 2015)
www.ramadhanitommy19.wordpress.com, diakses pada (10 Nopember 2015)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar