Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 12 Juni 2019

Ragu Dalam Memilih Pasangan




Penyusun : Linda Hasari Yusnita
Judul Buku : Before I Met You
Penulis : Achi Tm
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Kota Penerbit : Jakarta
Tahun Terbit. : 2017
Jumlah Halaman : 344

Mencari seseorang dijadikan pasangan hidup tentu saja tidak mudah. Banyak faktor penentu yang membuat kita akhirnya memutuskan seseorang itu layak menjadi pasangan hidup kita. Karena bagaimana pun pernikahan itu bukanlah suatu permainan, jadi memilih pasangan juga bukan main-main. Sebuah kisah romansa religi yang membawamu ke sebuah perenungan tentang hakikat cinta sesungguhnya, tentang jodoh, dan tentang menerima pasangan kita apa adanya. Tentang pilihan terbaik diantara yang baik. Selalu dekatkan diri sama Allah SWT, selalu jadikan agama sebagai tuntunan dalam melakukan sesuatu, insya allah hidup akan lebih terarah.

Tasya adalah seorang muslimah yang bekerja disebuah perusahaan arsitektur, bernama DNA. Tasya memiliki calon suami bernama Zakki dan sahabat bernama Diandra. Namun, ketidakpastian hidup Zakki yang seorang freelancer dan hampir tidak pernah ada ketika dibutuhkan oleh Tasya membuat Tasya meragukan diri untuk menikah dengan Zakki. Lalu, datanglah seorang lelaki yang lebih mapan secara finansial, bernama Arya, yaitu bos Tasya sendiri di perusahaan tersebut. Secara singkat, buku ini menceritakan bagaimana kebingungan Tasya dalam memilih antara dua lelaki tersebut, berbekal surat-surat masa lalu ibunya bersama mantan pacar ibunya.

Cerita dibuka dengan ‘surat pertama’ untuk si wanita bermata ibu dari Danang pada tahun 1984 sebagai awal perkenalan antara keduanya yang hanya terjalin melalui surat. Before I Meet You diceritakan dari sudut pandang orang ketiga dari sisi Tasya sebagai pencerita, membuat pembaca lebih dekat dan bisa ikut merasakan kegalauan Tasya terhadap keputusannya untuk menikah karena beberapa fakor yang menjadi pertimbangannya sebelum mengambil keputusan dan masalah masa lalu ibunya yang ternyata cukup rumit yang ternyata juga berpengaruh sama arti sebuah pernikahan yang sesungguhnya versi Tasya. Penggayaan cerita yang menggunakan alur maju-mundur membuat pembaca semakin tertarik dan tidak bisa meninggalkan setiap lembarnya sebelum menuju ending. Untuk ilmu-ilmu islamnya saya rasa tidak berbeda jauh seperti yang kita alami di dalam kehidupan kita sehari-hari. Seperti pertemanan antara Zakki, Kinanti, Sarah dan Bimo yang membawa lingkaran pertemanan mereka untuk lebih dekat kepada Tuhan dan saling sharing tentang agama.

Tasya memang mempunyai karakter yang labil, dan lambat berpikir. Untuk menemukan hubungan antara Danang, Rani dan Artha dia butuh waktu lumayan lama. Padahal tiga nama itu berperan penting dalam jalam hidupnya Tasya. Atau ketika dia menerima undangan pernikahan Kinanti dan Zaky, memperjelas kalau Tasya memang tidak mengenal orang2 di dekatnya dengan baik. Satu yang saya suka dari novel ini adalah karakter Zakki yang teguh dan mampu menahan diri.

Saya sangat merekomendasikan buku kedua penulis yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama ini. Bagi yang sedang mencari bacaan romance dengan bumbu islamnya yang tidak menggurui dan memberi banyak pengetahuan tentang bagaimana seharusnya dalam kriteria mencari jodoh.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar