Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 17 Mei 2017

Paket Komplet Drama Cinta, Politik dan Sejarah di "Rudy Habibie"

Disusun Oleh: Sri lestari





Judul Film  : Rudy Habibie
Tahun Rilis : 30 Juni 2016
Sutradara   : Hanung Bramantyo
Pemain       : Reza Rahadian sebagai Bj Habibie
                      Chelsea Islan sebagai Ilona Lanovska
                      Dian Natami sebagai Siti, Ibu Habibie
                      Indah Permatasari sebagai Ayu
                      Ernest Prakasa sebagai Lim Keng Kie
                      Boris Bokir sebagai Poltak Hasibuan
                      Rey Bong sebagai Fanny Habibie

Orientasi
Film “Rudy Habibie” adalah film Drama Indonesia 2016 produksi MD. Entertainment yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini terinspirasi dari pengalaman nyata yang diadaptasi dari Novel “Rudy: Kisah masa muda sang Visioner” karya Gina S. Noer. Film tersebut merupakan prekuel dari Habibie & Ainun. Film yang berdurasi 142 menit ini menceritakan sosok B.J. Habibie semasa kuliah di Jerman, yang kemudian ia bertemu dengan Ilona Ianovska, gadis asal Polandia yang sempat ia cintai semasa kuliahnya, jauh sebelum akhirnya menikah dengan Ainun pada saat Habibie sudah menyelesaikan kuliahnya dan kembali ke Indonesia.

Tafsiran Isi 1
Rudy menggagaskan pembuatan organisasi PPI Aachen dan memperjuangkan jalannya Seminar Pembangunan bagi seluruh mahasiswa Indonesia di Eropa. Berkali-kali Rudy harus berseteru dengan pihak pemerintah. Sebagai murid non-beasiswa, ia sering di-bully oleh sekumpulan mahasiswa ikatan dinas alias Laskar Pelajar. Mereka meragukan kepintaran Rudy dan kerap mengejeknya.

Tafsiran Isi 2
Ilona menjadi orang yang selalu percaya dengan semua ide dan gagasan Habibie, saat teman sebangsanya sendiri justru menganggap mimpi membangun Industri Dirgantara adalah omong kosong. Pertentangan muncul dari sebagian besar anggota PPI, rekan sebangsanya sendiri. Karena berbagai latar belakang, mulai dari tidak suka, merasa tersaingi, hingga patah hati karena pupus harapannya.

Tafsiran Isi 3
Ketika diremehkan oleh orang, dalam sekejap ia berhasil membuktikan bahwa mereka salah. Didera berbagai kesulitan, Rudy selalu rajin salat dan bertakwa kepada Tuhan. Masalah yang dihadapi Rudy semuanya eksternal, seperti kekurangan uang, kelaparan, sakit, atau idenya ditentang. Dari perseteruan ini, bahkan sampai hadir seorang perwakilan dari kedutaan yang menentang ide Habibie untuk membangun industri dirgantara ini. Sempat terjadi adu mulut yang sengit dan semuanya menyadari lalu mengalah saat argumen yang disampaikan Habibie tentang fakta dan masalah bangsa yang bisa ditemukan solusinya dengan membangun industri ini.

Tafsiran Isi 4
Dalam film “Rudy Habibie” sikap moral yang dapat diambil adalah jiwa kepemimpinan. Habibie pernah menjadi ketua PPI Aachen. Bersama visi yang dibawanya, ia mencoba mengerahkan rekan-rekannya untuk bisa ikut berkontribusi merealisasikannya. Dalam proses merealisasikannya, masalah datang silih berganti. Barulah jiwa seorang pemimpin di sini diuji. Hebatnya, Habibie mampu menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri. Ia menggunakan formula “Fakta-Masalah-Solusi” yang bisa dijadikan inspirasi bagi kita dalam kemampuan problem solving.

Tafsiran Isi 5
Film “Rudy Habibie” mengungkap sisi seorang Rudy Habibie yang lebih manusiawi dan mudah dicerna oleh semua kalangan. Dengan setting Eropa yang cantik, cerita yang berbobot, dan sederet pemain ternama, film ini memang cocok sebagai inspirasi segala umur.

Evaluasi 1
Selama masa penayangan, film ini ditonton sebanyak 2.000.107 penonton. Film ini juga telah memperoleh penghargaan dalam kategori Film terpuji pada Festival Film Bandung (FFB)  2016 dan penghargaan pada Usmar Ismail Awards 2017 kategori Penata Suara Terbaik. Sebagai film yang mayoritas berlatar belakang negeri Jerman, tak heran bila film ini tak luput dari pemandangan indah. Meski begitu, tampilan pemandangan itu tak dijadikan ajang ‘pamer keindahan alam’ bak liputan jalan-jalan. Semua terasa natural, apik dan tak berlebihan. Meskipun film ini disokong banyak sponsor, harus diakui tak ada sedikitpun penempatan produk dalam film yang berlatar belakang masa muda Presiden ke-3 Republik Indonesia ini. Hal ini harusnya menjadi panutan bagi rumah produksi manapun.

Evaluasi 2
Sayang, tak ada gading yang tak retak. Meski terlihat sempurna, nyatanya masih ada beberapa kekurangan di film dengan budget paling fantastis milik MD ini. Dari awal hingga pertengahan, penonton hanya disuguhkan pengadegan pria muda cerdas yang sejak kecil punya rasa penasaran tinggi. Konfliknya tidak terlalu tampak di film ini. Kepintaran Habibie muda yang lebih ditonjolkan. Padahal, jika ingin dikembangkan lagi, banyak konflik yang bisa digali lebih dalam demi menghadirkan perjuangan nyata seorang anak desa yang berhasil mengharumkan nama bangsa.

Rangkuman
Film "Rudy Habibie" adalah kisah perjuangan B. J.Habibie selama ia berada di Jerman. Masa kesulitan pun ia alami saat teman sebangsanya sendiri meragukan kemampuannya untuk membangun Industri Dirgantara, tetapi tidak dengan Ilona. Ilona selalu membangkitkan semangat pantang menyerah dan pada akhirnya Rudi Habibie pun berhasil membangun Industri Dirgantara tersebut.  Film ini layak ditonton karena dapat mendidik remaja-remaja Indonesia yang kurang atau tidak sama sekali memiliki Jiwa semangat untuk maju.


Sumber:
https://kamtify.com/2016/07/10/rudy-habibei-ainun-2/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar