Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

Puting Beliung





Disusun oleh: Mahdya Amalia Putri (XI-TN1)



 
Image result for puting beliung
Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5menit, angin puting beliung juga disebut orang awam sebagai angin leysus,  dan di Sumatera disebut angin Bohorok.
Angin puting beliung tejadi biasanya bermula dari udara terasa panas dan gerah, munculnya awan putih yang bergerombol dan berlapis-lapis dilangit dimana diantara awan tersebut ada salah satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna putih abu-abu yang menjulang tinggal secara visual mirip kembang kol. Lalu berubah warna dari warna putih menjadi warna hitam pekat yang biasa disebut awan comulonimbus. Kemudian ranting pohon dan daun bergoyang cepat karena tiupan angin yang terasa sangat dingin diiringi hujan serta angin kencang. ada beberapa akibat dari kejadian puting beliung yang menimbulkan kerusakan tidak ringan, bahkan menimbulkan kerugian diruang publik untuk kehidupan, dampak dampak yang ditimbulkan seperti, kerusakan rumah warga, menimbulkan korban jiwa, kerusakan kebun warga, dan menghambat ekonomi warga.
Proses terjadinya puting beliung sangat terkait erat dengan fase tumbuh awan Cumulonimbus (Cb), Pada Fase Tumbuh dalam awan terjadi arus udara naik ke atas yang kuat. Hujan belum turun, titik-titik air maupun kristal es masih tertahan oleh arus udara yang naik ke atas puncak awan. Pada Fase Dewasa/Masak titik-titik air tidak tertahan lagi oleh udara naik ke puncak awan. Hujan turun menimbulkan gaya gesek antara arus udara naik dan turun. Temperatur massa udara yang turun ini lebih dingin dari udara sekelilingnya. Antara arus udara yang naik dan turun dapat timbul arus geser yang memuntir, membentuk pusaran. Arus udara ini berputar semakin cepat, mirip sebuah siklon yang menjilat bumi sebagai angin puting beliung. Terkadang hujan deras yang membentuk pancaran air (water spout). Pada masa terakhir tidak ada massa udara naik. Masa Udara yang turun meluas diseluruh awan.Kondensasi berhenti, udara yang turun melemah dan berakhirlah pertumbuhan Awan CB.


Daftar Pustaka:

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar