Senin, 01 Mei 2017

PERGAULAN BEBAS

Disusun oleh : Diana Safitri

Pernyataan Umum
Pergaulan bebas adalah proses pergaulan dengan orang lain terlepas dari iklan yang mengatur pergaulan. Pergaulan punya pengaruh pada pembentukan kepribadian seorang individu baik pergaulan positif maupun negatif. Pergaulan positif berupa kerjasama pada individu atau kelompok yang bermanfaat. Sedangkan pergaulan negatif mengarah pada pergaulan bebas yang perlu di jauhi oleh setiap Masyarakat terutama untuk remaja yang masih labil atau masih mencari jati dirinya. Di usia remaja lebih mudah di pengaruhi serta belum tahu baik atau tidaknya perbuatan tersebut.

Sebab Akibat
Hal yang terjadi dalam pergaulan bebas banyak bertolak belakang dengan aturan-aturan serta beberapa Etika dalam norma pergaulan. Ada banyak sebab remaja melakukan pergaulan bebas. Penyebab tiap remaja mungkin berbeda tetapi semuanya berakar dari penyebab utama yaitu kekurangan pegangan hidup remaja dalam hal keyakinan atau agama dan ketidakstabilan emosi remaja. Hal tersebut menyebabkan perilaku yang tidak terkendali, seperti pergaulan bebas. Penyebab maraknya pergaulan di Indonesia meliputi sikap mental yang tidak sehat, pelampiasan rasa kecewa, kegagalan remaja menyerap norma dan pendidikan agam, dan teman tempat tinggal yang kurang baik.
Terjadinya pergaulan bebas memberi dampak besar baik untuk sendiri, orang tua, masyarakat serta negara. Bahaya dari pergaulan bebas yaitu seks bebas. Seks bebas yaitu dua orang yang melakukan hubungan suami istri tanpa ada ikatan pernikahan sampai dengan kehamilan diluar nikah. Selain itu, ketergantungan obat dari ajakan teman lantaran pikiran masih labil mengiringnya mengkonsumsi obat terlarang hingga membuat ketagihan dengan ketergantungan yang berlebihan dan berisiko overdosis yang diakhiri dengan kematian.
Pergaulan bebas bisa menyebabkan beragam penyakit HIV AIDS akibat hubungan seksual. Serta banyak yang mengkonsumsi obat-obatan yang bisa membahayakan kesehatannya. Meningkatkan kriminalitas merupakan akibat dari pergaulan bebas, bisa terjadi bila pecandu narkoba tidak lagi mempunyai uang untuk membeli barang tersebut. Maka jalan keluar yang cepat yaitu melakukan kriminalitas.Segala permasalahan apapun bisa diatasi baik itu pergaulan bebas, hal ini bisa diatasi serta dihindari dengan beberapa jalan keluar penanganan dan pencegahan. Cara penanganan dan pencegahan pergaulan bebas dapat diatasi dengan cara meningkatkan keimanan kepada Tuhan yang maha esa, memperbaiki cara pandang, memikirkan masa depan, menjaga keseimbangan pola hidup.



Sumber :


Diakses pada Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar