Sabtu, 22 November 2014

Abraham Lincoln: Emansipasi Membebaskan Perbudakan

Oleh: Radja Jabinil Azhar


Lincoln lahir pada 12 febuari 1809, di sebuah pondok kayu atau di kabin log satu kamar di hardin county, Kentucky, keluarganya pindah ke Indiana selatan pada 1816. Lincoln pendidikan formal terbatas pada tiga periode singkat di sekolah setempat , karena ia harus bekerja untuk keluarganya. Pada 1830, keluarganya pindah ke macon county di Illinois selatan, dan Lincoln mendapat pekerjaan mengangkut barang perahu rakit sungai menyusuri sungai Mississippi ke new Orleans.

Lincoln belajar sendiri hokum, melewati pemeriksaan pada tahun 1836.Tahun berikutnya ia pindah ke ibukota Negara baru bernama springfield. Beberapa tahun berikutnya ia bekerja sebagai pengacara. Dia bertemu mary todd, Kentucky belle dengan banyak pelamar (termasuk saingan politiknya di masa depan Lincoln , Stephen douglas ). Dan mereka menikah pada tahun 1842. Lincoln road ke gedung putih

Lincoln memenangkan pemilihan ke DPR  AS pada tahun 1846.Lincoln tidak populer dengan Illinois pemilih untuk sikap kuat terhadap perang AS dengan meksiko. Ia kembali ke springfield pada tahun 1849. Acara bersekongkol untuk kembali ke politik nasional. Namun douglas seorang democrat terkemuka di kongres, mendorong melalui Kansas-nebraska 1854. Yang mengatakan bahwa bukan pemerintah federal memilih hak untuk memutuskan apakah wilayah tersebut harus menjadi budak/bebas. Pada 16-10-1854. Lincoln pergi sebelum kerumunan besar di pegria untuk perdebatan dan ekstensi dan memanggil lembaga pelanggaran prinsip paling dasar dari deklarasi kemerdekaan.

Dengan partai whig di reruruntuan , Lincoln bergabung dengan republic baru partai terbentuk sebagian besar bertentangan dengan perbudakan kedalam wilayah tahun 1858. Berlari untuk ikut serta lagi tahun itu(ia telah berkampanye namun gagal untuk kursi pada tahun 1855 juga). Juni, Lincoln sekarang terkenal “rumah yang terbagi” pidato, dia mengutip dari injil keyakinannya bahwa “pemerintah ini tidak bias bertahan, setengan budak dan setengah bebas”.

Lincoln kemudian squrid off melawan douglas dalam serangkaian debat meskipun ia kalah dalam pemilihan, kinerja Lincoln membuat reputasi nasionalnya naik. Profilnya naik lebih tinggi pada awal 1860, ia menyampaikan pidato meriah di new York city cooper inion. Itu mei, partai republic memilih loncoln sebagai kandidat presiden, melewati senator William h.seward of new York dan pesaing lainnya.

Dalam pemilihan umum , Lincoln lagi-lagi menghadapi douglas,yang mewakili partai democrat utara : demokrasi selatan telah dinominasikan johnc. Breckenridge of Kentucky sementara jalan bell berlari untuk merek baru uni partai konstitusi. Dengan Breckenridge dan bell membela suara di selatan, Lincoln memenangkan sebagian besar utara dan membawa elektual. Setelah ketegangan sectional, pemilih suatu northerner anti slovery sebagai presiden ke 16 amerika mendorong orang selatan atas tepi jurang,Lincoln diresmikan maret 1861 tujuh Negara bagian selatan yang memisahkan diri dari uni dan membentuk konfederasi serikat amerika.lincoln merintahkan armada kapal union memasok cordina selatan dan sumten di bulan april,konfederasi menembaki kedua benteng dan armada union, mulai perang saudara. kemenangan uni cepat pupus oleh kekalahan di bullrun (mahassas). Lincoln menyerukan 500.000 tentara lebih karena kedua belah pihak menetap untuk konflik panjang.

Pemimpin konfederasi Jefferson douis adalah lulusan west point. Pahlawan perang meksiko dan mantan sekretaris perang. Lincoln periode singkat di hawk perang hitam 1832 untuk kreditnya. Dia mengejutkan lebih dari pemimpin perang yang mampu, jenderal George mcclellan meskipun dicintai pasukannya, Lincoln  terus frustasi dengan keengganannya. Kemenangan uni di antitan September 1862. Lincoln menuai kritik karna menangguhkan kebebasan sipil. Termasuk hak habeas corpus. Ia menganggap diperlukan untuk memenangkan perang.

Proklamasi emansipasi dan gettysborg address, yag mulai berlaku pada tanggal 1 januari 1863, membebaskan semua budak di Negara pemberontak meninggalkan orang di Negara perbatasam(setia pada union) di perbudakan. Lincoln pernah menyatakan bahwa ia “objek penting dalam perjuangan ini adalah untuk menyelamatkan uni. Untuk menghancurkan perbudakan: ia menganggap emansipasi sebagai prestasi besar. Akan berdebat untuk bagian amandemen konstitusi melarang perbudakan. (akhirnya disahkan sebagai amandemen ke 13 setelah kematiannya pada tahun 1865.

Dua kemenangan uni penting pada juli 1863 –di visksborg mississi jenderal George meade melewatkan kesempatan memberikan pukulan final melawan  tentara lee ua gettsburg , Lincoln sebagai panglima temtara tertinggi pasukan uni November 1863. Lincoln menyampaikan pidato singkat hanya 272 kata. Pada upacara perresmian untuk pemakan nasional baru gettsburg. Diterbitkan luas, gettsybug addrees facin menyatakan tujuan perang,  harking kembali ke pendiri bangsa, deklarasi kemerdekaan dan mengejar kesetaraan manusia.ini menjadi pidato paling terkenal dari presiden Lincoln, dan salah satu pidato yang paling banyak di kutip dalam sejarah kemenangan dan kematian.

Tahun 1864, Lincoln menghadapi pertempuran pemilihan keras terhadap calon democrat, bekas uni jenderal George mcclellen. Tapi kemenangan union dalam pertempuran terutama menagkap William t.sherman dari Atlanta pada bulan September. Dalam pidato pelantikan kedua, tanggal 4 maret 1865 , Lincoln membahas kebutuhan merekonstruksi selatan dan membangun kembali uni.”dengan niat jahat terhadap hone” dengan amal untuk semua

Sebagai Sherman berbaris penuh kemenangan utara Carolina, lee menyerah kepada grant di apromattdo courr house pada 9 april kemenangan union dekat,Lincoln menyampaikan pidato di halaman gedung putih 11 april mendesak para pendengarnya untuk menyambut Negara selatan kembali ke flip. Tragisnya, Lincoln tidak akan hidup membantu visinya rekonstruksi. Pada malam 14 april . actor simpaisan john wikes booth menembak di titik kosong di belakang kepala . Lincoln dibawa ke sebuah kos dan meninggal di pagi hari( 5 april).

Sifat Lincoln sangatlah baik karena ia mau memperjuangkan hak atas kebebasan hidup.dia telah berjasa karna telah membebaskan orang kulit hitam yang dahulunya menjadi budak sekarang telah setara oleh orang-orang kulit putih lainnya.prestasinya tidak lain tidak bukan ialah membebaskan perbudakan di amerika.


Sumber Refrensi :
www.biography.com/.../abraham-lincoln
 www.whitehouse.gov/about/.../abrahamlincoln

Tidak ada komentar:

Posting Komentar