Kamis, 19 November 2015

STEVE JOBS: Pendiri Apple, perusahaan IT terinovatif di dunia

Disusun oleh: Tri Wahyu Lestari


  1. .Steve Jobs atau Steve Paul Jobs terlahir dengan nama Abdul Latief Jendali. Ia lahir lahir dari seorang Ayah yang berkebangsaan Suriah yang bernama Abdulfattah Jendali dan Ibunya yang berkebangsaan Amerika Serikat Joanne Simpson. Ayah biologisnya adalah seorang professor ilmu politik dan ibunya seorang patolog bahasa wicara. Steve Jobs kemudian di adopsi oleh Paul dan Clara sepasang suami istri dari California yang kemudian mengganti dengan nama beken Steve Jobs. Steve Jobs lahir tanggal 24 Februari  1955 di San Fransisco, California, USA. Ia memiiki saudari biologis bernama Mona Simpson yang terkenal sebagai novelis.
  2. Semasa kecil, Steve Jobs tidak menunjukan hal yang luar biasa alias seperti kebanyakan anak kecil lainnya. Ia sekolah di Junior High School dan Homestead High School di California. Tahun 1872 Steven Jobs berhasil tamat dari sekolah menengah atasnya dan kemudian meneruskan ke Reed College di Portland, Oregon. Saatn menjadi mahasiswa itulah pikiran kritisnya mulai menanyakan hal-hal seperti, apakah benar ini yang aku inginkan, apakah kuliah ini member jawaban akan maenjadi apa besok. Enam bukan ia bertahan sebagai mahasiswa edan akhirnya ia membuat keputuan besar, suatu keputusan yang sangat mempengaruhi karirnya dimasa depan. Ia memilih DO. Namun iatetap mengikuti perkuliahan yang ia sukai dan ia anggap butuh di kemudian hari. Ia mengikuti kelas kaligrafi.
  3. Pada tahun 1974 Steve Jobs diterima kerja sebagai teknisi di perusahaan yang mendesain circuit board, Atari. Dari siniliah kepiawaiannya tentang computer semakin terasah, ia memutuskan bahwa dunia yang dicarinya telah ia temukan yaitu dunia komputer. Pada tahun 1976 Steve Jobs mengajak team lamanya Steve Wozniak untuk mendirikan perusahaan IT dengan logo terkenalnya yaitu apel putih yang tergigit. Ya perusahaan itu adalah Apple. Pada tahun yang sama Jobs bersama pendiri pendamping Apple Steve Wozniak, Mike Markkula dan lainnya, merancang, mengembangkan, dan memasarkan salah satu jajaran computer pribadi pertama yang sukses secara komersil yaitu Seri Apple II.
  4. Pada awal 1980 an Jobs termasuk orang-orang yang pertama kali melihat potensi komersial dari antarmuka pengguna grafis yang digerakkan tetikus PARC Xerox yang kemudian mendorong pembuatan Macintosh. Setelah kalah melawan keputusan dewan direktur tahun 1984, Jobs mengundurkan diri dari Apple dan mendirikan NeXT sebuah perusahaan pengembangan platform computer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis. Pembelian NeXT oleh Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan bersama , dan ia menjabat sebagai CEO-nya sejak 1997 hingga 2011.
  5. Tahun 1986 ,ia mengambil alih divisi grafis computer Lucasfilm Ltd yang kemudian menjadi  Pixar Animation Studios. Ia menjadi CEO dan pemegang saham terbesar sebanyak 50,1% sampai diambil alih oleh The Walt Disney Company tahun 2006. Karena itu pula Jobs menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Disney sebanyak 7% dan anggota Dewan Direktur Disney . setelah mengundur diri sebagai CEO pada 24 Agustus 2011, Jobs terpilih sebagai ketua dewan direktur Apple.
  6. Pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia di California pada usia 56 tahun, 7 tahun setelah didiagnosis menderita kanker pankreas. Pada waktu kematiannya , ia dikenal luas sebagai visioner, perintis dan jenius dalam bidang bisnis, inovasi, dan desain produk, dan orang-orang yang berhasil mengubah wajah dunia modern, merevolusi enam industri yang berbeda, dan “contoh bagi semua eksekutif”. Ia adalah sosok pekerja keras, yang dapat memotivasi generasi muda agar dapat terus berinovasi di bidang teknologi.





DAFTAR PUSTAKA
http;//biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id/2013/09/biografi-steve-jobs-pendiri-apple.html)
http://id.wikipedia.org/wiki/Steve_Jobs)
 Diakses pada 8 November 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar