Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

Banjir Lumpur Lapindo Sidoarjo

Disusun oleh : Fany Ratnasari
Image result for gambar banjir lumpur sidoarjo

Pernyataan umum
            Banjir lumpur panas Sidoarjo juga dikenal dengan sebutan lumpur lapindo, adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas dilokasi penyeburan Pt. Lapindo Brantas di Dusun Belongnongo, Desa Renokerongo ,Kec Porong ,Kab Sidoarjo ,Jawa Timur, sejak tanggal 29 mei 2006. Peristiwa ini mengakibatkan tergenangnya areal persawahan ,pemukiman penduduk dan kawasan industri. Volume lumpur diperkirakan sekitar 5000-50.000 meter kubik perhari ,setara dengan muatan penuh 690 truk peti kemas berukuran besar. Akibatnya semburan lumpur ini membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat sekitar.

Urutan sebab akibat
            Lumpur sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat ,kandungan logam berat (Hg) air raksa mencapai 2,565 mg/liter Hg ,padahal baku muatannya hanya 0,002 mg/liter Hg. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan ,iritasi kulit dan kanker. Fenol bias menyebabkan sel darah merah pecah (hemolisis) ,jantung berdebar dan gangguan ginjal. Data dipuskemas porong menunjukan tren sejumlah penyakit terus meningkat. Sejak 2006 penderita infeksi saluran pernafasan (ISPA) yang pada 2005 sebanyak 24.719 orang, pada 2009 meningkat pesat menjadi 52.543 orang. Selain itu, gastritis yang pada 2005 baru 7.416 orang pada 2009 melonjak tiga kali lipat menjadi 22.189 penderita.

Urutan sebab akibat
            Genangan hingga setinggi 6 meter pada pemukiman menyebabkan warga harus dievakuasi karna rumah/tempat tinggal meraka rusak. Areal pertanian dan perkebunan juga rusak akibat genangan lumpur. Lebih dari 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumalakan ribuan tenaga kerja karena terkena dampak lumpur ini. Genangan juga menyebabkan kerusakan lingkungan wilayah seperti sarana peribadatan, sarana pendidikan, sarana dan prasarana infrastruktur (jaringan listrik dan telepon). Ruas jalan tol Surabaya gompol yang ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan mengakibatkan kemacetan dijalur-jalur alternative yang selama ini merupakan salah satu kawasan industri di Jawa Timur.

Urutan sebab akibat

            Akibat amblasnya permukaan tanah disekitar semburan lumpur, pipa air milik PDAM Surabaya patah. Sementara itu ,pipa gas milik pertamina meledak akibat penurunan tanah karena tekanan lumpur dan sekitar 2,5km pipa gas terendam. Sebuah SUTET milik Pt PLN & seluruh jaringan telepon dan listrik di 4 desa tidak dapat difungsikan.
Interpretasi
            Ketika semakin lama peristiwa terjadi dan tidak menunjukan perbaikan kondisi pulih baik penyangkut kepedulian pemerintah, terganggunya pendidikan dan sumber penghasilan ketidakpastian penyelesaian maupun tekanan psikis yang bertubi-tubi, krisis sosial mulai mengemuka. Perpecahan warga mulai muncul menyangkut biaya ganti rugi, teori koespirasi penyuapan oleh pelindo, berebut truk pembawa tanah urugan hingga penolakan menyangkut lokasi pembuangan lumpur setelah skenario penanganan teknik kebocoran 1 (pembuatan relief well) mengalami kegagalan akhirnya yang muncul adalah konflik horizontal.

Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Banjir_lumpur_panas_Sidoarjo
https://www.google.com/search?q=banjir+lumpur+lapindoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar