Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 01 Juni 2018

Teks Ulasan Film "5 cm"


Persahabatan Yang Erat dalam “5 cm”

Disusun Oleh :
Euis Raras Wulantia 
 

JUDUL FILM            : 5 CM            
TAHUN RILIS           : 2012
SUTRADARA           : Rizal Mantovani    
PEMAIN                    : (Zafran) Herjunot Ali, (Gentayang) Fedi Nuril, (Arial) Denny  
                                    Sumargo, (Riani) Raline Shah, (Ian) Igor Saykoji, Dinda (Pevita
                                    Pearce)

Orientasi
Film ini berjudul 5 cm yaitu bergenre drama petualangan, dan diadaptasi dari novel yang  terinspirasi dari pengalaman nyata. Film yang diproduksi oleh Soraya Intercine Films. Film ini mengisahkan tentang 5 sahabat yang bosan dengan persahabatan yang biasa-biasa saja, hingga akhirnya mereka memutuskan berpisah untuk sementara dan berjanji untuk tidak saling berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lain selama tiga bulan. Namun setelah tiga bulan berpisah, banyak kerinduan yang mereka rasakan. Dalam perpisahan singkat itu, mereka memutuskan  sesuatu yang dapat merubah hidup mereka menjadi lebih baik lagi dengan merasakan kembali pertemuan dan mendaki puncak tertinggi Jawa yaitu Gunung Semeru. Perjalanan mereka mendaki adalah untuk mengibarkan bendera merah putihtepat pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan yang membuat mereka lebih mencintai Indonesia, walaupun banyak rintangan yang dihadapi saat mendaki Gunung Semeru.
Durasi film ini 126 menit dengan 5 pemeran utama yaitu: Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji) adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan sepuluh tahun lamanya. Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada pula Dinda (Pevita Pearce) yang merupakan adik dari Arial. 

Tafsiran
Beberapa remaja yang telah menjalani persahabatan yang cukup lama, akhirnya mereka berlima marasa jenuh dengan relationship ini, dan mereka akhirnya memutuskan berpisah untuk sementara dan berjanji untuk tidak saling berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lain selama tiga bulan. Namun setelah tiga bulan berpisah, banyak kerinduan yang mereka rasakan.
Pesan moral dari film ini terlihat sekali dari persahabatan yang sangat erat. Bahwa semua pasti bisa jika ada kemauan, kerjasama yang baik dan semangat yang tinggi dari diri sendiri.
Dalam perpisahan singkat itu, mereka memutuskan sesuatu yang merubah hidup mereka berubah menjadi lebih baik lagi. Akhirnya mereka memutuskan untuk kembali bertemu dan merakan kembali pertemuan mereka dengan mendaki puncak tertinggi jawa yaitu Gunung Semeru. Perjalanan mereka mendaki gunung untuk mengibarkan bendera merah putih tepat pada tanggal 17 agustus. Sebuah perjalanan yang membuat mereka lebih mencintai indonesia.
Dalam film 5 cm ini menyimbolkan sebuah persahabatan yang sejati, mereka mampu melewati tantangan saat tidak bertemu selama 3 bulan dan mereka juga mampu bekerjasama dan melewati tantangan yang terjadi saat berada di Gunung Semeru. Ada beberapa perbedaan antara film 5 cm dan novel, di film 5 cm ada beberapa bagian yang dikurangi sedangkan di dalam  novel ending ketika Genta dan Citra menikah dan pernikahan Dinda dan Daniek diceritakan dengan detail.

Evaluasi
Film ini sangat mengagumkan dan banyak kata-kata yang memberi motivasi, karena di film ini menceritakan tentang seorang remaja dengan perjalanan hati demi mengibarkan sangsaka merah putih di puncak tertinggi jawa yaitu mahameru pada tanggal 17 agustus. Sebuah perjalanan yang penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai tanah air yaitu indonesia, petualangan dalam cerita ini bukanlah petualangan yang menantang adrenalin, demi melihat kebesaran sang ilahi diatas gunung. Music dalam film 5 cm sangat bagus dan tepat pada alur ceritanya.
Dalam film ini, saat menampilkan Gunung Semeru dan sekitarnya kurang diekspos secara luas hanya beberapa bagian saja. Ada juga kecerobohan yang mungkin hanya beberapa penonton saja yang sadar, saat Ian mengejar kereta yang sudah bergerak maju. Dia mengejar pintu yang sudah ditunggu oleh sahabatnya, tetapi dibelakang ada pintu masuk yang terbuka. Film yang disutradarai oleh Rizal  Mantovani mendapat sambutan hangat dari masyarakat karena sukses meraih 500 ribu penonton selama lima hari pemutarannya.

Rangkuman
Dari film ini, kita bisa memahami lebih dalam apa yang diucapkan oleh mereka, yaitu biarkan keyakinan kita 5cm mengambang di depan kening kita. Jangan pernah menyerah, saat kita gagal yakinkan pada diri kita bahwa masih jauh perjalanan yang harus ditempuh untuk menjadi lebih baik lagi. Jadi film ini mengajarkan kita untuk tidak mudah menyerah apapun yang terjadi. Film ini juga sangat layak ditonton karena didalamnya banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Kisah lima orang sahabat yang ingin mengibarkan bendera merah putih diatas puncak tertinggi Jawa yaitu Gunung Semeru. 

DAFTAR PUSTAKA (SUMBER WEB)
Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar