Sabtu, 04 Juni 2016

kalau cinta jangan setengah-tengah

KALAU CINTA JANGAN SETENGAH-SETENGAH
Disusun oleh : Dedeh Destriana Putri


 
Image result for refrain


Judul Film            : Refrain
Tahun                   : 20 Juni 213
Sutradara            : Fajar Nugros
Produser             : Ody Mulya
Skenario              : Haqi Achmad
Music                    : Addie MS
Pemain :
-          Afgansyah Reza (Nata)
-          Maudy Ayunda (Niki)
-          Maxime Bouttier (Oliver)
-          Chelsea Islan (Annalise)
-          Stevani Nepa (Helena)
-          Sheila Tohir
-          Aditya Firmansyah

Orientasi :
Refrain adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 20 Juni 2013. Disutradai oleh Fajar Nugros. Produser film tersebut adalah Ody Mulya. Skenario film ini ditulis oleh Haqi Achmad. Film ini dia daptasi dari novel yang ditulis oleh Winna Efendi. Film ini dibintangi oleh Afgansyah Reza, Maudy Ayunda, Maxime Bouttier, Chelsea Islan, Stevani Nepa, Sheila Tohir, Aditya Firmansyah. Durasi film ini 110 menit.
Tafsiran :
tafsiran 1
1.       Refrain bercerita tentang perjalanan niki dan nata dalam menemukan cinta mereka. Persahabatan mereka dimulai dari usia 6 tahun, hampir setiap hari mereka menghabiskan waktunya bersama. Tempat trampoline menjadi saksi bisu awal persahabatan mereka dimulai. Banyak kisah, dan juga banyak hal yang telah mereka habiskan bersama di tempat itu. Dan trampoline itu, merupakan benda pembatasan antara rumah nata dan niki. Nata adalah seorang laki-laki yang pintar, sangat cuek terhadap keadaan sedangkan niki adalah seorang perempuan centil, energik, bandel, riang, cantik dan hanya dia yang bias membuat hidup nata menjadi berwarna. Mereka tumbuh bersama, dan tibalah saatnya mereka masuk SMA.

2.       Setelah bertahun-tahun bersahabatan, ada warna yang berbeda saat Niki dan Nata menginjak bangku SMA. Ada sosok Annalise, siswa baru yang ternyata ibunya seorang model terkenal.Ada Oliver kapten basket tampan yang memikat Niki. Dan Helena kapten Cheerleaders yang tidak pernah mau kalah. Nata berhasil menunjukkan bakat bernyanyinya di atas panggung, semua itu berkat paksaan, dukungan, dan motivasi besar yang diberikan Niki untuk Nata.

Di masa itu pula, Niki dan nata menemukan cinta untuk pertama kalinya.Niki untuk Oliver, dan Nata untuk Niki. Mereka juga tidak lupa dengan janjinya dulu yang dibuat oleh mereka apabila di antara mereka telah merasakan jatuh cinta harus saling memberitahu, ketika nata ingin mengatakan perasaan kepadaNiki, tetapi terhalang oleh Niki yang menyatakan bahwa dirinya telah jadian dengan Oliver.

Setelah itu kehidupan disekolah menjadi suram. Niki memilih berteman dengan rombongan Helena sedangkan Nata dan Annalise tetap berteman namun berjauhan. Nata mencoba berbicara dengan Niki tetapi Niki mencoba melupakannya.

Tak  lama kemudian tibalah Ujian Nasional. Ketiga sahabat yang terpecah ini lulus, namun Niki tetap mempertahankan sikapnya untuk melupakan nata.Tibalah malam promnight, di situlah semuanya terbongkar bahwa oliver cowok tidak baik-baik. Oliver menduakan Niki dengan Helena.Nata pun kesal akhirnya dia memukul muka Oliver dan mengajak Niki untuk pulang.Kini Niki menyadari bahwa Nata benar-benar menyayanginya namun di saat itulah Nata berkata bahwa ia harus pergi ke Austria besok. Esoknya Niki bangun kesiangan namun segera menuju ke kamar Nata, Namun sayangnya Nata telah pergi dan hanya meninggalkan surat di dalam sebuah amplop biru. Niki segera membacanya dan dari surat ini lah ia menyadari bahwa Nata benar-benar menyayanginya dengan sungguh-sungguh.

5 tahun kemudian Niki memilih untuk menyusul Nata ke Austria.Walaupun harus kehilangan koper dan tersesat ia akhirnya menemukan Nata sedang bermain piano. Setelah itu Niki menunggu di luar hingga Nata melihatnya.Mereka kemudian jalan-jalan dengan sebuah kereta kuda, dalam perjalanan Niki memberikan surat di dalam sebuah amplop merah yang isinya adalah “it’s always been you too”, sebuah jawaban untuk apa yang diharapkanNata selama ini. Film ini berakhir dengan kebahagiaan mereka setelah membaca surat itu di kereta kuda.

3.       Film yang dibintangi oleh Maudy Ayunda dia berhasil membawa karakter Niki yang tidak jauh beda dengan karakter di film sebelumnya. Fashion Niki yang cantik dan menarik. Charisma Afgan juga cukup bermain. Film refrain berhasil menggambarkan emosi yang khas remaja dan bias member pelajaran lebih tentang arti persahabatan

4.       Setiap scane dapat ditebak dengan mudah. Afgan belum berhasil memunculkan karakter Nata. Sisi romantisnya tidak tersentuh. Mungkin kekuatan film ini terletak pada citra Maudy dan Afgan.

Evaluasi
Film ini sangat menceritakan remaja sekali, karena dari settingan di masa-masa SMA.Film yang sangat menarik dan cocok untuk remaja masa kini mungkin banyak yang mengalami kisah seperti Nata dan Niki.Mengapa oliver harus menghianati Niki dan kemanakah perginya Anna,kenapa sosok Anna tidak dijelaskan perginya kemana

Rangkuman
 Refrain termasuk film yang identic dengan kalangan remaja menunjukkan tentang percintaan sahabat. Persahabatan sejati adalah persahabatan yang selalu tulus dan selalu memaafkan. Persahabatan yang tidak pernah lekang oleh waktu dan tidak dipenuhi oleh kemunafikan dan keegoian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar