Rabu, 03 Mei 2017

KEBAKARAN HUTAN

Disusun oleh : Sri Lestari



Pernyataan Umum :
Secara Umum, Pemanasan Global (Global Warming) adalah peristiwa meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi. Menurut berbagai penelitian, pada saat ini suhu di permukaan bumi sudah menunjukkan peningkatan yang sangat drastis yaitu sekitar 0,6°C yang terjadi dalam satu abad terakhir. Peningkatan yang terbilang dan terlihat kecil, namun dampak pemanasan global sangat besar bagi Bumi dan kehidupan di Bumi. 

Urutan Sebab Akibat : 
  1. Dalam gejala-gejala atau tanda-tanda terjadinya pemanasan global dapat kita amati dan rasakan. Gejala-gejala pemanasan global adalah  pergantian musim yang sulit kita prediksi, sering terjadinya angin puting beliung, terumbu karang yang memutih, dan banjir dan kekeringan di wilayah yang tidak biasa mengalaminya.
  2. Aktivitas yang dapat menimbulkan pemanasan global adalah pembakaran bahan bakar fosil (batubara, minyak, dan gas alam) dan pembukaan lahan termasuk di dalamnya kerusakan hutan. Sebagian besar pembakaran terjadi di mobil, di pabrik, dan pembangkit tenaga listrik yang memberikan energi untuk rumah dan gedung perkantoran. Pembakaran bahan bakar fosil menciptakan karbon dioksida dengan rumus kimianya CO2. CO2 adalah gas rumah kaca yang menghambat keluarnya panas ke ruang angkasa.
  3. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
  4. Global warming / pemanasan global membawa berbagai efek dampak bagai kehidupan yang ada di muka bumi ini. Beberapa akibat dari pemanasan global itu diantaranya adalah Mencairnya Es diKutub, kenaikan Permukaan Laut, kenaikan Suhu Global, gangguan Ekologis, perubahan Iklim di bumi, dan berkembangnya beberapa penyakit seperti heat stroke.
  5. Dampak pemanasan global yang begitu berbahaya menjadikannya sesuatu yang harus dicegah untuk tidak semakin berkembang lebih besar. Langkah - langkah mencegah terjadinya pemanasan global agar tidak semakin besar tersebut diantaranya adalah dengan mengurangi jumlah karbon dioksida yang ada dengan cara menanam pohon lebih banyak lagi karena pohon akan menyerap karbon dioksida ketika sedang melakukan fotosintesis dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, seperti kita ketahui bahan bakar fosil semacam minyak bumi dan batu bara adalah penyumbang karbon dioksida terbanyak, oleh karenanya kita harus menggunakan alternatif bahan bakar lain yang lebih sedikit mengeluarkan karbon dioksida sperti gas atau bahkan menggunakan bahan bakar yang sama sekali tidak mengeluarkan emisi karbon dioksida yakni nuklir.
Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar