Selasa, 02 Mei 2017

Gerhana Bulan

DiSusun Oleh : Rizky Aulia Putri

 

Pernyataan Umum :
Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi apabila bulan beroposisi dengan matahari. Gerhana bulan terjadi ketika matahari, bumi dan bulan terletak pada satu garis sehingga bayangan bumi menutupi sebagian atau keseluruhan bulan. Gerhana bulan yang terjadi di bumi dibedakan beberapa jenis, yaitu :
a.     gerhana bulan total dibagi 2:
-gerhana bulan negative : bulan akan berada tepat pada daerah NTT
-gerhana bulan positif : bulan melalui titik pusat daerah umbra.
b.      gerhana bulan sebagian : bumi seluruhnya menghalangi bulan dan sinar matahari.
c.     gerhana bulan penumbra : seluruh bagian bulan berada di penumbra.

Urutan Sebab akibat
            
             Karena fenomena gerhana bulan muncul apabila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Namun, oposisi bulan dengan matahari tidak selalu menghasilkan fenomena bulan purnama. Mengapa? Sebab kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°. Ada saatnya dimana terjadi perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, yang akan menyebabkan dua titik atau lebih dikenal dengan node. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titk ke titik oposisi lainnya.

Ketika terjadi gerhana bulan terkadang penampakan bulan masih dapat terlihat. Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang masih tersisa berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer bumi. Sinar matahari yang dibelokan memiliki spectrum cahaya kemerahan.

Akibat adanya gerhana bulan sebagian masyarakat (yang masih primitif) mengira bahwa terjadinya gerhana karena bulan dimakan oleh semacam makhluk raksasa. Padahal dalam konteks nyatanya gerhana bulan merupakan fenomena alam yang lumrah dan sering terjadi 2-4 kali dalam setahun. BMKG menyebutkan tidak ada dampak khusus akibat fenomena ini, hanya saja kemungkinan besar air laut dan gelombang pasang akan sedikit mengalami peninggian, tetapi masih batas normal.
 

Daftar Pustaka :
·       http://www.eduspensa.com
                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar