Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 03 Mei 2017

TANAH LONGSOR


Di susun oleh : M. Nurul Syamsi
Pernyataan Umum
 
Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut.
 Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah yang mempengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh.

Urutan sebab akibat
Pada hakikatnya, tanah longsor terjadi apabila gaya pendorong pada lereng berjumlah besar daripada gaya penahan. Umumnya, gaya penahan dipengaruhi oleh kekuatan batuan beserta kepadatan tanah. Disisi lain gaya pendorong biasanya dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng, beban, banyaknya air dan berat jenis tanah batuan.
Faktor lain dari penyebab terjadinya gerakan pada lereng juga bergantung pada kondisi batuan dan tanah penyusun lereng beserta curah hujan, struktur geologi, penggunaan lahan dilereng dan masih banyak lagi. Namun secara garis besar di sebabkan oleh dua faktor yaitu, faktor alam dan faktor manusia.
Tanah longsor merupakan jenis bencana alam yang berpotensi menimbulkan korban jiwa. Hal ini terlebih lagi jika tanah longsor terjadi ketika malam hari atau waktu dimana masyarakat seedang tertidur. Rusaknya infrastruktur juga merupakan salah satu dampak yang pasti terjadi ketika tanah longsor dan mengakibatkan memburuknya sanitasi lingkungan salah satunya adalah terputusnya saluran air sehingga tidak adanya saluran air bersih bagi masyarakat yang terkena bencana.

https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah_longsor
http://gusty3wardana.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar