Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 01 Juni 2018

TEKS ULASAN FILM "CINTA SUCI ZAHRANA"

“Cinta Suci Zahrana : Sulitnya Mencari Pasangan Idaman”

Disusun Oleh : Anisa Arifah – XI Pemasaran 2


JUDUL                : CINTA SUCI ZAHRANA
TAHUN RILIS     : 2012
DURASI              : 120 MENIT
SUTRADARA     : CHAERUL UMAM
PEMAIN              : MEYDA SAFIRA (ZAHRANA), MILLER KHAN (HASAN), KHOLIDI ASADIL ALAM (RACHMAD), CITRA KIRANA (NINA), FARADHINA (LINA)


ORIENTASI

         Film yang berjudul Cinta Suci Zahrana ini bergendre drama, film yang di produksi oleh SinemArt Pictures yang terinspirasi akan sulitnya mencari pasangan hidup yang sesuai dengan keinginan, disamping itu orang tua terus menerus meminta untuk segera mendapatkan pasangan karena alasan umur yang sudah tidak lagi muda dan ingin segera menimang cucu. Film ini diadaptasi dari novel Best Seller karya Habiburrahman El Shirazy 
Film ini menceritakan tenteng seorang dosen perempuan berprestasi, bernama Dewi Zahrana. biasa dipanggil Zahrana atau Rana. Dia dosen arsirektur di Universitas Mangunkarsa, Semarang. Dia seorang perempuan ambisius di bidang prestasi dan akademik. Prestasi demi prestasi ia raih. Prestasinya tidak hanya mengangkat martabat keluarga, tetapi juga mengangkat martabat bangsa dan negara. Namun semua jerih payah dan prestasi membanggakan tersebut sedikitpun tidak membuat kedua orang tuanya bangga, terutama ayahnya yang sedang sakit jantung, mereka menyampaikan bahwa yang mereka inginkan ialah, melihat Zahrana bersanding di pelaminan dan dapat segera menimang cucu. Zahrana didera konflik batin yang hebat. Zahrana tersadar, dan ia memang sudah sangat berumur dan harus menikah. Dia pun mulai mendapat lamaran dari banyak lelaki yang sudah berumur, namun semuanya tidak ada yang pas dihatinya. Hingga pada akhirnya ia mendapatkan lelaki yang pas untuknya, namun sehari sebelum pernikahannya dimulai ia mendapat kabar bahwa sang calon suaminya itu meninggal dunia, dan dihari yang sama ayahnya pun meninngal karena mendengar kabar tersebut. Akhirnya setelah mendapatkan begitu banyak masalah, Rana dilamar seorang lelaki bernama Hasan yang jauh lebih muda darinya, dan ia menerima lamaran tersebut, dan menikah dengannya.
Film dengan durasi 120 menit ini melibatkan beberapa aktor dan aktris popular Indonesia diantaranya adalah pemeran utama film ini yaitu Zahrana yang diperankan oleh Meyda Safira, dan Hasan yang diperankan oleh Miller Khan sebagai mahasiswa yang akhirnya menjadi pasangan Zahrana.

TAFSIRAN ISI
Dimulai dari Zahrana yang diminta ayahnya untuk tidak memikirkan karir dan prestasinya terus menerus dan segera mencari pasanagn hidup, karena ayahnya mempunyai penyakit jantung dan takut tidak dapat mendampinginya di pelaminan dan ayahnya juga ingin segera menimang cucu dari Zahrana.
Pesan moral dan agama yang terkandung di dalam film ini terhitung sangat banyak. Salah satu pesan moral yang terkandung adalah sudah sepatutnya wanita harus tetap menjaga harga dirinya meskipun dicemooh oleh orang lain. Sifat Zahrana yang tegar, berpendidikan tinggi, dan berpikiran terbuka juga bisa kita teladani. Berbedanya pola pikir antara orang tua dengan sang anak juga merupakan salah satu konflik yang sering terjadi di masyarakat. Namun, Zahrana mampu melunakan suasana dengan mendengarkan nasihat dari kedua orang tuanya.
Keinginan yang kuat Zahrana dalam membahagiakan kedua orang tuanya sangat besar, hingga apapun ia lakukan untuk mendapatkan pasangan hidup agar dapat membuat kedua orang tuanya behagia. Ia sampai meminta bantuan kyai dan nyai ditempatnya bekerja agar mencarikannya jodoh, ia meminta calon yang mempunyai agama yang bagus, tidak perlu kaya ataupun berpendidikan. Ketika ia menyetujui pilihan kyai dan nyai tersebut namun takdir berkata lain, sang calon suami pun meninggal sehari sebelum pernikahan. Di akhir cerita karena kesabaran dan ketabahan Zahrana akhirnya ia mendapatkan pasangan hidup yang mencintainya dengan tulus walau umur mereka berbeda jauh.

Film Cinta Suci Zahrana ini menyimbolkan arti kesabaran dan kesucian cinta seorang perempuan bernama Zahrana. Karena film ini tidak semata-mata hanya membahas persoalan cinta saja, tetapi juga mengisahkan bagaimana seorang anak yang berbakti dengan kedua orang tuanya. Film ini sangat menarik untuk semua yang sedang mengejar karir agar tetep memikirkan pasangan untuk masa depannya
EVALUASI
      Film ini menyajikan dua kisah yang sangat berbeda, dimana pada awal film berkisahkan tentang prestasi dan karier seorang zahrana yang sedang naik atau berada dipuncaknya, namun disisi lain kedua orang tuanya ingin sekali mendapatkan menantu dan juga cucu, sehingga yang menonton film ini dapat merasakan kegalauan yang dirasakan Zahrana, karena para tokohnya pun sangat menghayati dalam memerankan perannya, sehingga tidak sedikit yang terbawa perasaannya dalam film ini.
            Makna kisah percintaan seorang Zahrana dalam film ini berhasil menguras emosi para penonton. Penyajiannya yang sangat baik, efek cahaya, penghayatan peran, dan juga latar yang mendukung. Film ini juga menyuguhkan lagu-lagu sedih yang membuat penonton tambah terbawa perasaannya. Pendapatan yang diperoleh film ini pun cukup banyak, dilihat dari banyaknya penonton di film ini. Ending bahagia dalam film ini, membuat penonton menyukainya, karena pada awal masalah yang dihadapi, tokoh utama tetap tegar dan sabar menghadapinya, sehingga ending tersebut pun sesuai dengan harapan penonton.
RANGKUMAN
         Dari paparan tadi menunjukkan bahwa film ini sangat layak ditonton, karena film “Cinta Suci Zahrana ” ini mengisahkan tentang seseorang yang sangat sabar dalam menghadapi percintaan yang sangat rumit. Dengan demi kian kita dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga, dimana kita tidak boleh terlalu fokus terhadap satu hal hingga melupakan hal penting lainnya .

DAFTAR PUSTAKA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar