Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

Teks Eksplanasi Kemiskinan



KEMISKINAN


Disusun Oleh: Frans Jasetiawan





Pernyataan Umum :
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global.


Urutan sebab – akibat :
Kemiskinan muncul akibat perbedaan dalam kualitas sumberdaya manusia. Kualitas sumber daya manusia yang rendah bearti produktifitasnya rendah, yang pada gilirannya upahnya rendah. Rendahnya kualitas sumberdaya manusia ini karena rendahnya pendidikan, nasib yang kurang beruntung, adanya diskriminasi atau keturunan. Maka, banyak akibat yang ditimbulkan oleh kemiskinan, seperti : kriminalitas menjadi semakin banyak, urbanisasi yang berfikiran tinggal di kota besar akan mendapatkan penghasilan yang cukup, banyaknya bunuh diri karena putus asa dengan tidak sanggup menghadapi kemiskinan, dan kebodohan yang merajela karena rakyat miskin tidak mendapatkan pendidikan.


Urutan sebab – akibat :
Berbagai kasus korupsi yang ada di Indonesia juga menyumbang peran dalam pertambahan angka kemiskinan di Indonesia. Uang bertrilyun-trilyun yang seharusnya mampu mensejahterakan seluruh masyarakat Indonesia hilang sia-sia hanya untuk dikorupsi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.  Jadi, kemiskinan tidak dapat hilang begitu saja bila tanpa ada usaha dari orang miskin itu sendiri dan bantuan  dari pemerintah, hal-hal yang harus dari diberikan dari pemerintah dengan menciptakan lapangan pekerjaan, mendirikan BLK (balai latihan kerja), memberi subsidi bagi orang yang kurang mampu dan menghapus korupsi, karena korupsi penyebab layanan masyarakat tidak berjalan dengan semestinya.







 Daftar Pustaka

Gabrielsebastian100.blogspot.co.id/2012/04/kemiskinan-dan-cara-mengatasinya.html?m=1

Alifapaadanya.blogspot.co.id/2013/04/penyebab-kemiskinan-di-indonesia-serta.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar