Selasa, 02 Mei 2017

GERHANA MATAHARI


DISUSUN OLEH: RIFKA ANNISA



Pernyataan Umum

       Gerhana matahari merupakan suatu keadaan dimana pada waktu matahari menyinari bumi, matahari tersebut tiba-tiba tertutupi oleh bulan yang juga berotasi mengelilingi bumi. Dengan kata lain gerhana matahari adalah kejadian dimana matahari tertutupi oleh bulan karena pada saat itu posisi matahari tersebut terjadi, kondisi bumi akan gelap gulita. Meskipun gerhana matahari ini terjadi pada pagi hari, siang hari atau sore hari, namun kondisi bumi akan seperti malam hari karena tidak adanya cahaya matahari yang menyinari bumi. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri ketika terjadinya gerhana matahari. Namun terjadinya matahari ini biasanya hanya di beberapa wilayah tertentu dan kondisi bulan menutupi matahari ini hanya berlangsung beberapa menit saja.

Urutan Sebab Akibat
      Gerhana matahari terjadi ketika posisi matahari, bulan, dan juga bumi berada dalam satu garis lurus. Hal ini akan menyebabkan matahari tertutup oleh bulan karena posisi bulan yang menghalangi bumi, sehingga dari bumi sendiri cahaya matahari akan tertutupi oleh bulan, baik sebagiannya saja maupun total, yakni semua cahaya matahari tertutup oleh bulan. Meskipun secara kenyataannya ukuran bulan lebih kecil daripada matahari dan juga bumi. Namun bayangan dari bulan sendiri mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya.


Urutan Sebab Akibat

        Proses terjadinya gerhana matahari ini ada beberapa tahap. Mengapa posisi matahari, bumi, dan juga bulan bias satu garis lurus. Hal ini karena bumi berevolusi mengitari matahari, dan bulan yang berkedudukan sebagai satelit bumi bergerak mengitari bumi berevolusi mengelilingi targetnya masing-masing, maka bias saja suatu saat ketiganya berada dalam satu garis lintasan yang lurus.
Hal ini karena revolusi bulan terhadap bumi pun mempunyai lintasannya sendiri sehingga gerhana matahari yang terjadi ini tidak melulu di suatu tempat, namun berganti gantian tempat. Pada saat matahari, bulan, dan bumi ini berada pada satu garis lurus, saat itu bulan tengah melintas diantara matahari dan juga bumi. Maka untuk beberapa saat, cahaya matahari yang menuju ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar