Jumat, 21 November 2014

Cristiano Ronaldo : Bintang Besar Dari Lapangan Hijau



Terlahir dengan nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, lahir pada tanggal 5 Februari 1985 di Funchal, Portugal. Dia anak dari Maria Dolores dos Santos Aveiro yang bekerja sebagai koki dan Jose Dinis Aveiro yang bekerja sebagai pengurus kebun juga sebagai pegawai pemerintah. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Hugo, dan dua kakak perempuan bernama Elma dan Liliana Catia. Liliana bekerja sebagai penyanyi dengan nama panggung “Ronalda” di Purtugal. Nama tersebut diberikan kepada adiknya Cristiano “Ronaldo” yang relatif langka di Portugal. Cristiano sejak kecil merupakan kesayangan keluarganya, dia selalu mendapat dukungan dari keluarganya dalam segala hal. Dulu dia begitu culun, lugu dan terkesan sederhana, sebagai anak dari lingkungan orang miskin. Naik pesawat pun tak pernah, bahkan dia juga belum pernah meninggalkan daerahnya, Madeira.

Cristiano Ronaldo memulai pendidikannya di sekolah sepak bola. Dia menjalani ujian di klub Sporting Lisbon pada 1997. Ketika itu usianya baru 12 tahun. Klub tersebut sebenarnya tak tertarik oleh postur Ronaldo yang terkesan ceking. Tetapi, begitu melihat aksinya. Ronaldo begitu lengket membawa bola dan bisa melewati dua atau tiga pemain lawan. Aksi inilah yang mengawali perjalanan Ronaldo menjadi bintang besar langan hijau, sekaligus lulus ujian di klub Sporting Lisbon.

Ronaldo kemudian memulai debut pertamanya bersama Spoting pada tahun 1999 sampai 2003. Selanjutnya ia dikontrak Manchaster United (2003 - 2009) .Dia juga turut membela negaranya dalam sepak bola dunia yaitu bergabung di Tim Nasional Portugal pada tahun 2003 sampai sekarang. Setelah bersama MU, kemudian Ronaldo dijual ke Real Madrid pada tahun 2009 sampai sekarang, klub yang menjadikan dirinya sebagai seorang bintang.

Cristiano sejak kecil ingin sekali menjadi pemain sepak bola yang sangat terkenal. Dia dikenal sebagai anak yang selalu ingin menang. Dia sangat menggemari sepak bola, sehingga dia selalu punya akal agar dapat bermain sepak bola. Jika dia tidak menemukan bola, maka ia akan membuat bola dari kaos kaki temannya. Ronaldo memang anak orang miskin. Tetapi, kerja keras dan tekad kuatnya untuk merubah semuanyalah yang membuatnya sampai seperti ini.

Bersama Manchaster United, dia ikut menghadirkan 3 gelar juara BPL, 1 piala FA, 2 piala Liga, 2 gelar FA Community Shield, 1 piala Liga Champions dan 1 piala Dunia Klub. Karena aksinya yang gemilang bersama MU, sehingga membuatnya menghasilkan sederet gelar tersebut dalam waktu yang singkat. Hal itulah yang membuat dia di kontrak klub besar Liga Spanyol, Real Madrid dengan harga yang luar biasa. Yakni 94 juta euro (sekitar Rp 1,1 triliun). Di klub tersebut, ia tidak berhenti untuk berprestasi. Ronaldo turut menghadirkan 1 gelar juara La Liga Spanyol, 1 piala Copa del Rey dan terakhir 1 pala Super Spanyol bagi Real Madrid.

Ketika Ronaldo turut serta dalam menyumbangkan gelar juara bagi klub – klub yang pernah ditempatinya karena keterampilan yang luar biasa di langan hijau,  dia pun mendapat penghargaan yang tak kalah banyak dari gejar juara yang di dapat bagi dirinya. Diantaranya, 2 penghargaan pemain sepak bola Portugal terbaik, 1 penghargaan pemain muda terbaik PFA, 2 penghargaan pemain terbaik PFA pilihan pemain PFA, 2 penghargaan pemain terbaik PFA pilihan penggemar, 2 penghargaan pemain pilihan BPL, 4 penghargaan pemain bulanan BPL, 1 sepatu emas BPL dan masih banyak lagi penghargaan lainnya yang diterima Ronaldo.

Ketika Ronaldo semakin memberikan prestasi bagi klub dan dirinya, banyak sekali klub besar ingin memiliki jasa pemain luar biasa tersebut. Namun, Real Madrid pun ingin terus mempertahankan dirinya. Hal inilah yang membuat pemilik klub melakukan kenaikan gaji Ronaldo. Gaji yang diberikan kepada Ronaldo adalah sebesar 46.575 euro (sekitar Rp 708 juta) per harinya. Sehingga dia bisa dikatakan sebagai pesepakbola terkaya di diunia.

Cristiano Ronaldo adalah pesepakbola yang tangguh, ia tidak memikirkan tentang lingkungannya yang bisa menggangunya. Dia adalah sosok yang ingin selalu berjuang, menampilkan bakat yang terbaik yang dimilikinya sehingga ia menjadi seorang bintang. Meskipun dia sudah menjadi bintang besar, dia tidak berpikir tentang dirinya sendiri. Tetapi dia justru membantu sesamanya. Publik menilainya sebagai pribadi yang sombong dan bergaya hidup mewah. Padahal Ronaldo adalah pesepakbola yang mudah tersentuh hatinya untuk peduli terhadap orang lain yang membutuhkan. Bahkan ia pun menjual sepatu emasnya untuk disumbangkan dalam kegiatan sosial. Dari semua prestasi dan penghargaan yang didapatkan serta sifatnya yang bersahaja, Cristiano Ronaldo sudah selayaknya dijadikan sebagai Bintang Besar Dari Lapangan Hijau.

Diadaptasi dari :
-       http://id.wikipedia.org/wiki/Cristiano_Ronaldo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar