Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 08 Juni 2018

“FANTASTIC BEASTS : PETUALANGAN FANTASTIS BERSAMA HEWAN MAGIS”


DISUSUN OLEH : TRISNA ARYANI


JUDUL FILM : FANTASTIC BEASTS AND WHERE TO FIND THEM
TAHUN RILIS : 2016
SUTRADARA : DAVID YATES
PEMAIN
1. EDDIE REDMAYNE SEBAGAI NEWT SCAMANDER
2. DAN FOGGLER SEBAGAI JACOB KOWALSKI
3. KATHERIN WATERSTON SEBAGAI TINA GOLDSTEIN
4. ALISON SUDOL SEBAGAI QUEENIE GOLDSTEIN

Orientasi 1
Film “Fantastic Beasts And Where To Find Them” disutradarai oleh David Yates dan diproduksi oleh Warner Bros. Film ini diproduseri dan ditulis oleh J.K.Rowling, merupakan spin-off dari seri film Harry Potter yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama, yaitu “Fantastic Beasts And Where To Find Them”. Film bergenre fantasi ini berdurasi 2 jam 13 menit berasal dari Inggris yang dibintangi oleh Eddie Redmayne, Dan Fogler, Katherine Waterston, Alison Sudol, Ezra Miller, Samantha Morton, Jon Voight, Carmen Ejogo, serta Colin Farrell.

Orientasi 2
Newt Scamander, seorang penyihir dan ahli Magizoologist, menyimpan berbagai hewan ajaib di dalam koper kecilnya. Secara tak sengaja kopernya terbawa oleh seorang No-Maj (manusia biasa/bukan penyihir) bernama Jacob Kowalski, sehingga beberapa hewan lepas dan merajalela di kota New York. Di saat yang bersamaan, New York sedang dalam penjagaan ketat akibat banyaknya kejadian mistis, yang dicurigai adalah perbuatan penyihir. Auror dari Kementerian Sihir MACUSA, Tina memaksa Newt dan Jacob untuk mengumpulkan kembali hewan-hewan itu sebelum menimbulkan kondisi yang semakin buruk. Sayangnya, MACUSA terlanjur menuduh hewan peliharaan Newt sebagai penyebab kekacauan ini. Akankah Newt berhasil membersihkan nama baiknya? Dan siapa sesungguhnya dalang dari keonaran yang melanda New York? 

Tafsiran Isi 1
Film ini bercerita tentang Newt Scamander yang berkunjung ke New York, Amerika di tahun 1926 dengan tujuan untuk melepaskan salah satu fantastic beasts bernama Thunderbird kembali ke habitatnya di Arizona. Tetapi, perjalanannya tidak semulus yang diharapkan. Berawal dari tertukarnya koper milik Newt dengan seorang No-Maj bernama Jacob menjadi tantangan Newt dalam mencapai tujuannya. Koper tersebut berisi hewan-hewan magis lainnya. Tanpa sengaja hewan-hewan tersebut keluar dari koper dan berkeliaran di kota New York.

Tafsiran Isi 2
Newt datang disaat yang tidak tepat, di mana saat itu sedang bergejolak sentimen anti penyihir. Orang-orang dengan kekuatan sihir diburu untuk kemudian dibunuh. Salah satu Auror dari Kementerian Sihir MACUSA yaitu Tina menuduh Newt sebagai penyebab kekacauan di New York. Tina mengira bahwa salah satu hewan milik Newt yang menyebabkan semua kekacauan di kota. Tapi, Newt menyangkal tuduhan itu karena dia tidak merasa memiliki hewan yang dimaksud. 

Tafsiran Isi 3
Walaupun film tersebut bergenre fantasi, tetapi film ini juga mempunyai pesan moral bagi para penonton untuk tidak menuduh orang sembarangan tanpa bukti yang jelas. Hanya karena orang tersebut sedang dalam masalah yang sama bukan berarti orang tersebut adalah pelakunya. Bisa saja orang tersebut hanya sebagai kambing hitam atau bahkan korban dari suatu permasalahan. Lebih baik kita mencari tahu bagaimana suatu masalah dapat terjadi dan siapa pelakunya.

Tafsiran Isi 4
Akhirnya, Tina memutuskan untuk membantu Newt dan Jacob mencari hewan-hewan milik Newt yang terlepas demi melindungi keamanan dunia sihir. Para penyihir berusaha menyembunyikan keberadaan mereka sementara ada satu penyihir kuat dari Eropa yang tidak terima dengan kondisi mereka. Gellert Grindelwald, berusaha untuk mengobarkan perang antara penyihir dan manusia biasa. Tidak sampai disitu saja, dengan ketahuannya Grindelwald sebagai penyebab kekacauan, dia tidak terima dan memutuskan untuk bertarung dengan Newt. Pertarungan sengit yang bersenjatakan tongkat sihir ini dimenangkan oleh Newt. Newt juga berhasil melepaskan Thunderbird, burung itu terbang ke langit dan menurunkan hujan yang jika mengenai No-Maj maka mereka akan lupa dengan semua kejadian yang berbuhungan dengan sihir.  

Tafsiran Isi 5
Cerita dalam film “Fantastic Beasts And Where To Find Them” inilah yang dijadikan sebagai sasaran bagi penonton terutama remaja yang menyukai film bergenre fantasi. Apalagi, bagi mereka yang sudah menonton film Harry Potter karena film ini merupakan spin-off dari film Harry Potter. Mereka pasti akan sangat menyukai film ini karena masih berhubungan dengan dunia sihir dalam film Harry Potter. Dalam film ini juga mempunyai pesan moral yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Evaluasi 
Sebagai film pertama tentang dunia sihir, film ini menawarkan petualangan yang seru dan tidak terduga sebelumnya. Selain itu, dengan cerita yang sama sekali baru, J.K.Rowling juga sekali lagi membuktikan kalau dia memang story teller yang canggih. Tidak selalu dengan setting Inggris dan dunia sihir yang kita sudah tahu, dia membawa kita ke era New York tahun 20an. Sepanjang film, kita akan dibawa berkelana dan membayangkan Amerika tahun 20-an dan dunia sihir. 
Walaupun film ini mempunyai cukup banyak kelebihan, film ini juga tidak luput dari kekurangan. Karena film ini merupakan spin-off dari film Harry Potter, maka bagi mereka yang tidak menonton film Harry Potter mungkin banyak hal yang tidak dipahami dari film tersebut. 
Film ini mencetak pendapatan sebesar US$ 75 juta. Dengan meraih angka tersebut, Warner Bros akan membuat film tersebut menjadi franchise dan menyiapkan lima seri sebagai sekuelnya. Pembuatan film Fantastic Beast sendiri menghabiskan biaya US$ 180 juta. Untuk pasar internasional, film ini telah membukukan total pendapatan sebesar US$ 143,3 juta. Film ini telah tayang beberapa pekan sebelum debut di kawasan Amerika Utara. Jika ditotal diseluruh dunia, Fantastic Beast telah mengumpulkan US$ 218,3 juta.

Rangkuman
Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa film “Fantastic Beasts And Where To Find Them” menceritakan tentang seorang penyihir yang dituduh sebagai pembuat kekacauan tetapi ternyata dialah penyelamat dunia sihir dari gejolak sentimen anti penyihir. Karena memiliki banyak pesan moral, maka film ini layak untuk ditonton oleh seluruh masyarakat. Pesan moral dari film ini bagi para penonton adalah untuk tidak menuduh orang sembarangan tanpa bukti yang jelas. Jika ada suatu masalah, sebaiknya kita mencari tahu bagaimana suatu masalah dapat terjadi dan siapa pelakunya.


Daftar Pustaka
https://id.bookmyshow.com/blog-hiburan/review-film-fantastic-beasts-era-baru-dunia-sihir-jk-rowling/
https://id.wikipedia.org/wiki/Fantastic_Beasts_and_Where_to_Find_Them_(film)
https://danirachmat.com/review-film-fantastic-beasts-and-where-to-find-them/
http://www.beritasatu.com/film/400367-film-fantastic-beast-cetak-pendapatan-us-75-juta.html
http://www.kupaman.com/review/resensi-film-fantastic-beasts-and-where-to-find-them-fantastisnya-hewan-magis-di-spin-off

Tidak ada komentar:

Posting Komentar