Minggu, 02 Juni 2019

Perjuangan Cinta Nugraha


Judul Buku               : Kata
Penulis                      : Rintik Sedu
Penerbit                    : Gagas Media
Kota Terbit                : Jakarta
Tahun Terbit              : 2018
Jumlah Halaman       : 389

Penulis memlih buku ini karena sangat digemari pembaca di aplikasi wattpad lalu akhirnya penulis pun memilih menerbitkannya. Buku ini sangat cocok dibaca untuk remaja yang sedang jatuh cinta. Buku ini terinpirasi dari lingkungan sang penulis yang teman-temannya banyak yang menceritakan tentang percintaan mereka kepada sang penulis.
Buku ini bercerita tentang seorang perempuan cantik yang bernama binta namun dia adalah seorang gadis yang penyendiri. Binta merasa dunia sangat membencinya. Ibunya mempunyai penyakit skizofrenia, karena ibunya mempunyai penyakit tersebut ayahnya meninggalkan ibunya. Binta jatuh cinta dengan seorang laki-laki yang bernama Biru. Namun laki-laki itu pergi meninggalkan Binta di Jakarta seorang diri. Sejak itu, Binta tidak percaya lagi dengan seorang laki-laki. Hatinya ikut pergi bersamaan dengan seorang Biru yang pergi meninggalkannya.
Namun hadirlah seorang Nugraha pranadipta. Seorang laki-laki yang dengan kukuh mendekati Binta walaupun kehadirannya tidak dihiraukan dengan seorang gadis cantik dan sederhana yang bernama Binta Dineschara. Nugraha adalah mahasiswa jurusan arsitektur semester lima. Nugraha tahu bahwa hatinya Binta sudah diisi oleh seorang laki-laki yang bernama Biru, namun dia tetap mencintai Binta. Nugraha berusaha agar Binta menjadi gadis yang lebih membuka dirinya untuk dunia. Nugraha berusaha agar Binta tidak merasa bahwa dunia membencinya.
Ketika Nugraha berhasil membuat Binta sedikit membuka diri dan hubungan mereka dekat, datanglah seorang dari masa lalu Binta yaitu Biru. Laki-laki yang selalu ditunggu oleh seorang Binta. Namun ketika Biru ingin membawa Binta dan ibunya untuk tinggal bersama Biru di Banda Neira, hati Binta mulai ragu dengan seorang Biru. Binta merasa dia bahwa hatinya telah jatuh dengan Nugraha. Nugraha adalah harapan Binta yang baru. Laki-laki yang mampu mengubah kehidupannya tidak seburuk yang dia pikirkan. 
Biru yang merasa hati Binta sudah tak lagi untuknya akhinya harus melepaskan Binta untuk Nugraha. Akhirnya Binta dan Nugraha pun bersama namun Nugraha harus pergi ke Australia selama dua tahun untuk menyelesaikan pendidikannya. Setelah dua tahun, Nugraha dan Binta pun menikah dan mereka pun hidup bersama.
            Kelebihannya adalah buku ini menggunakan bahasa yang baku namun mudah dipahami membaca karena kata-kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali kata-kata kiasan yang tidak banyak dilakukan penulis lainnya. Alurnya tidak mudah ditebak. Susunan kata yang tersusun indah dan mempunyai makna mendalam terutama bagi pembaca remaja yang sedang jatuh cinta.
            Buku Kata ini sudah cukup bagus dan menarik, namun tidak ada buku yang sempurna. Kekurangan novel ini adalah pada bagian akhirnya tidak menjelaskan bagaimana keadaan Biru setelah Binta dan Nugraha menikah. Ada beberapa kata dalam puisi yang sulit dimengerti. 
         Terlepas dari kelemahan-kelemahannya, novel ini memiliki manfaat sebagai penghilang stress. Bermanfaat juga untuk remaja yang sedang jatuh cinta dan sulit melupakan masa lalu untuk belajar melupakan masa lalu tersebut. Buku ini juga mengajarkan tentang mengikhlaskan seseorang yang kita cintai untuk bahagia bersama orang pilihannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar