Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 11 Desember 2015

Putri Diana – Malaikat Tanpa Sayap




Disusun oleh : Utami adelya aryati



  1. Diana Frances Spencer atau yang lebih dikenal dengan sebutan Putri Diana lahir pada tanggal 1 Juli 1961 di Park House Sandringham Estate. Dia anak bungsu dari dua bersaudara. Dia adalah seorang bangsawan keturunan raja. Ayahnya yang bernama Edward John Spencer adalah keturunan langsung Raja Charles II. Sedangkan ibunya yaitu Francess Viscountess Althorp adalah keturunan bangsawan Amerika. Saat menikah ia sudah memegang gelar kebangsawanan Princess of Wales, Duchess of Cornwall, Duchess of Rothesay, Countess of Chester dan Baroness of Renfrew. Putri Diana sangat mencintai musik klasik dan balet, ia juga perenang yang hebat.
  2. Putri cantik ini pernah mengenyam pendidikan di Riddlesworth Hall, Norfolk dan di West Heath Girl’s School di Sevenoaks, Kent, dimana dia dianggap seagai seorang pelajar berprestasi rendah. Megetahui hal ini, akhirnya pada usia 16 tahun Ayahnya memutuskan untuk memindahkan dia ke Institut Alpin Videmanette di Switzerland yaitu sekolah yang menitik beratkan pada pelajaran budaya dan mengarahkan muridnya ke organisasi sosial. Hal inilah yang menjadikannya sebagai individu yang sangat peka pada orang yang lebih lemah. Putri Diana dikenal akan pekerjaan amalnya. Sejak tahun 1989, dia menjadi presiden Rumah Sakit Great Ormond Street Hospital untuk anak-anak. Dan dia juga sangat memperdulikan para penderita AIDS. Dia adalah publik figure pertama yang terang-terangan mau bersalaman tanpa menggunakan sarung tangan dengan penderita AIDS. Dia juga melakukan kampanye yang menyerukan ketidak setujuannya dengan ranjau darat di Afrika.
  3. Ketika ia sangat sibuk dalam kegiatan sosialnya, ia berjumpa dan berkenalan dengan Pangeran Charles pada saat tengah berjalan-jalan bersama kakanya. Dari perkenalan itu, dia pun kemudian bertunangan dengan Pangeran Charles pada tanggal 24 Februari 1981 dan diteruskan dengan menikah pada tanggal 29 Juli 1981 di Katredal St Paul, London. Pernikahan mereka sangat mewah.
  4. Perkawinannya ini menghasilkan dua putra, yakni Pangeran William Arthus Philip Louis dan Pangeran Henry Charles Albert David atau Pangeran Harry. Namun selang beberapa tahun kemudian, muncul benih-benih keretakan keluarga dengan berpalingnya Pangeran Charles ke Cinta Pertamanya Camilia Parker Wales. Pada tanggal 9 Desember 1992 diumumkan oleh PM Inggris John Major bahwa pasangan itu berpisah. Akhirnya mereka berdua pun resmi bercerai pada tanggal 28 Agustus 1996.
  5. Setelah berpisah dengan pangeran Charles, dia kemudian bertemu dengan seorang pria yaitu Dody Alfayed anak dari Muhammad Fayed seorang milyarder muslim keturunan Mesir. Sepertinya Putri Diana menemukan cinta sejatinya ketika bersama Dody Alfayed. Namun takdir berkata lain. Pada tanggal 31 Agustus 1997, dia bersama cinta sejatinya mengalami kecelakaan ketika melintasi terowongan di Paris. Mobil yang Ia tumpangi hilang kendali dan menabrak dinding terowongan, ketika berusaha menghindari paparazi.
  6. Dalam kecelakaan jam 01.00 dini hari itu, cinta sejatinya dan sopirnya tewas ditempat,sedangkan Diana sempat dilarikan ke rumah sakit. Namun setelah operasi yaitu jam 4 subuh dia dinyatakan meninggal. Dia wafat dalam usia yang masih sangat muda yaitu 36 tahun. Jenazah Putri Diana dimakamkan di Althorp, Northamptonshire, England pada tanggal 6 September 1997, seminggu setelah disemayamkan . Upacara penguburannya disiarkan langsung oleh seluruh stasiun TV di dunia dan disaksikan oleh hampir 1,5 miliar penduduk di bumi.
  7. Banyaknya pemberitaan dan duka dunia atas meninggalnya Putri Diana menunjukkan bahwa dia memiliki kharisma yang luar biasa. Komitmennya terhadap kemanusiaan, dan perjuangannya mewujudkan keluarga yang berbahagia, memberikan inspirasi  dan semangat banyak orang di dunia untuk  tolong menolong dan bermakna bagi sesama membuatnya pantas untuk dijadikan inspirasi di dunia.
Daftar Pustaka :
http://www.biografiku.com/2009/09/biografi-lady-diana.html diakses pada tanggal 10 November 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar