Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 19 November 2015

SUSI PUDJIASTUTI - MENTERI LULUSAN SMP

Disusun oleh : Sukmawati



Orang yang meraih kesuksesan tidak selalu orang yang pintar, tapi orang yang selalu meraih kesuksesan adalah orang yang gigih dan pantang menyerah. Bagaimana caranya mewujudkan impian agar sukses, kunci sukses adalah komitmen dengan apa yang kita jalani.”

  1. Susi pudjiastuti lahir di Pangandaran,15 Januari 1965. Dia anak dari pengusaha ternak, memperjual belikan ratusan ternak dari Jawa Tengah untuk diperdagangkan di Jawa Barat. Ayahnya bernama Haji Ahmad Karlan dan ibunya bernama Hajja Suwah Lasminah. Ia sempat dua kali bercerai dan kemudian menikah dengan Christian Von Strombeck. Dia memiliki tiga orang anak yaitu Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser (dari pernikahannya dengan Daniel Kaiser) dan Alvy Xavier.
  2. Hal yang menarik dari Susi Pudjiastuti adalah ia hanya memiliki ijazah SMP. Setamat SMP ia sempat melanjutkan pendidikan ke SMA. Namun, di kelas II SMA Yogyakarta dia berhenti sekolah karena keputusannya untuk terjun kedunia bisnis. Seputus Sekolah, dia menjual perhiasannya dan mengumpulkan modal Rp.750.000 untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983.
  3. Bisnisnya berkembang hingga pada tahun 1996, Ia mendirikan pabrik pengolahan ikan PT.ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang diberi merek “Susi Brand”. Bisnis pengoalahn ikan ini pun meluas dengan pasar hingga ke Asia dan Amerika. Karena hal ini, memerlukan sarana trasportasi udara yang dapat dengan cepat mengangkut produk hasil lautnya dalam keadaan masih segar.
  4. Pada tahun 2004, Susi memustuskan membeli  sebuah Cessna Caravan seharga Rp.20 miliar menggunakan pinjaman bank. Melalui PT . ASI Pudjiastuti Aviation yang ia dirikan kemudian, satu-satunya pesawat yand ia miliki itu, dia gunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang. Call Sign yang digunakan Cessna itu adalah Susi Air.
  5. Dia menerima banyak penghargaan antara lain Pelopr Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat pada tahun 2004,Young Entreprenuer of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005 serta Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006, ia menerima Metro TV Award Economics, Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari metro TV, Indonesia berprestasi Award dari PT.Exelcomindo dan Sofyan Iiyas Award dari kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009. Pada tahun 2008, ia mengembangkan bisnisnya aviasi dengan membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT. ASI Pudjiastuti Flying School.
  6. Susi Pudjiastuti ditunjuk sebagai menteri Kelautan dan Perikanan dalam kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang ditetapkan secara resmi pada 26 Oktober 2014. Sebelum dilantik ,ia melepas semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi Air dan beberapa posisi lainya. Selain itu alasan lain ia melepas semua jabatannya adalah agar dapat bekerja keras maksimal menjalankan pemerintahannya, khususnya di bidang kelautan dan perikanan.
  7. Susi Pudjiastuti adalah seorang perempuan pekerja  kerja yang merintis bisnisnya dari bawah. Beliau sudah merintis usahanya jualan ikan di tempat Pelelengan ikan. Kegigihan beliau dan berkat prestasinya ia pun terpilih menjadi menteri Kelautan dan Perikanan.

DAFTAR PUSTAKA

1. http://daftarmenteri.blogspot.co.id/2014/10/menteri-kelautan-dan-perikanan-susi-kelautan-pudjiastuti.html  diunduh pada 11 November 2015. 
2.    http://id.wikipedia.org./wiki/susi-pudjiastuti.html diunduh pada 11 November 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar