Rabu, 17 Mei 2017

“Di Balik 98”: Reformasi Demi Masa Depan


Disusun oleh: Nabillah Nur Syahidah




Judul              : “Di Balik 98”
Tahun rilis      : 15 Januari 2015
Sutradara      : Lukman Sardi
Pemain          :
·         Chelsea Islan sebagai Diana
·         Boy William sebagai Daniel
·         Donny Alamsyah sebagai Bagus
·         Ririn Ekawati sebagai Salma
·         Teuku Rifnu Wikana sebagai Rachmat


Orientasi 1 :
Dibalik ’98 adalah sebuah film produksi MNC Pictures. Film Dibalik ’98  merupakan karya yang disutradarai oleh Lukman Sardi. Film Dibalik ’98  diambil dari kejadian kerusuhan pada tahun 1998 oleh para mahasiswa Trisakti yang sangat ingin menurunkan tahta Soeharto pada masa orde baru. Namun di dalam film tidak selamanya mengisahkan kerusuhan, tetapi terdapat beberapa pesan yang terkandung dalam film ini.

Orientasi 2 :
Terdapat aktor dan aktris yang berperan di dalam film karya Lukman Sardi ini. Dimana Chelsea Islan sebagai Diana. Diana adalah seorang mahasiswi Trisakti yang sudah sejak awal menjadi bagian dari gerakan gabungan seluruh mahasiswa Indonesia yang menuntut turunnya Presiden Soeharto. Boy William sebagai Daniel adalah kekasih Diana keturunan Tionghoa. Ririn Ekawati sebagai Salma adalah kakak dari Diana yang berkerja sebagai Pegawai Istana Negara dan Dony Alamsyah sebagai Bagus yang merupakan suami dari Salma.

Tafsiran Isi 1 :
Film produksi MNC Pictures ini menceritakan seorang mahasiswi yang ingin menjadi demonstran yaitu Diana. Menurutnya, masa kekuasaan Presiden Soeharto harus segera diakhiri. Namun, hal tersebut bertentangan dikarenakan kakaknya yang bernama Salma adalah seorang Pegawai Istana Negara dan suaminya adalah seorang Letnan Dua Angkatan Darat. Namun, hal ini membahayakan mereka semua karena kekacauan yang terjadi sudah tidak terkontrol lagi dan banyak korban dalam kerusuhan tersebut. Selain itu banyak keluarga yang tidak mengetahui keberadaan anggota keluarganya hingga saat ini.

Tafsiran Isi 2 :
Awal konflik yaitu pada saat Letnan Dua Bagus bimbang ketika harus berhadapan dengan situasi seperti ini, sebab ia harus bertanggung jawab dengan pekerjaannya dan disisi lain harus menjaga istrinya seorang Pegawai Istana Negara yang sedang hamil besar. Namun, Salma dinyatakan hilang ketika mencari adiknya, yaitu Diana yang merupakan salah satu dari demonstran yang ingin menghentikan kekuasaan Presiden Soeharto. Dan kemudian Diana menyalahkan Bagus selaku suami Salma. Karena menurutnya Bagus hanya mementingkan pekerjaannya saja. 

Tafsiran Isi 3 :
Daniel adalah seorang keturunan Tionghoa dan juga sebagai kekasih dari Diana. Ia ikut berjuang menuntut perubahan dan bahkan Daniel hampir terjebak sweeping warga yang menyaring orang-orang non pribumi, yang saat itu menjadi puncak issue rasial di Indonesia.

Tafsiran Isi 4 :
Film “Dibalik ‘98” pada adegan diskusi Presiden Soeharto dengan Wapres BJ.Habibie atau dengan Mbak Tutut maupun Pak Harmoko selaku ketua MPR. Semua tersajikan secara detail, seolah pada adegan itu menjadi cerita utama.

Tafsiran Isi 5 :
Cerita semakin pelik ketika kekasih Diana, Daniel yang diperankan oleh Boy William, yang merupakan seorang keturunan Tionghoa ikut terseret dalam kerusuhan tersebut. Ayah beserta adiknya tidak diketahui jejaknya. Daniel pun hampir saja menjadi korban dari orang-orang yang melakukan penyerangan terhadap warga-warga non pribumi. Namun, Daniel selamat dan dibawa ke tempat penampungan. Di tempat Penampungan Daniel berhasil bertemu dengan ayah dan adiknya lalu Daniel beserta keluarganya memutuskan pergi meninggalkan Indonesia.

Evaluasi 1 :
Film “Dibalik ‘98” ini tidak hanya mengisahkan politik saja, namun film ini mengisahkan tentang keluarga dan percintaan. Dalam film ini memang tidak sama dengan kejadian sebenarnya pada tahun 1998. Ada banyak bumbu fiksi yang ditaburkan kedalam film ini, yang menjadikan lebih sempurna.

Evaluasi 2:
Film “Dibalik ‘98” ada pada scoring film itu sendiri, beberapa lagu maupun musik yang dipilih terdengar tidak begitu sesuai dengan adegan yang sedang berlangsung. Adapula iringan yang terdengar terlalu menggebu sehingga menutup dialog dari pemain.

Rangkuman:
Apabila Anda sama sekali tidak memiliki gambaran atau ingin mengetahui kerusuhan di tahun 1998, film “Di Balik 98” ini dapat memberikan jawaban bagi Anda. Sebab meskipun kisah dramanya yang cukup menonjol, namun latar belakang politik yang ditampilkan dalam film ini dapat dipercaya demi keutuhan cerita. Ini tentu menjadi satu poin plus bagi karya produksi MNC Pictures. Sasaran penonton pada film ini lebih menuju kepada remaja ke atas karena film ini mengangkat cerita tentang politik dan kehidupan sosial masyarakat yang terjadi di tahun 1998 dapat dipahami, diapresiasi dan dapat juga menginspirasi para penonton kalangan remaja ke atas.

Sumber:  

di akses pada tanggal 14 Mei 2017.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar