Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP ANAK

Disusun Oleh : Putri Salwa Alivah

Pernyataan Umum
            Sudah banyak kita mendengar berita di Indonesia maupun mancanegara tentang pelecehan seksual terhadap anak. Ini sungguh membuat miris bagi penerus bangsa kita dan membuat khawatir terhadap adik-adik / saudara-saudara kita. Bukan hanya khawatir menjadi korban, kita juga harus khawatir adik-adik / saudara-saudara kita jadi pelaku dari perbuatan yang tidak baik tersebut. Pelecehan seksual terhadap anak sendiri itu adalah suatu bentuk penyiksaan anak di mana orang dewasa atau remaja yang lebih tua menggunakan anak untuk rangsangan seksual.
            Menurut KPAI Komisi Perlindungan Anak Indonesia pada tahun 2013 – 2014 kasus ini meningkat 100%.  Modus yang terjadi pun setiap tahun makin beragam dan aneh. Selain itu kemajuan teknologi dan kurangnya pengetahuan orangtua dalam mengasuh dan mendidik anaknya, lingkungan pun dapat menjadi penyebabnya. Hal yang tidak terduga pun dapat terjadi.


Sebab – Akibat
            Pelecehan seksual pada anak banyak sekali penyebabnya, bukan hanya dilakukan oleh orang luar rumah saja bahkan sekarang pun dapat terjadi dari orang di rumah. Berikut penyebab terjadinya pelecehan seksual terhadap anak, yaitu riwayat pelecehan seksual masa lalu, dimana seseorang mempunyai sejarah pelecehan seksual pada masa anak-anak, keluarga yang tidak harmonis yang menimbulkan rasa kurang kasih sayang sehingga melampiaskan permasalahan kepada orang lain, kurangnya pendidikan moral dan agama, kelainan seksual dari pelaku yang menyebabkan selalu ingin melakukan perbuatan untuk menyalurkan hasrat seksualnya, kontrol pengawasan anak yang kurang baik dalam bermain teknologi dan pengaruh lingkungan yang bebas.
Akibat yang ditimbulkan dalam kasus ini sangat mempengaruhi psikologi korban,
baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Dampak yang terjadi dapat membuat korban menjadi mudah emosional, depresi, gangguan stress pasca trauma, kegelisahan yang berlebihan, rasa rendah diri yang buruk,  dan ganggguan identitas pribadi. Akibat dari ini pun bisa menggangu korban dalam masalah sekolah maupun pelajaran, mengakibatkan korban mudah menyalahgunakan obat-obatan terlarang, perubahan perilaku seksual, dan bahkan bisa sampai menyakiti hewan ataupun diri sendiri yang mengakibatkan korban frustasi dan bunuh diri.
Pelecehan seksual terhadap anak memang sudah ada sejak dahulu baik itu di Indonesia maupun di mancanegara. Pelecehan seksual anak telah mendapatkan perhatian publik dalam beberapa dekade terakhir dan telah menjadi salah satu profil kejahatan yang paling tinggi.



Daftar Pustaka :


Diakses pada Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar