Rabu, 05 Juni 2019

Perjuangan Untuk Cinta Sejati

Judul Buku               : Sebening Syahadat
Penulis                     : Diva Sinar Rembulan
Penerbit                    : Best Media
Kota Terbit                : Jawa Barat
Tahun Terbit              : 2016
Jumlah Halalman      :446

Sebuah novel berjudul sebening syahadat yang berisi tentang kisah cinta yang berbeda agama. Dimana kisah ini terjadi antara Sam dan Haba. Sam adalah seorang lelaki tampan yang beragama kristen sedangkan Haba adalah seorang muslimah yang sholehah dan begitu taat dalam ajaran islam. Kisah  ini dimulai ketika Sam atau Samuel Arya Baskoro kembali menginjakkan kakinya di kota kelahirannya Bandung setelah beberapa tahun ia tinggal di Amerika. Ia adalah lelaki remaja yang banyak diidamkan oleh kaum hawa.
Kehidupan kelamnya berubah seratus delapan puluh derajat setelah ia bertemu dengan wanita berkerudung panjang di seberang sekolahnya.Kedua nya akrab ketika ia bertemu di angkutan umum. Sam dan Haba berteman baik hingga suatu ketika selepas Sam bermain basket semua anggota tim nya sujud syukur. Kecuali Sam yang mengepalkan tangannya. Semenjak saat itu Haba kian membatasi pertemannannya lebih tepatnya membatasi perasaan nya pada Sam. Perbedaan agama adalah puncak perbedaan dalam hubungan mereka.
Sam mencintai Habadan tanpa sadar Haba adalah jembatannyamencapai hidayah. Sam menemukan ketenangan dalam hatinya saat mendengar lantunan ayat suci, suara adzan dan ketika ia sujud kepada Allah. Setelah apa yang Sam lakukan Sam menemukan jati dirinya dalam Islam, dengan membaca dua kalimat syahadat Sam pun menjadi seorang muallaf. Setelah  masa SMA nya berakhir Sam pun melanjutkan sekolahnya di Turki.
Setelah Sam menyelesaikan pendidikannya, Sam kembali ke Indonesia untuk mena’arufkan Haba. Namun setelah Sam menemui Haba, ternyata Haba telah dita’arufkan dengan Ali yang merupakan teman lamanya Sam. Setelah mendengar kabar itu, Sam memutuskan untuk bekerja di Turki. Setahun setelah Sam kerja di Turki tanpa disangka dia dipertemukan kembali dengan Haba di sana. Ternyata Haba mendapat beasiswa di Turki.
Lalu Haba juga bercerita tentang dia tidak jadi menikah dengan Ali. Karena Ali yang membatalkannya. Ali sadar bahwa hati Haba bukan untuknya namun untuk sahabatnya yaitu Sam. Ali juga tahu betapa Sam mencintai Haba. Setelah Haba menyelesaikan pendidikannya tanpa butuh waktu lama Sam menemui orangtua Haba untuk mengkhitbahnya.
Kekurangan buku ini adalah banyak menggunakan bahasa asing yang kurang dimengerti terutama untuk pembaca yang tidak mahir berbahasa asing. Minimnya gambar pada novel tersebut. kertas pada novel tersebut buram dan tipis.
Kelebihan novel ini adalah banyak terdapat kalimat yang dapat memotivasi pembaca. Bahasa yang digunakan baku namun mudah dimengerti. Ada beberapa terjemahan bahasa asing yang kurang dipahami.
Novel ini dapat memotivasi bagi pembaca yang sedang jatuh cinta namun berbeda agama. Buku ini banyak terdapat sisi religius yang mengajarkan kepada kita untuk lebih beristiqamah dalam mengejar ridha Allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar