Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Selfie


Disusun Oleh: Sonia Vitaloka


Selfie yaitu memotret diri sendiri atau lebih diambil melalui kamera handphone dan kemudian diupload ke media sosial. Menurut sejarah, mengabadikan diri sendiri dengan perangkat elektronik atau dalam bahasa inggris dinamakan self-potrait disingkat selfie dilakukan pertama kali oleh seorang bernama Robert Cornelius pada tahunn 1839.

Pada tahun 2013 "Selfie" telah menjadiaa hal yang biasa untuk dipantau atau dimasukkan dalam online oxford English Dictionary. Dimana kata tersebut bahasan dari Australia. Kata selfie kemudian juga dialih bahsakan menjadi bahsa indonesia yaitu Swafoto sering dikatakan dengan narasisme, terutama dalam jejaringan sosial.

Dari kacamata Pisikologi, fenomena selfie dianggap psikologi dari konsumen yang adanya supply dan demand. Seperti pertanyaan dari pisikologi Kasandra Purtanto jika selfie merupakan hal supply dan demand. Deman ketika ada seseorang yang ingin menampilkan gambar dirinya sendiri sedangkan itu didukung dengan adanya (Supply) kecanggihan dari gadget masa kini. Sedangkan menurut Prof. Sherry Trukle dari massachussets institude or Ttechnology, selfie adalah seperti pada umumnya yang berfungsi untuk mengabadaikan sebuah momen yang kemudian diperhatikan pada orang lain.

Pengalaman Prof. Trukle dalam mempelajari hubungan antara manusia dengan manusia dengan mobile techonology selama 15 tahun menyimpulkan bahwa orang-orang tidak lagi merasa menjadi dirinya sendiri tanpa berbagai pemikiran dan perasaan, sekalipun hal itu, belum jelas bagi mereka sendiri. Ia pun mengatakan selfe mengakibatkan banyak orang mengabadikan hal yang sedang terjadi sekitarnya karena lebih mementingkan mendokumentasikan momen tersebut tanpa ingin melewatkannya.

Pernahkah Anda bertanya beberapa jumlah selfie yang "Bergentayangan" dijagat maya setiap hari? Bisa jutaan ratus ribu juta poto. Sebab, perangkat Android saja jumlahnya mencapai 93 juta foto per hari. Gegeap gempita foto selfie memang tidak akan habis untuk didiskusikan. Tren poto narsis diri ini sepertinya akan terus langgeng.


Sumber:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar