Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 19 November 2015

BJ.HABIBIE “Pembawa Abad Teknologi ke Indonesia"



Disusun oleh: Annisa Oktavia A.P


1.Prof.DR.Ing.H.Bacharuddin Jusuf Habibie yang biasa kita sebut dengan BJ.Habibie . Lahir di Parepare,Sulawesi Selatan 25 Juni 1936 dan sekarang berumur 79 tahun.  Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A Tuti Marini Puspowardjo.Dimasa kecil beliau telah menunjukkan kecerdasan dan semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya fisika.Dia adalah presiden RI yang ketiga. Pada tanggal 21 Mei 1998 ia mengundurkan diri dari jabatannya.BJ.habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962, dan dikaruniai dua orang putra ,yang bernama Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

2.Beliau pernah mengenyam di SMAK Dago. Dan belajar Teknik Mesin di Universitas Indonesia Bandung tahun 1954. Setelah itu melanjutkan studi Teknik Penerbangan di RWTH Achen, Jerman Barat. Tahun 1965 dia menyelesaikan studi S-3nya dan mendapat gelar Doktor Ingenieur (Dokter Teknik) dengan indeks prestasi summa cumlaude. Setelah lulus, ia bekerja di MBB Hamblurg (1965-1969).

3.Karier Habibie sebelum usia 40tahun sudah sangat cemerlang, terutama dalam desain dan kontruksi pesawat terbang. Selama bekerja di MBB Jerman, Habibie menyumbang berbagai hasil penelitian dan sejumlah teori untuk ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang thermodinamika, kontruksi, dan aerodinamika.

4. Masa ke Presidenan :
Beliau mewarisi kondisi keadaan Negara kacau balau pasca pengunduran diri Soeharto pada masa orde baru. Setelah memperoleh kekuasaan dia segera membentuk cabinet. Salah satu tugas pentingnya adalah kembali mendapatkan dukungan dari dana moneter Internasional dan komunitas Negara-negara donor untuk program pemulihan Ekonomi.

5. Langkah-langkah yang dilakukan BJ. Habibie dibidang Politik adalah:
     Memberi kebebasan pada rakyat untuk menyalurkan aspirasinya sehingga banyak bermunculan partai-partai politik baru yakni sebanyak 48 partai politik.mencabut larangan berdirinya serikat-serikat buruh independen.membentuk 3 UU yang demokratis.mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF.melikuidasi beberapa Bank yang bermasalah.

6. Penghargaan :
            Edward Warner Award dan Award Von Karman.
           Ganesa Praja Manggala Bhakti Kencana dari Institud Bandung
    
    Hasil karya yang dibuat :
          Pesawat N250 Gatot Kaca 
     Habibie dan Ainun,2009

7. Setelah ia turun dari jabatannya sebagai Presiden, ia lebih banyak tinggal di Jerman dari pada di Indonesia. Tetapi ketika era ke Presidenan SBY, ia kembali aktif sebagai penasihat Presiden untuk mengawal proses demokratisasi di Indonesia.

8. Pandangan terhadap pemerintahan Habibie pada era awal reformasi cenderung bersifat negative, tetapi sejalan dengan perkembangan waktu banyak yang menilai positif pemerintahannya. Salah satu pandangan positif itu dikemukakan oleh L. Misbah Hidayat dalam bukunya reformasi administrasi: kajian komparatif pemerintahan 3 presiden.


                   (Diakses pada tanggal 12 November 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar