Kamis, 19 November 2015

Leonardo Da Vinci – Genius Universal Pelukis Mona Lisa

 Disusun oleh: Achmad Syihabudin, XI TN2

   1.Leonardo da Vinci; lahir di Vinci, provinsi Firenze, Italia, 15 April 1452. Leonardo merupakan anak dari Ser Piero Da Vinci  dan Caterina. Nama lengkapnya adalah Leonardo di Ser Piero da Vinci yang berarti Leonardo putra Ser Piero dari kota Vinci.
  
  2.Pada usia belia, Leonardo sudah belajar melukis dengan Andrea del Verrocchio dan mulai melukis di Firenze. Ada kabar mengisahkan Verrocchio pension melukis karena melihat lukisan dari muridnya lebih bagus dari lukisan miliknya. Selain menjadi pelukis, dia juga sanggup menunjukkan kemampuannya di bidang yang lain. Seperti arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe “Manusia  Renaisans” dan sebagai genius universal.
  
  3.Pada tahun 1481 Leonardo pindah ke Milan untuk bekerja dengan Adipati (Duke) di sana. Hasil karyanya yang paling termashur di Milan adalah Kuda Sforza yang dia kerjakan selama kurang lebih 11 tahun. Disana ia tidak hanya melukis dan membuat patung saja, melainkan juga mengubah jalan – jalan sungai dan membangun kanal – kanal, serta menghibur  Duke dengan memainkan  lut dan bernyanyi. Lalu ia bekerja untuk Raja Louis XII dari Perancis di Milan dan untuk Paus Leo X di Roma.
  
  4.Ia juga membantu Raphael dan Michaelangelo dalam merancang katedral Santo Petrus. Leonardo sangat tertarik pada ilmu pengetahuan. Ia mulai mempelajari burung terbang dan mulai merancang mesin terbang. Pemikirannya itu terdapat dalam buku catatannya sebanyak 7.000 halaman. Di dalam buku itu juga terdapat sketsa tentang studi tubuh manusia.
  
  5.Pada zaman itu, anatomi tubuh manusia  tidak lebih dari sekedar kira – kira, karena pada zaman itu membedah jenazah sangat dilarang keras oleh pemerintah. Dengan kenekatannya mencuri – curi kesempatan membedah – bedah tubuh orang mati, di kemudian hari tindakann yang tak lazim ini memberikan kontribusi yang sangat besar bagi dunia kedokteran.
  
  6.Mahakaryanya, Jamuan Terakhir (The Last Supper) pada tahun 1495 sampai tahun 1497 yang dilukis pada dinding biara Santa Maria di Milan, kini telah rusak akibat dimakan waktu. Lukisan terkenal lainnya adalah Mona Lisa yang kini terdapat di museum Louvre Paris.
  
  7.Sebuah spekulasi yang beredar tentang siapa sesungguhnya Mona Lisa antara lain menyatakan bahwa citra perempuan tersebut merupakan hasil rekaan wajah Da Vinci sendiri. Spekulasi yang lain menyatakan bahwa perempuan tersebut memang pernah ada, seorang istri pedagang.
   
  8.Leonardo da Vinci wafat di Clos Luce, France pada tanggal 2 Mei 1519, dan dimakamkan di Kapel St. Hubert di kastil Amboise, Perancis. Setelah meninggal dunianya, sangat kuat ditengarai bahwa Leonardo pernah memegang peranan sebagai orang terkuat di sebuah organisasi rahasia bernama Priory of Sion yang berlaskarkan Knight Templars.
  
  9.Banyak fakta mengarahkan pada suatu dugaan bahwa Priory of Sion merupakan sebuah organisasi yang menjaga ketat – ketat rahasia kristiani menurut versi yang berbeda dari kitab Injil yang beredar di masyarakat. Yang dirahasiakan adalah mengenai siapa mesias yang sesungguhnya dan kemungkinan Yesus tidak menjalankan hukum selibat.
  
  10.Dalam versi yang sempat menimbulkan kontroversi pada dunia ini diyakini bahwa yang sesungguhnya adalah Santo Yohanes Pembaptis, hal tersebut tersirat dari kekerapan Da Vinci melukis Sang Santo dalam posisi telunjuk menuding ke atas sebagai simbolisasin ‘Putra Allah’. Versi yang tak kalah mengagetkannya adalah kemungkinan Maria Magdalena si bekas perempuan pelacur diperistri oleh Yesus. Namun semua hal tersebut tidak terbukti kebenarannya, hingga saat ini, sehingga tudingan ini hanya dianggap sebagai langkah untuk memojokkan posisi umat Kristiani.
  
  11.Baginya pengamatan adalah kunci bagi semua karya – karyanya, baik karya seni maupun eksplorasi ilmiahnya. Jadi kenapa dia layak dijadikan idola? Karena kejeniusannya dan kegigihannya mengamati ilmu pengetahuan, kita harus mengikuti sifatnya yang selalu haus akan ilmu pengetahuan. Dan dia pun juga membuat sejarah yang sangat hebat pada dunia ini, membuat teori Renaisans.

Daftar Pustaka:
di akses pada tanggal 9 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar