Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 19 November 2015

Walter Hunt - Sang Penemu Peniti

Disusun Oleh : Dinda Septiani


  1. Walter Hunt lahir 29 Juli 1796, di Martinsburg, New York. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan Sherman dan Rachel Hunt. Sejak kecil, Hunt tinggal dikota kelahirannya.
  2. Ia mendapatkan pendidikan dasarnya pada sebuah sekolah kecil yang hanya memiliki satu ruang kelas. Pada 1817, Hunt lulus dari kuliah di Masonry. Setelah lulus, ia pun menikah dengan Polly Loucks dan memiliki 4 orang anak.
  3. Hunt mengembangkan karir intelektualnya dibidang usaha tekstil yang pada saat itu menjadi mata pencaharian utama masyarakat kota Lowville, sebuah kota kecil di Lewis Country, New York. Bersama saudara laki-lakinya, Hiram Hunt, ia merintis dibidang jasa permintalan wol. Namun bisnis itu tidak berlangsung lama, dikarenakan mengalami kerugian yang cukup besar.
  4. Hunt yang juga pintar dibidang mekanik ini, masih sempat menciptakan beberapa barang yang berguna bagi kepentingan publik, seperti alat pengasah pisau, tungku pembakar batu bara, mesin pembersih jalan, dan mesin pembuat surat. Namun dari hasil temuan-temuannya itu tidak dapat membantu untuk meningkatkan ekonomi keluarganya. Hunt bersusah payah untuk melunasi hutang kepada temannya, ia berpikir untuk menciptakan sesuatu yang akan menolongnya melunasi hutang itu.
  5. Suatu ketika, Walter Hunt sedang memilin potongan kabel, hingga terciptanya sebuah peniti. Pada waktu itu, peniti digunakan sebagai alat bantu untuk menyematkan kain tanpa kancing. Bahkan peniti ini biasanya dipakai untuk mengaitkan celana dengan atasan yang digunakan sebagai representasi pakaian pekerja muda saat itu. Agar tidak ditiru oleh orang lain, Hunt mematenkan peniti ciptaannya pada 10 April 1849. Karena terdesak hutang hak paten tersebut ia jual dengan harga 400 US dollar.
  6. Walter Hunt berhasil menemukan peniti yang lebih simpel, sederhana, dan aman digunakan. Dalam perkembangannya peniti digunakan sebagai gaya hidup oleh subkultur atau komunitas punk. Komunitas ini menggunakan peniti sebagai salah satu style yang populer sejak pertengahan 1970-an di Inggris Raya. Gaya itu dinyatakan pertama kali muncul berkat kreasi Richard Hell.
  7. Walter Hunt meninggal pada 8 Juni 1859, dikarenakan penyakit Pneumia. Jasadnya dikuburkan dipemakaman Green-Wood di Brooklyn, New York. Hingga sekarang masyarakat negeri paman sam mengenangnya sebagai seorang yang banyak menciptakan inovasi baru dalam bidang penemuan.
  8. Meski telah menciptakan banyak penemuan, hingga akhir hayatnya, Hunt tidak pernah menikmati hasil keuntungan dari ciptaannya sendiri.




Daftar pustaka 

http://siradel.blogspot.co.id/2010/10/walter-hunt-sang-penemu-peniti.html?m=1
https://newsdotcom.wordpress.com/2008/08/28/walter-hunt-1795-1859
Diunggah pada 16 november 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar