Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Desember 2014

John Walker : "Sang Penemu Korek Api"

Disusun Oleh : Galuh Dwi Istiqomah


John Walker lahir pada tanggal 29 Mei 1781 dikota Stocton on Tess, dalam kehidupan masa mudanya, ia pernah bekerja magang di Watson Alcock sebagai asisten seorang ahli bedah. Namun Walker meninggalkan pekerjaannya tersebut karena memang ia sangat tertarik dalam bidang kimia.

John Walker pernah mengenyam pendidikan di Durham dan York. Setelah itu ia memulai mendirikan sebuah bisnis kecil sebagai seorang ahli kimia dan apoteker di 58 High Street. John Walker memang sudah memiliki reputasi sebagai ahli Botani yang sering mengembangkan tentang kajian mineralogy. Pada tahun 1826 John Walker mendapatkan penemuan korek api gesek dari beberapa percobaan yang ia lakukan, setelah keberhasilan John Walker menemukan korek api ini, kemudian ia membuat sebanyak 168 korek api antara tahun 1827 hingga 1829.

Produk yang pertama John Walker keluarkan dinamai “Congreves” untuk menghormati seorang penemu dan pelopor roket pertama yang bernama Sir William Congreve korek api temuan John Walker dijual sendiri di tokonya dan lebih dikenal dengan nama “Friction Light” sejak tanggal 7 April 1827.
 
Dua tahun setelah penemuan korek api milik John Walker di publikasikan, dengan seorang ilmuan kimia lain bernama Isaac Holden melakukan perbaikan, dan pengembangan untuk menciptakan korek api yang lebih baik. Isaac Holden mendemonstrasikan hasil eksperimennya ini di Castel Academy, di Reading, Berkshine, dan beberapa sumber mengatakan bahwa Isaac mematenkan penemuannya serta menjualnya dengan nama “Lucifer Matches” korek Lucifer ini memiliki reaksi keras pada awal penyalaannya. Meski banyak kekurangannya korek api Lucifer sempat di produksi massal di Amerika oleh perusahaan milik Ezekial Byam.

John Walker tidak mematenkan penemuannya, meski beberapa ilmuan lain seperti Michael Faraday menyarankan untuk membuat hak paten atas korek api temuannya. Walker menganggap bahwa pembuatan hak paten adalah hal sepele, lagi pula ia bisa menikmati kekayaan yang dihasilkan lewat temuan korek apinya.

John Walker meninggal dunia pada tanggal 1 Mei 1858 di Stockhon, Inggris. Jenazahnya di kuburkan di halaman gereja St.Marry. sampai saat ini John Walker dikenal sebagai penemu korek api gesek pertama.

John Walker memiliki sifat yang pekerja keras dalam melakukan sesuatu, namun John Walker juga dapat dibilang orang yang sangat menyepelekan hal yang penting. Sudah sepantasnya apa yang ia ciptakan dapat digunakan oleh kebanyakkan orang di penjuru dunia. Perjuangan yang dilakukan untuk membuat korek api yang dilakukan dengan penuh kreatifitas dan dilandasi dengan semangat, oleh karena itu prestasinya dapat memberikan pelajaran berharga bagi dunia.

Diadaptasi dari :
diunduh pada 9 November 2014
diunduh pada 9 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar