Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 08 Juni 2018

"Along With Gods: Two Worlds" BELAJAR ARTI KEHIDUPAN DARI KIM JA HONG

BELAJAR ARTI KEHIDUPAN DARI KIM JA HONG
Disusun Oleh Marestika Eka Sagita



Judul : ALong With Gods: The Two Worlds
Sutradra : Kim Yong Hwa
Tayang : 5 Januari 2018
Genre : Drama, Fantasi
Adaptasi dari : Webtoon berjudul “A Long With Gods: The Two Worlds”
Karya : Joo Ho Min
Pemain :


  1. Ha Jung Woo sebagai Gang Rim
  2. Cha Tae Hyung sebagai Kim Ja Hong,
  3. Ju Ji Hoon sebagai Hae Won Maek,
  4. Kim Hyang Gi sebagai Duk Choon ,
  5. Lee jung Jae sebagai dewa kematian, 
  6. Do Kyung Soo sebagai Won Il Byung, 
  7. Kim Dong Wook sebagai Soo Hong, 
  8. Oh Dal Su sebagai Jaksa 1, 
  9. Lim Won Hee sebagai Jaksa 2, 
  10. Jang Gwang sebagai Dewa Kekerasan di Neraka, 
  11. Jung Hae Kyun sebagai Dewa Pembunuhan di Neraka, 
  12. Kim Soo Ahn sebagai Dewi Kebohongan di Neraka,
  13. Kim Hae Sook sebagai Dewi Kemalasan di Neraka,
  14. Kim Ha Neul sebagai Dewi Pengkhianatan di Neraka,
  15. Lee Kyoung Young sebagai Dewi Ketidakadilan, 
  16. Ma Dong Seok sebagai Dewa Rumah Tangga.


Orientasi 1
Film berjudul “ALong With Gods: The Two Worlds”. Sebuah film drama fantasi yang 
di angkat dari webtoon dengan judul yang sama karya Joo Ho Min. Film ini merupakan 
bagian pertama dari tiga bagian. Film “ALong With Gods: The Two Worlds”
disutradarai oleh Kim Yong Hwa. Tayang di Indonesia pada tanggal 5 Januari 2018, sedangkan di Korea Selatan tayang pada tanggal 20 desember 2017. Perusahaan yang memproduksi film adalah Realies Pictures dan Dexter Studios di distribusikan oleh Lotte Entertainment. Film ini berbahasa Korea dan berdurasi 139 menit. 

Film ini diperankan oleh Ha Jung Woo sebagai Gang Rim, Cha Tae Hyung sebagai Kim Ja Hong, Ju Ji Hoon sebagai Hae Won Maek, Kim Hyang Gi sebagai Duk Choon , Lee jung Jae sebagai dewa kematian, Do Kyung Soo sebagai Won Il Byung, Kim Dong Wook sebagai Soo Hong, Oh Dal Su sebagai Jaksa 1, Lim Won Hee sebagai Jaksa 2, Jang Gwang sebagai Dewa Kekerasan di Neraka, Jung Hae Kyun sebagai Dewa Pembunuhan di Neraka, Kim Soo Ahn sebagai Dewi Kebohongan di Neraka, Kim Hae Sook sebagai Dewi Kemalasan di Neraka, Kim Ha Neul sebagai Dewi Pengkhianatan 
di Neraka, Lee Kyoung Young sebagai Dewi Ketidakadilan, Ma Dong Seok sebagai Dewa Rumah Tangga.

Orientasi 2
Film “ALong With Gods: The Two Worlds” bercerita tentang hukum alam baka dikepercayaan Buddha mengenai karma dan reinkarnasi. Yaitu semua orang yang meninggal harus melalui 7 pengadilan selama 49 hari. Dibagi jadi 7 kategori dosa: peghianatan, kekerasan, kesalehan pembunuhan, kebodohan, tipu daya, dan ketidakadilan. Begitu almarhum membersihkan dan melewati semua 7 pengadilan dia bisa bereinkarnasi dan membuat kehidupan baru.

Tafsiran 1
Cerita ini bermula saat seorang pria yangFilm “ALong With Gods: The Two Worlds” bercerita tentang hukum alam baka dikepercayaan Buddha mengenai karma dan reinkarnasi. Yaitu semua orang yang 
meninggal harus melalui 7 pengadilan selama 49 hari. Dibagi jadi 7 kategori dosa: 
peghianatan, kekerasan, kesalehan pembunuhan, kebodohan, tipu daya, dan 
ketidakadilan. Begitu almarhum membersihkan dan melewati semua 7 pengadilan dia 
bisa bereinkarnasi dan membuat kehidupan baru.

Tafsiran 1
Cerita ini bermula saat seorang pria yang berprofesi sebagai petugas pemadam kebakaran bernama Kim Ja Hong (diperankan oleh Cha Tae Hyun) yang meninggal dunia saat berusaha menyelamatkan seorang anak yang terjebak di gedung yang dilalap api.

Ternyata dalam usaha penyelamatan tersebut, Ja Hong meninggal dunia. Sesaat setelah meninggal dunia, ia dijemput oleh 3 pengawal bernama Hewonmak (Ju Ji Hoon), Gang Rim (Ha Jung Woo) dan Deok Choon (Kim Hyang Gi). Ja Hong pun berangkat ke gerbang afterlife.

Karena bakti dan hidupnya yang banyak menolong orang lain, ia meninggal dunia sebagai Suri Teladan. Ia pun disambut meriah di gerbang afterlife. Tiga pengawal Kim Ja Hong yang akan berjuang agar ia bisa direinkarnasi.

Jika Ja Hong ingin bereinkarnasi, maka ia harus melewati 7 pengadilan di 7 neraka yang ada dalam 49 hari. Tujuh dewa di tujuh neraka itu akan mengadili Ja Hong sesuai apa yang sudah dilakukannya sepanjang hidupnya. Tujuh pengadilan yang harus 
dilewati Ja Hong adalah pengadilan pembunuhan, kemalasan, ketidakjujuran, ketidakadilan, pengkhianatan, kekerasan dan ketidaksalehan.

Tafsiran 2
Ja Hong pun bertekad melewati ketujuh pengadilan karena ia ingin bereinkarnasi dan bertemu lagi dengan ibunya yang bisu. Tapi perjalanan proses pengadilan Ja Hong harus terkendala karena ternyata adik laki-lakinya Kim Su Hong (Kim Dong Wook) meninggal dunia saat menjalani wajib militernya. Karena meninggal dengan cara tak wajar, Su Hong berubah jadi roh jahat penasaran.

Tafsiran 3
Untung ada pemimpin pengawal akhirat bernama Gang Iim (Ha Jung Woo) yang
bertugas untuk berhadapan dengan roh Sung Hoo agar perjalanan pengadilan Ja 
Hong bisa berjalan mulus. Bukan tanpa alasan, Gang Iim dan 2 anak buahnya harus menyelesaikan tugas membawa 49 orang yang sudah mati bereinkarnasi jika mereka ingin bereinkarnasi pula. Dan Ja Hong serta Su Hong adalah "klien" ke 48 dan 49 mereka.

Tafsiran 4
Ceria bertema kehidupan ini jarang dipilih sebagai tema dalam sebuah film karena terlalu banyak orang yang menganggap itu biasa. Namun sutradara mampu mengolahnya menjadi luar biasa. Beberapa adegan film diberikan kesan humoris.

Para pemain bermain dengan baik dann menghayati setiap adegan yang diperankan. Sehingga karakter dari setiap pemain benar benar terlihat. Mereka sangat mengahyati sehingga semua itu terlihat nyata dan bukan rekayasa.

Tafsiran 5
Film “ALong With Gods: The Two Worlds” sasaran penonton dari film ini adalah pemuda pemudi, orang tua. Kekurangan dalam film ini adalah cerita dalam film “ALong With Gods: The Two Worlds” terlalu bertele tele.

Evaluasi 
Film “ALong With Gods: The Two Worlds” merupakan film yang unggul dibandingkan film lainnya karena pemainnya yang berkualitas, latar tempat yang digunakan pada 
film tersebut, dan adegan yang mengharukan, dan masih abanyak lagi yang dapat membuat penonton terhipnotis oleh film “ALong With Gods: The Two Worlds”. 

Selain itu film ini dapat membuat orang terkesima karea latar pada film “ALong With Gods: The Two Worlds” sangat berbeda dengan film lainnya.

Film “ALong With Gods: The Two Worlds” memuat musik dalam film ini juga bagus sehingga dapat berkesan dalam menonton film ini. Kekuragan dalam film “ALong With Gods: The Two Worlds” ceritanya terlalu bertele-tele.
Biaya produksi film “ALong With Gods: The Two Worlds” adalah US$36,6 juta, dengan pendapatan kotor sekitar US$97 juta

Rangkuman 
Kesimpulan dari film “ALong With Gods: The Two Worlds” kematian adalah sesuatu yang pasti di kehidupan fana ini. Tak ada satu orang pun yang tahu kapan, di mana, dan bagaimana ajal akan datang. Kehidupan setelah kematian masih menjadi misteri 
umat manusia. Seperti yang dialami Kim Ja-hong (Cha Tae-hyun), seorang pemadam kebakaran yang harus gugur saat bertugas. Kematian Ja-hong sangat mulia. Dia meninggal saat menyelamatkan bocah perempuan pada sebuah peristiwa kebakaran 
besar.

Jadi dari film “ALong With Gods: The Two Worlds” kita bisa memahami makna kehidupan yang sesungguhnya, dalam film ini kita dapat mengambil hikmah untuk semua orang yang menonton film tersebut, apa yang kita perbuat di dunia akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Film ini cocok ditonton oleh pemuda pemudi agar bisa mengaharga makna kehidupan.  

SUMBER
https://id.wikipedia.org/wiki/Along_With_the_Gods:_The_Two_Worlds
https://www.rappler.com/indonesia/gaya-hidup/193258-review-resensi-film-along￾with-the-gods
http://www.sinopsisfilmindia.com/2018/03/sinopsis-lengkap-film-along-with-gods.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar